Tak Hanya Vaksin Corona, Beberapa Hal Ini Juga Penting untuk Menunjang Kesehatan Selama Pandemi!

 



Pandemi covid 19 yang merupakan penyakit menular belum juga usai. Masih ditemukan beberapa kasus positif di beberapa negara.  Vaksin Corona dinilai akan menjadi solusi  untuk menekan jumlah yang terjangkit.  seperti di diketahui bahwa virus Corona atau covid-19 merupakan salah satu penyakit menular yang masih manjadi  salah satu hal penting yang harus segera ditangani.
Virus ini merupakan virus jenis baru dan awalnya merupakan penyakit yang tidak dikenal. Pada bulan Desember 2019 kemudian terjadi wabah di Wuhan China dan mulai menjadi penyakit menakutkan.

 Sejarah Penemuan

World Health Organization atau WHO  mendapatkan informasi tentang kasus pneumonia di Wuhan, provinsi hubei, Cina  pada akhir Desember 2019. Otoritas Cina kemudian mengidentifikasi bahwa virus tersebut merupakan virus baru yang bernama Corona Virus Disease 2019 yang kemudian disingkat menjadi Covid-19. Virus ini merupakan famili dari virus flu seperti Mers dan SARS.

Penularan

Seperti yang diketahui penularan virus yang satu ini diperkirakan melalui droplet ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk.  penularannya hampir mirip dengan influenza dan patogen pernapasan lainnya yang bisa saja terhirup dan masuk ke paru-paru.  Penularan juga dapat terjadi jika menyentuh objek atau permukaan suatu benda yang memiliki virus di atasnya.  lalu tangan  tersebut menyentuh bagian wajah seperti mulut hidung atau mata.

Masa Inkubasi

Masa inkubasi bervariasi antara pasien namun pada umumnya terjadi dalam dua hingga empat belas hari setelah pasien tersebut terpapar virus.  Periode ini sering dijadikan periode bagi seseorang untuk karantina jika dinyatakan reaktif covid-19.

Vaksin Corona untuk Mengatasi Pandemi

Dilansir dari halodoc.com, Pfizer dan BionTech yang merupakan perusahaan farmasi terkemuka mengklaim bahwa vaksin mereka 90 persen efektif dalam mencegah penularan COVID-19 meski belum rampung dalam uji klinis fase ketiga. Perusahaan tersebut menegaskan bahwa uji klinis belum mencapai tahap akhir sehingga vaksin corona belum dapat didistribusikan. Dari pengujian vaksin tersebut masih banyak yang belum diketahui.

Pencegahan Penularan 

Agar terhindar dari virus berbahaya ini, sebaiknya masyarakat melakukan berbagai upaya pencegahan, diantaranya:
1. Cuci tangan dengan menggunakan sabaun selama 20 detik pada air mengalir sesuai  standar WHO.
2. Hindari keramaian atau kerumunan 
3. Biasakan jaga posisi jarak dengan orang lain
4. Hindari kontak langsung dengan yang sakit atau penderita.
5. Konsumsi  Vitamin secara rutin agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.
6. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah
7. Membersihkan serta mendisinfeksi  barang-barang yang sering disentuh secara berkala

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Tidak hanya mengancam kesehatan fisik pandemi virus Corona juga dapat mengganggu kesehatan mental. Efek yang ditimbulkan secara psikologis dapat berdampak serius misalnya rasa takut yang berlebihan.  kebijakan social distance dan juga anjuran untuk selalu di rumah dapat menimbulkan jarak secara emosional dengan keluarga rekan kerja ataupun orang-orang yang biasa ditemui.
Tak heran  ini merupakan beban atau tekanan yang cukup besar. Hal ini Tentunya berpengaruh pada kesehatan mental apalagi jika sudah tidak dapat dikendalikan.
Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi suatu tekanan atau beban. Bila tidak dikendalikan dengan tepat, tekanan tersebut akan berdampak negatif terhadap kesehatan mental. Gangguan terhadap kesehatan mental yang lainnya misalkan takut terhadap wabah, merasa terasing saat karantina, kesepian ataupun sedih jauh dari keluarga. Hal tersebut dapat berdampak depresi atau kecemasan umum yang juga mempengaruhi fisik orang tersebut.
Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan dalam upaya menjaga kesehatan mental selama Pandemi:
1. Lakukan Aktivitas Fisik
Olahraga ringan seperti  lompat  atau lari kecil dapat  dilakukan selama karantina di rumah.  dengan beraktivitas maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin sehingga mengurangi rasa khawatir, meredakan stres dan mood akan lebih baik.
Hal yang bisa dilakukan untuk lebih menenangkan diri adalah dengan melakukan perdagangan serta pernapasan. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.
2. Perhatikan Nutrisi Tubuh
Nutrisi tubuh yang baik bukan hanya penting bagi fisik namun juga  baik bagi kesehatan mental secara tidak langsung.  Tubuh yang yang bugar tentunya akan membuat lebih bersemangat dan terhindar dari stres.  Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, mineral, vitamin dan juga serat.
3. Bijak Memilih Informasi
Terkadang Anda harus membatasi tontonan bacaan ataupun berita yang berkaitan dengan pandemic baik dari media cetak televisi ataupun media sosial.  Hal tersebut agar dapat menghindari rasa cemas yang berlebihan.  Meski demikian sebaiknya tidak menutup diri dari beberapa informasi yang penting, Anda hanya harus memilah informasi yang diterima secara bijak. Informasi tersebut harus dari sumber yang terpercaya
4. Hentikan Kebiasaan Buruk
Mulailah hidup sehat dan hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan,  misalnya untuk seorang perokok  maka  harus  segera dihentikan.  Kebiasaan yang baik untuk kesehatan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya dengan memperhatikan konsumsi air putih setiap harinya.
5. Melakukan Rutinitas yang Menyenangkan
Lakukan hobi atau aktivitas yang disukai misalnya membaca buku memasak ataupun menonton film agar dapat menghilangkan rasa jenuh. Dengan demikian produktivitas Anda akan semakin meningkat dan mental pun akan lebih baik.
6. Menjaga komunikasi 
Anda sebaiknya meluangkan waktu agar dapat berkomunikasi terutama dengan keluarga ataupun sahabat. Kini teknologi dapat mempermudah komunikasi misalnya melalui video call atau pun aplikasi lainnya sehingga dapat tetap bisa berkirim kabar dengan yang lainnya.

Menambah Informasi Kesehatan dengan Memanfaatkan Teknologi

Dengan adanya internet, maka kini dapat menambah informasi dengan cara cepat dan juga praktis misalnya melalui website ataupun aplikasi.  Bahkan Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi online seperti yang ada di halodoc. 
Halodoc menyediakan layanan kesehatan yang lebih mudah dan terintegrasi sehingga memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses secara mudah terhadap pelayanan kesehatan melalui gawai. Beberapa fitur yang dapat digunakan diantaranya konsultasi dokter, beli obat, buat janji dengan dokter, cek laboratorium di rumah, serta informasi terupdate seputar kesehatan.
Demikianlah pembahasan tentang vaksin corona dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang kesehatan selama pandemi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Salam,


Tidak ada komentar untuk "Tak Hanya Vaksin Corona, Beberapa Hal Ini Juga Penting untuk Menunjang Kesehatan Selama Pandemi!"

Berlangganan via Email