Pentingnya Melakukan Covid Test dengan Cara yang Praktis dan Nyaman

by - June 22, 2020



Pentingnya Melakukan Covid Test dengan Cara yang Praktis dan Nyaman - Jumlah angka positif yang terinfeksi virus Corona kian meningkat di Indonesia. Tidak sedikit pelayanan kesehatan mulai kesulitan dalam melakukan penanganan terhadap pasien. Setiap rumah sakit bersiaga dan menyiapkan langkah skrining yang ketat terhadap potensi infeksi dari virus corona. 
Langkah lain yang penting adalah dengan memastikan area untuk ruang perawatan pasien yang terpapar Covid-19 terpisah dari tempat pasien umum. Ventilasi dan juga peralatan medis perlu disiapkan secara terpisah.

Melakukan Tes Merupakan Langkah Penting 


Angka infeksi virus ini masih meningkat, tentu saja apa yang sudah direncakan sebagai wujud penanggulangan pandemic mungkin saja tidak dapat mencukupi. Perlu dilakukan covid test yang bisa memudahkan deteksi awal dari terjangkitnya corona pada pasien atau masyarakat lainnya yang sudah terpapar. Tentu dengan tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai.
Virus ini memang unik dengan gejala yang tidak khas bahkan ada pula yang asimptomatik (tanpa gejala). Ada pula pasien yang datang ke rumah sakit mengeluh gejala dan diagnosa penyakit lain namun ternyata covid-19 setelah dirawat.
Jenis covid test yang cukup populer dan banyak diberitakan untuk virus corona adalah rapid test. Dikutip dari The Conversation, saat ini untuk tes corona terdapat dua jenis rapid test, yaitu berdasarkan antibodi dan juga antigen. Jenis Rapid test yang banyak dilakukan di negara Indonesia adalah yang berdasarkan antibodi.


Rapid test dengan antibodi tujuannya untuk dapat mendeteksi antibodi IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh. Antibodi tersebut akan terbentuk setelah orang tersebut terpapar virus corona. Proses pembentukan antibodi ini tentunya membutuhkan waktu hingga beberapa hari hingga beberapa minggu.
Jika di tubuh seseorang ditemukan antibodi virus corona saat melakukan rapid test maka orang tersebut dianggap positif. Hal ini sebaiknya dipahami bahwa merupakan tahap awal bukan pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi covid-19.
Orang yang pernah terinfeksi virus tersebut bisa saja antibodi belum terbentuk pada tubuhnya. Bila hal tersebut terjadi maka hasilnya akan negatif dan perlu mengulang tes 7 – 10 hari setelah tes pertama.
Cara dalam tes tersebut cukup mudah dan singkat hanya dengan mengambil sampel darah dari ujung jari pasien yang dilakuakn oleh petugas kesehatan. Sampel tersebut diteteskan pada alat rapid dan juga diteteskan cairan untuk menandai antibodi.
Bila hasil dari positif maka tubuh orang yang diperiksa terdapat antibodi virus corona, akan tetapi belum tentu virus dalam tubuh tersebut merupakan penyebab terjangkitnya covid-19. Bisa jadi antibodi yang ada pada tubuh orang tersebut merupakan virus corona jenis lainnya karena terdapat 7 jenis lain yang sejenis dengan virus ini. Oleh karena itu dibutuhkan covid test selanjutnya yaitu PCR jika hasil rapid test menunjukkan positif. Hal ini agar bisa lebih memastikan apakah tubuh tersebut terdapat virus corona atau tidak.

Akses Mudah untuk Pendaftaran Tes

 
Halodoc menyediakan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan layanan covid test karena sudah bekerjasama dengan berbagai rumah sakit pilihan. Caranya buka aplikasi Halodoc atau kunjungi website-nya, pilih menu "COVID-19 Test. Selanjutnya klik Lokasi Rapid Test Drive.
Anda bisa memilih waktu dan tempat untuk melakukan tes ini. Anda akan diminta mengunggah scan informasi diri, foto atau KTP untuk dewasa dan Kartu Keluarga bagi anak yang masih di bawah umur saat akan melakuakn pemesanan untuk tes. 
Selanjutnya tahap pembayaran tergantung jasa tenaga medis dan rumah sakit yang dipilih. Sms konfirmasi untuk detail pesanan dan jadwal tes akan dikirimkan ke nomor yang tertera di pendaftaran. Tunjukkan sms tersebut saat proses pemeriksaan nanti.

Perhatikan Hal Ini Saat MeLakukan Tes!


Sebelum Anda pergi ke rumah sakit atau tempat lokasi untuk melakukan tes untuk covid-19, berikut ini beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan:
1. Perhatikan jadwal yang sudah dikonfirmasi dan pastikan untuk datang tepat waktu namun sebaiknya tidak datang terlalu awal 
2. Jika memungkinkan, sebaiknya ditemani orang terdekat saat pergi ke lokasi tes 
3. Pastikan untuk mengenakan masker selama dalam perjalanan atau saat sampai di rumah sakit
4. Smartphone yang digunakan saat melakukan booking harus dibawa. Hal ini karena akan ada pemeriksaan KTP dan SMS konfirmasi yang dilakukan oleh petugas di pos 1
5. Tes hanya untuk satu pasien yang sesuai dengan KTP terdaftar pada proses booking
6. Prosedur untuk pengambilan sampel darah akan dilakukan di tempat berbeda yaitu di Pos 2. 
7. Segera tinggalkan area fasilitas jika tes sudah selesai, karena hasil akan dikirim melalui SMS atau notifikasi satu hari setelah tes dilakukan.

Keamanan akan terjamin dengan covid test di Halodoc ini. Jadi tak perlu ragu dan juga bingung karena benar-benar praktis.

Salam,

Tambahkan teks



You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda