Rekomendasi Platform Pelatihan Online Terbaik untuk Prakerja

 


Pelatihan online terbaik merupakan  prioritas bagi yang mengikuti program Kartu Prakerja. Hingga kini program masih berjalan hingga lebih dari 10 gelombang. Pendaftarannya banyak diminati terutama yang belum memiliki pekerjaan.

Program pemerintah yang satu ini merupakan angin segar bagi masyarakat. Selain mendapatkan bantuan, peserta dapat mengikuti pelatihan yang disediakan beberapa platform terkemuka tentunya dengan materi yang berkualitas. Prosesnya mulai dari mendaftar, menunggu pengumuman peserta yang lolos, kemudian lanjut ke proses penyaluran insentif. 

Uniknya peserta dapat memilih sendiri jenis pelatihan yang ingin diikuti dan biayanya menggunakan saldo dari kartu prakerja yang didapatkan. Pelatihan yang bisa dipilih berdasarkan minat, keinginan dan juga pengembangan diri yang dibutuhkan oleh peserta.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Dia Kelebihan Ponsel Redmi Note 8!

Manfaat Kartu Prakerja


Tujuan dari program ini adalah untuk mengurangi angka pengangguran ataupun mencegah angka pengangguran semakin bertambah. Pemerintah mengharapkan proses belajar dan berlatih meningkatkan skill bukan hanya untuk kalangan muda akan tetapi seharusnya tidak mengenal usia. 

Tentu saja program yang bermanfaat ini disambut baik masyarakat karena memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan dengan berbagai topik yang menarik. Tak hanya insentif, peserta juga dapat memperoleh sertifikasi kompetensi kerja yang dapat bermanfaat untuk dunia kerja.

Berikut ini beberapa manfaat mengikuti pelatihan online terbaik dari kartu prakerja:

1. Biaya pelatihan menjadi lebih ringan bagi pekerja dan juga perusahaan.

2. Dapat lebih efektif dalam mencari informasi tentang pelatihan.

3. Menambah kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan penyedia kerja.

4. Dapat menjadi pelengkap pendidikan formal.

5. Memberikan nilai untuk sektor swasta.

6. Memberi nilai bagi pengguna kartu prakerja.

Kartu prakerja memberikan keterampilan yang berguna untuk kebutuhan industri ataupun berwirausaha. Peserta yang harus mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 3.550.000,-.  Bantuan ini terdiri dari:

-  Biaya untuk pelatihan sebesar Rp 1.000.000

- Insentif yang didapatkan pasca pelatihan yaitu sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

- Insentif survei kebekerjaan dengan total dana sebesar Rp 150.000,-

Manfaat kartu pra kerja hanya bisa didapatkan satu kali seumur hidup untuk setiap peserta. Oleh karena itu harus digunakan dengan sebaik-baiknya dan tepat untuk memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan skill.

Cara Memilih Pelatihan dengan Tepat

Pada program ini ini jumlah pelatihan yang tersedia mencapai ribuan dengan berbagai materi. Para peserta harus memilih pelatihan yang benar-benar tepat karena jumlah pelatihan yang bisa dipilih terbatas sesuai dengan saldo yang diterima jika lolos seleksi yaitu Rp. 1.000.000,-.

Adapun pemilihan jenis pelatihan dapat melalui situs platform digital  yang merupakan mitra. Peserta perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Membandingkan harga, konten, silabus durasi dan juga persyaratan dari pelatihan yang akan dipilih. Ulasan dan rating dapat menjadi pertimbangan untuk memilih pelatihan sesuai minat.

2. Saldo sebesar 1 juta dapat digunakan untuk memilih pelatihan secara bebas baik jumlah maupun harganya sesuai dengan yang akan dipilih. 

3. Sebelum memilih, terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa pelatihan tersebut menyediakan sertifikat.

4. Setelah pelatihan tuntas, sebaiknya mengikuti evaluasi dan mendapatkan sertifikat kelulusan dari pelatihan tersebut.

Memilih Platform Pelatihan Online Terbaik dan Panduan Menggunakan Saldo Bantuan

Saat akan memilih pelatihan tentunya Anda harus memastikan bahwa saldo yang dimiliki masih cukup. Lalu bagaimana cara menggunakan saldo tersebut? Berikut ulasannya!

1. Masuk ke situs mitra platform pelatihan online misalnya Skill Academic Ruangguru,

2. Memilih pelatihan yang akan diikuti lalu lakukan pembelian,

3. Memilih metode pembayaran Kartu prakerja,

4. Memasukkan nomor dari akun Kartu Prakerja,

5. Selanjutnya Masukkan kode OTP yang telah dikirim lewat SMS,

6. Transaksi sukses dan peserta bisa memulai pelatihan yang dipilih.

Anda sebaiknya merahasiakan nomor akun kartu prakerja dan juga kode OTP yang telah diterima. Hal ini agar dapat terhindar dari penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Skill Academy Ruangguru merupakan salah satu platform pelatihan online terbaik yang dipercaya lebih dari 4 juta pengguna. Lembaga pelatihan ini menyediakan ratusan kelas terpopuler dan juga efektif diantaranya kelas bahasa Inggris, kelas Youtuber, kelas copywriting dan kelas berkualitas lainnya. Segera pilih kelas yang sesuai dengan minat Anda!

   


Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi Platform Pelatihan Online Terbaik untuk Prakerja"

Berlangganan via Email