Pentingnya Menyediakan Madu Sebelum Ramadhan


Tak terasa ya sebentar lagi bulan          Ramadhan tiba. Sudah mulai persiapan apa nih buat bulan Ramadhan nanti? Selain list ibadah yang bakal kamu gempur, tentunya faktor kesehatan tubuh juga harus dijaga. Ga mau kan puasa nanti malah ga kuat gara-gara kurang memperhatikan kesehatan.
Bicara tentang kesehatan tak jauh dari asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Nah ada satu jenis makanan yang direkomendasikan sejak dahulu nih bahkan tercantum dalam Al-Qur'an. Yups betul sekali, itulah madu.
Madu, sejak dulu memang dikenal sebagai makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Madu yang merupakan hasil dari lebah bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. Bisa pula dibuat minuman, misalnya dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa campuran madu dan air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat madu jika dikonsumsi saat sedang puasa? Berikut ulasannya:
1. Sebagai sumber energi. Madu mengandung jumlah kalori yang cukup besar di bandingkan dengan gula yakni sebanyak 64 kal sedangkan gula mengandung kalori sebanyak 15 kal. So, madu yang dikonsumsi dapat bermanfaat menambah energi terutama bagi yang memiliki pencernaan yang sensitif.
2. Metabolisme berjalan seimbang. Minum madu yang dicairkan dengan air hangat setiap sahur akan membuat makanan yang di konsumsi lebih mudah.
3. Mengatasi sembelit. Madu bisa membantu menjaga pergerakan usus lebih baik, Keteraturan gerakan usus halus sampai ke usus besar akan menghindarkan dari masalah sembelit (susah buang air besar).
4. Menjaga ketersediaan energi. Madu turut menambah cairan tubuh sehingga tidak mudah mengalami dehidrasi. Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat menambah energi.
5. Madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Madu mengandung vitamin dan unsur mineral seperti natrium,magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium.
6. Membuang racun dalam tubuh. Madu memiliki efek detoksifikasi. Proses detoksifikasi menjadi lebih sempurna dalam membuang racun dari sistem kerja di organ tubuh jika berpuasa.
Karena manfaatnya yang baik untuk tubuh, maka tak ada salahnya jika mulai membeli madu untuk persediaan bulan Ramadhan nanti. Segala aktivitas harus tetap dilakukan meski dalam keadaan berpuasa. So, perhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita ya agar bulan Ramadhan nanti bisa tetap bersemangat beribadah dan lancar menjalankan rutinitas. Selamat berburu madu ya!

Tidak ada komentar untuk "Pentingnya Menyediakan Madu Sebelum Ramadhan"