Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju dengan Efektif dan Mudah

 


Cara menghilangkan noda kunyit di baju memang banyak dicari orang. Hal ini karena dapat jelas terlihat terutama noda pada baju berwarna terang misalnya baju putih. Noda dari kunyit juga merupakan salah satu noda yang cukup sulit untuk dihilangkan, tak heran beberapa orang mencari cara yang mudah untuk dapat mengatasinya.
Kunyit merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan dalam suatu masakan. Selain menambah rasa juga dapat memberi warna yang pekat pada makanan. Ini kan Karena itulah warna tersebut bisa menjadi masalah jika terkena pada pakaian. Memilih cara yang tepat agar benar-benar dapat bersih kembali.
Selain menggunakan deterjen, cara menghilangkan noda kunyit di baju juga bisa menggunakan bahan alami. Bukan hanya memilih bahan yang tepat tapi juga perlu tindakan sedini mungkin supaya lebih bersih. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar noda kunyit di baju cepat hilang:

Segera Mencucinya

Langkah penting yang harus anda lakukan adalah saat terkena cipratan masakan berbumbu kunyit maka baju harus segera dicuci. Gumpalan bumbu terlebih dahulu harus disingkirkan dengan menggunakan sendok atau bagian belakang pisau. 
Perlu hati-hati dalam menyingkirkan gumpalan bumbu tersebut agar noda tidak melebar ke bagian lainnya. Segera basuh bagian yang terkena noda, cuci dengan menggunakan detergen kemudian rendam selama 30 menit.

Gunakan Cuka

Bahan yang satu ini sering disebut-sebut dalam langkah membersihkan noda pada wajan dicampur dengan baking soda. namun ternyata cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kunyit pada baju. Caranya cukup tuangkan cuka pada noda tersebut lagu jemur di bawah panas matahari. 

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara yang satu ini dapat dikatakan sangat mudah. Jika matahari bersinar cerah maka baju yang terkena noda kunyit harus segera dijemur. Anda tidak perlu membalik baju tersebut saat dijemur karena justru akan lebih ampuh jika bagian yang terkena noda langsung terkena panas matahari. Noda pada baju putih perlahan bisa hilang tanpa membekas dengan melakukan cara ini.

Baking Soda

Selain untuk memutihkan gigi, menggunakan baking soda juga merupakan salah satu cara menghilangkan noda kunyit di baju. Tidak perlu bingung karena caranya cukup mudah. anda hanya harus membuat pasta dengan bahan baking soda dan air. besok kan Pa tersebut pada bekas noda lalu biarkan semalaman hingga noda menghilang.

Gunakan Lemon dan Pemutih untuk Noda Sisa

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan lemon. Hal ini diterapkan untuk noda kunyit yang berasal dari bumbu makanan seperti kuah kari ayam. Cara menggunakan adalah dengan memotong lemon menjadi dua bagian. Peras hingga air lemon tepat ada di bagian noda tersebut. Diamkan selama satu setengah jam kemudian cuci seperti biasa.
Selain lemon, pemutih juga bisa menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan noda kunyit. Sebelumnya Anda harus memerhatikan label pada baju tersebut apakah bahan tersebut aman atau tidak jika menggunakan pemutih. Noda kulit yang tersisa yang umumnya berwarna kuning pudar atau merah muda bisa diatasi dengan menggunakan pemutih. 

Soda

Setelah sebelumnya ada baking soda yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada baju, Anda juga bisa menggunakan soda. Caranya dengan merendam baju yang terkena noda kunyit tersebut pada air soda selama satu malam. Akan lebih baik jika menggunakan soda yang tidak mengandung gula.

Itulah beberapa bahan dan cara menghilangkan noda kunyit di baju yang bisa Anda coba. Perlu Anda ketahui bahwa intinya tindakan yang harus segera dilakukan adalah segera mencuci baju tersebut setelah terkena noda. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat.

Salam,


Tidak ada komentar untuk "Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju dengan Efektif dan Mudah"

Berlangganan via Email