Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Bahan Alami, Begini Caranya!

 


Cara untuk menghilangkan bulu ketiak banyak dicari beberapa orang. Bagi mereka, bulu ketiak merupakan bagian tubuh yang perlu diperhatikan. Bulu yang tumbuh pada bagian tubuh yang satu ini memiliki manfaat tersendiri yaitu untuk melindungi kulit pada area ketiak dari bakteri, zat kimia hingga racun produk kecantikan yang digunakan. meskipun manfaat namun beberapa orang merasa terganggu dengan adanya bulu pada area ini apalagi jika dibiarkan lebat.

Bulu yang tumbuh cukup lebat pada bagian ketiak memang bisa mengganggu penampilan ataupun kenyamanan. Terkadang bisa juga area tersebut menjadi berkeringat dan mudah lembab saat cuaca panas. Keringat pun terkadang menjadi berlebihan hingga terlihat menembus kain baju di bagian lengan. 

Hal tersebut tentunya membuat kurang nyaman dan juga kurang percaya diri apalagi jika harus melakukan aktivitas yang mengharuskan untuk bertemu banyak orang. Beberapa perempuan pun banyak yang mencari cara untuk menghilangkan bulu ketiak. Hal ini karena bulu pada area tersebut jika dibiarkan akan terkesan maskulin dan identik dengan pria.

Di pasaran memang sudah beredar beberapa produk kecantikan yang direkomendasikan untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun bahan-bahan alami bisa pula digunakan agar lebih aman. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan tanpa harus mencukur!


1. Lemon, Gula, dan Madu

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah mengombinasikan antara madu lemon dan juga gula. Bahan-bahan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi dan mudah didapatkan karena memang sering dijumpai dan merupakan bahan yang kerap digunakan dalam masakan. Bulu akan rontok tanpa harus dicukur dengan menggunakan kombinasi tiga bahan ini.

Tidak perlu peralatan yang mewah, Anda hanya perlu mencampur ketiga bahan tersebut dengan komposisi:

- Satu sendok gula pasir, 

- Satu sendok madu, 

- Air perasan lemon secukupnya.

Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada area ketiak lalu diamkan 30 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat dengan gerakan tangan arah berlawanan dengan pertumbuhan bulu.


2. Kapur Sirih

Bahan yang satu ini kerap digunakan untuk membersihkan mulut dengan daun sirih yang disebut dengan Nyeupah (sebutan di Sunda). Untuk kandungannya dapat digunakan membersihkan ketiak dari bulu karena terdapat kandungan kadinen, kavinol dan juga zat samak.

Caranya hanya dengan mencampurkan satu sendok makan kapur sirih dengan air lemon hingga dua bahan tersebut membentuk pasta. Oleskan pada area ketiak kemudian diamkan hingga 30 menit lalu kemudian bilas menggunakan air bersih.


3. Kunyit dan Air Mawar

Kombinasi kedua bahan ini akan efektif jika digunakan. diketahui bahwa kunyit merupakan salah satu rimpang yang memiliki kandungan kurkumin cukup tinggi dan juga antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Caranya cukup mudah pertama siapkan dulu parutan kunyit sebanyak seperempat gelas atau bisa juga diganti dengan menggunakan bubuk kunyit.

Campuran air mawar secukupnya hingga kedua bahan tersebut membentuk pasta, oleskan pada ketiak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Sama seperti bahan-bahan yang sudah dibahas di atas, pasta tersebut didiamkan terlebih dahulu hingga 30 menit sebelum nantinya dibilas dengan menggunakan air hangat.


4. Timun dan Lemon

Kedua bahan ini merupakan bahan yang sering digunakan dalam beberapa kosmetik wajah. Namun ternyata bisa pula membantu untuk menghilangkan bulu ketiak tanpa harus dicukur. Timun diparut terlebih dahulu kemudian campurkan dengan air perasan lemon secukupnya. Oleskan secara merata dan diamkan hingga 30 menit setelah itu dibilas. Agar lebih optimal sebaiknya dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

5. Lidah Buaya

Tanaman herbal yang satu ini pun cukup populer di bidang kesehatan dan kecantikan khususnya untuk wajah, rambut serta kulit. Tambahkan bahan lain seperti kunyit, pepaya ataupun lemon pada lidah buaya agar bulu pada area ketiak dapat hilang.

Untuk lidah buaya banyak pula yang menyarankan mencampurkan pepaya karena mengandung zat papain yang yang dapat mencegah pertumbuhan rambut. Caranya sama seperti beberapa campuran bahan yang telah dibahas sebelumnya yaitu dengan dioleskan dan diamkan selama 30 menit.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa digunakan secara rutin untuk menggantikan deodorant. Vitamin c yang terkandung dalam jeruk nipis berguna untuk merontokkan bulu ketiak dan juga bisa menghaluskan kulit. 

Potong jeruk nipis menjadi 2 kemudian gosokkan pada area ketiak seperti memakai deodoran. Bulu ketiak akan rontok jika jeruk nipis digunakan secara rutin.

7. Pepaya Muda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pepaya yang muda yang mengandung zat papain dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif menghambat pertumbuhan rambut. Bahan yang satu ini sangat cocok digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas pepaya muda tersebut dan dihaluskan menggunakan blender.

Atau bisa pula dengan ditumbuk sampai halus. Pasta tersebut bisa pula dicampur dengan bahan lainnya seperti lidah buaya atau kunyit. Oleskan pada ketiak, diamkan 30 menit lalu bersihkan.

Penggunaan bahan alami tanpa banyak bahan kimia masih menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Dengan beberapa bahan alami yang disebutkan di atas Anda tentunya tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk sekedar menghilangkan bulu ketiak yang membuat kurang nyaman.


Salam,




Tidak ada komentar untuk "Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Bahan Alami, Begini Caranya!"

Berlangganan via Email