Mengasuh anak di zaman sekarang memang penuh tantangan. Tak hanya perkembangan kehidupan sosial yang semakin kompleks tapi juga tantangan ...

Agar Lebih Bersemangat, Ungkapkan Cinta Kepada Anak dengan 5 Cara Ini, Yuk!

Selasa, September 11, 2018 Hindun Uswatun Nisa 0 Comments


Mengasuh anak di zaman sekarang memang penuh tantangan. Tak hanya perkembangan kehidupan sosial yang semakin kompleks tapi juga tantangan lain dalm pengasuhan anak seperti kesibukan. Hubungan yang sehat antara orang tua dan anak akan berdampak positif pada perkembangannya. Salah satunya adalah dengan bahasa cinta untuk anak yang perlu diungkapkan dengan berbagai cara agar anak merasa dicintai orangtuanya. Lalu apa saja cara mengungkapkan rasa sayang kepada anak. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Jangan Lupa Sentuhan Fisik!

foto: pexels,com

Ungkapkan rasa sayang pada anak dengan pelukan, ciuman atau belaian lembut yang menampilkan kasih sayang orangtua terhadap anak. Peluklah saat anak menangis, cium keningnya sebelum tidur atau sebelum pergi bekerja. Hal tersebut akan mengungkapkan lebih banyak cinta daripada kata-kata. Anak akan secara alami memahami bahasa cinta yang satu ini, bahkan meski hanya tepukan di bahu atau elusan rambut akan membuatnya merasa dicintai oleh orangtua.

Ungkapkan dengan Kata-kata!

foto: pexels.com

Sentuhan tanda sayang akan lebih lengkap jika disertai dengan ungkapan melalui kata-kata. Jika Anda termasuk orangtua yang tidak bisa mengungkapkan rasa sayang secara langsung pada anak, maka gunakan kata-kata pujian atau ungkapan kebanggaan terhadapnya. Kata-kata penyemangat dan dukungan juga bisa membuat anak merasa dicintai.  Berusahalah untuk berkata cinta pada anak sesering mungkin.

Kebersamaan yang Berkualitas Bersama Keluarga

foto; pexels.com

Kebersamaan merupakan hal yang cukup penting terutama bagi orang tua yang memiliki kesibukan. Waktu berkualitas bersama orangtuanya merupakan salah satu keinginan anak. Maka berikanlah waktu untuk dihabiskan bersamanya tanpa gangguan pekerjaan dan gadget. Bawa anak liburan,jalan-jalan atau sekadar mengajarinya naik sepeda dan bermain bola. Semua itu sudah cukup membuat anak bahagia. Si kecil merasakan dirinya penting bila orangtua mau meluangkan waktu untuk anak. Pengalaman seperti ini akan menjadi kenangan indah yang selalu diingat sang anak sepanjang hidupnya.

Hadiah Tanda Sayang

foto: pexels.com

Tak dipungkiri, hampir semua anak menyukai hadiah, baik saat ada momen istimewa maupun tidak. Bukan apa isi hadiahnya yang penting, namun ini merupakan bentuk perhatian orangtua. Hadiah membuat hari anak menjadi lebih berkesan. Sesekali bisa membelikan anak makanan kesukaannya. Selain membuat anak merasa dicintai, hal ini juga bisa membangun hubungan yang sehat antara orangtua dan anak.

Menemani Saat Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

foto: pexels.com

Sebenarnya salah satu cara anak meminta perhatian orangtuanya adalah saat anak meminta bantuan orangtua saat mengerjakan PR, atau minta diajari main sepeda. Orangtua perlu memenuhi kebutuhan anak agar ia merasa diperhatikan dan dicintai termasuk ketika minta ditemani. Namun perlu selektif dalam memberi bantuan pada anak, jangan sampai dia terlalu bergantung pada orangtuanya. Kita perlu mengajarkan anak untuk menjadi mandiri, tangguh dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa orang lain.

Apa yang orang tua lakukan saat anak tumbuh, terutama jika Anda sering menghabiskan waktu bersamanya, akan selalu melekat dalam ingatan anak. Maka jangan lupa untuk senantiasa memberi perhatian pada anak-anak. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda