Tangkal Covid-19! Ini Cara Sederhana Berolahraga untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

by - May 07, 2020




Sumber: Hellosehat

Anjuran dari KONI Pusat kepada masyarakat untuk tetap rutin melakukan olahraga guna meningkatkan daya tahan tubuh untuk mengantisipasi virus corona dengan tipe baru. Menurut wakil ketua bidang olahraga KONI pusat, olahraga yang intensitasnya cukup dapat menurunkan risiko tubuh terinfeksi virus corona.
"Risiko terinfeksi lebih tinggi jika seseorang memang jarang melakukan olahraga. Sedangkan tingkat risiko pun akan rendah jika olahraga cukup," ujar dr. Andi di Jakarta, Kamis (19/03).

       Meskipun demikian, olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak dengan intensitas yang tinggi karena justru  meningkatkan risiko tertularnya virus corona. Durasi ideal menurut Andi adalah cukup dengan 30 menit sampai satu jam saja. Jika lebih dari satu jam maka daya tahan tubuh akan melemah lebih rentan tertular.
Dalam kondisi wabah seperti ini tentunya dianjurkan untuk berolahraga di dalam rumah. Jika melakukan secara outdoor maka perhatikan beberapa hal diantaranya kondisi badan harus fit, lokasi olahraga bukan merupakan daerah yang sudah terkena Corona serta lebih baik jika dilakukan secara individual dengan menjaga jarak aman sesuai anjuran pemerintah.
Penggunaan masker saat berolahraga pun tidak direkomendasikan karena dapat menghambat oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Dengan rutin berolahraga maka daya tahan tubuh akan lebih meningkat. Sehat merupakan salah satu faktor yang penting untuk dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh.


Seiring dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas maka beberapa orang banyak yang kurang bergerak. Agar kebugaran tubuh dapat terus terjaga maka sebaiknya lakukan beberapa olahraga ringan di rumah. Lakukan beberapa gerakan sesuai dengan jumlah yang disarankan.

Berikut ini beberapa gerakan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah:
1. Gerakan Bahu
Persiapkan dua barbel berukuran 2 kg atau bisa diganti dengan menggunakan botol air dua liter kemudian berdiri dengan kaki selebar pinggul. Angkat barbel setinggi bahu lalu tekuk siku Anda. Angkat barbel hingga di atas kepala sampai lengan menjadi lurus kemudian turun ke bawah. Ulangi gerakan ini hingga 15 kali.
 2. Gerakan Pinggul dan Kaki 
Mengangkat kaki kanan kemudian diikuti kaki kiri dengan menghadap tangga. Mundur menggunakan kaki kanan disusul kaki kiri hingga 20 kali. Usahakan agar mengulangi gerakan secepat mungkin dan tidak berhenti saat melakukan pengulangan.
3. Gerakan Perut 
Berbaring di lantai kemudian betis diletakkan di sofa atau kursi dan tangannya di area pelipis• Angkat tubuh dari lantai ke arah samping hingga siku yang kanan bertemu dengan lutut kiri. Turun kembali kemudian ulangi pada sisi lainnya hingga 20 kali.
4. Gerakan Seluruh Tubuh
Berbaring dengan punggung lurus, kaki menyatu dan siku berada di bawah bahu. Angkat badan hingga berat badan bertumpu pada kaki dan juga lengan. Tahan sekitar 60 detik dengan melibatkan perut.

Beberapa gerakan di atas dapat Anda lakukan di rumah agar tetap bugar meskipun melakukan social distancing. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan, ya! 


Sumber Referensi:
Republika.co.id
Tempo.co

Salam, 

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda