SETOP Malas, Ayo Ikut SETIP!



Kata "SETOP" di awal judul tulisan ini tentunya kurang tepat penulisannya *plis jangan getok saya. Awal bulan ini saya berusaha mengikuti event SETIP dan bersama narablog lainnya yang tergabung dalam Estrilook Community. Sebelumnya Estrilook telah mengadakan ODOP (One Day One Post) selama sebulan penuh dan saya pun menyerah hiks.. 
Seminggu Tiga Postingan atau disingkat menjadi SETIP ini diperuntukkan bagi narablog yang ingin lebih disiplin menulis di blognya tiga kali dalam seminggu. Event ini diselenggarakan mulai 4 Februari 2019 hingga akhir bulan April 2020 *eng ing eng lama amat ya setahun hihi. Tenang, sebenarnya hanya sampai akhir April 2019 saja.

Jika ODOP memang harus ekstra disiplin per hari tanpa jeda untuk konsisten menulis di blog, SETIP mengharuskan pesertanya membuat postingan tiap hari Senin, Rabu dan Jum'at. Setidaknya ada jeda waktu untuk mempersiapkan postingan berikutnya. Untuk tema postingan pun bebas tidak ditentukan, ini cukup melegakan karena terkadang ingin menulis tema sesuai ide yang muncul. 
SETIP setahu saya belum pernah diadakan di komunitas blogger lainnya. Berbeda dengan ODOP yang tak asing lagi di beberapa komunitas. Banyak Narablog yang kemudian merapat ke Estrilook Community untuk mengikuti event ini. 
Saya sendiri baru berminat memoles blog setelah banyak menyimak diskusi di WhatsApp grup Estrilook. Estrilook Community ini terbilang grup literasi yang baru beberapa bulan berdiri. Namun anggotanya sudah ratusan dan masih ada yang menyusul bergabung. Komunitas seperti ini memang cukup menguntungkan bagi seorang penulis khususnya newbie seperti saya.

Bagi seorang blogger yang ingin menjadi profesional, tentu tidak bisa meremehkan keberadaan komunitas blogger. Akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang didapatkan saat bergabung dengan komunitas. Manfaat dan keuntungan pertama bergabung dengan komunitas blog adalah mendapatkan ilmu dan wawasan lebih luas seputar blogging. Dalam komunitas blog, kamu akan diajak untuk berbincang dan berdiskusi secara rutin tentang perkembangan blogging.
Diantara banyak komunitas, memang harus bisa lebih selektif menentukan komunitas blog yang dapat mendukung untuk menambah ilmu blogging tersebut. Estrilook Community pernah mengadakan kelas blog untuk pemula. Di grupnya pun beberapa sering bertanya dan diskusi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan blog. 
Dengan bergabung pada komunitas blog, kamu juga akan mendapatkan banyak teman dan jaringan blogger jika aktif berpartisipasi. Setelah bergabung dengan suatu komunitas maka akan percuma saja jika hanya jadi anggota pasif. Beberapa pengalaman seru dan ilmu juga bisa terlewatkan jika kurang aktif. Umumnya komunitas blog menyelenggarakan event yang berkaitan dengan bolg. Begitu juga di Estrilook, ada event Blog Walking yang selalu diminati tiap hari Senin dan Kamis. 
Blogger pasti tidak luput dari keadaan stuck dalam menulis. Umumnya keadaan ini terjadi karena tidak mengoptimalkan media atau sarana untuk bisa dijadikan sebagai bahan inspirasi. Beberapa diskusi blogging atau daftar blog dari teman narablog untuk blogwalking bisa menjadi bahan insipirasi dan ide menulis postingan blog. 
Saat merasa malas untuk nge-blog, maka ada ratusan teman blogger yang dapat membuat kembali bersemangat. Selain itu beberapa tampilan postingan blog yang di share  tentunya bisa membuat terpacu kembali dan kembali bergairah menulis postingan blog. Banyak banget kan manfaat gabung di komunitas? So, tetap semangat menulis hal-hal positif dan bermanfaat ya! 

Salam hangat,