Bikin Kenyang dan Enak Banget! 3 Kuliner Ini Harus Kamu Coba Saat Berkunjung ke Tasikmalaya

by - September 11, 2018


Berlibur ataupun berkunjung ke suatu daerah, tentu saja belum lengkap jika tak mencicipi kulinernya. Begitu pun saat jalan-jalan ke Tasikmalaya, beberapa kuliner khas dengan cita rasa yang lezat akan kita jumpai. Terdapat kuliner khas Sunda dengan bumbu-bumbu yang khas seakan memanjakan lidah dan menaikkan selera makan di waktu liburan santai. Selain beberapa kedai baksonya yang lezat, Tasikmalaya menyuguhkan tiga kuliner khas yang cukup unik. Berikut ini ulasannya.

Nasi Tutug Oncom


foto : tasikasik.com

Hidangan ini disebut Nasi TO Tasik atau Nasi Tutug Oncom Tasik yang berisi nasi putih bercampur oncom, bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, kemangi, garam, dan gula serta tambahan lauk pelengkap. Dalam bahasa Sunda, tutug mempunyai arti menumbuk karena tutug oncom dibuat dengan cara diaduk sedangkan oncomnya ditumbuk. Nasi Tutug Oncom ini biasanya disajikan bersama sambal, lalapan, kerupuk, dan lauk lainnya sebagai pelengkap. Mantap!

Kupat Tahu


foto : wisata-tanahair.com 

Tak usah heran jika mampir ke Tasikmalaya pasti melihat banyak pedagang kaki lima yang menjual kupat tahu. Kupat tahu khas Sunda ini menggunakan kupat (ketupat), potongan tahu goreng serta campuran bumbu kacang yang khas asli dari Tasikmalaya sehingga sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya. Kuliner ini sangat mengenyangkan dan cocok disantap saat perut lapar.

Nasi Cikur
foto : tempatwisataindonesia.id

Makanan ini konon menjadi khas Tasikmalaya yang pertama dan dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya. Tak berbeda jauh dari Nasi Tutug Oncom, Nasi cikur ini terbuat dari bumbu biasa seperti garam, bawang putih, cabai merah serta tentu saja cikur (kencur). Rasa khas kencur akan mantap terasa di lidah menjadikan makanan ini memberi sensasi tersendiri saat menyantapnya.
Ketiga hidangan ini akan sangat cocok disantap ketika lapar menyerang. Rasa ketiga makanan ini memang khas dan unik, maka jangan sampai lupa untuk menyantap makanan ini saat berada di Tasikmalaya. Jangan sampai lupa ya Dears!

You May Also Like

15 comments

  1. Kalau usah posting yang kayak gini, harus tanggung jawab. lho. Traktir.....

    ReplyDelete
  2. Kupat tahu. Memang istimewa kupat tahu milik orang sunda. Dari sekian varian kupat tahu yang pernah saya cicipi, nah kupat tahu ala sunda inilah yang paling mantap rasanya dilidah saya, pas dengan lidah saya walau saya suku betawi tapi cocok makan makanan sunda. Barvo kupat tahu....

    ReplyDelete
  3. Jadi laper liatnya mbak aku hny tau kupat tahu😊

    ReplyDelete
  4. Uw nasi cikur maylopppp banget memang.

    ReplyDelete
  5. Hyaaaa itu nasi tutug oncomnya bikin perutku langsung keroncongan. Gawatttt uda hampir jam 10 malem pulak

    ReplyDelete
  6. Taunya tutug oncom sama kupat tahu aja, nasi cikur belum nyoba. Makasih infonya Mbak

    ReplyDelete
  7. Favorit saya nasi tutug oncom. Di Bandung, kalau makan di RM Sunda, saya pilih ini. Enak 😍

    ReplyDelete
  8. Nasi Tutug Oncom nya..sangat menggoda apalagi dibuat tumpeng gitu..tambah laaperrrr deh

    ReplyDelete
  9. andai aku tak tahu bentuk mentahnya oncom, foto tadi kelihatan menggoda. tapi gara-gara ingat oncom mentah jadi mmmmm....

    ReplyDelete
  10. Oohh di tasik ada kupat tahu juga mba Hin? Mupenglah saya klo ke sana pengen nyobain juga.. Doain yaa bisa sampai tasik, bu eko 😁

    ReplyDelete
  11. Mupeng sama kupat tahu n nasi cikurnya.

    ReplyDelete
  12. Kepingin nyobain semuanya. Nasi tutug oncomnya enak banget tuh pake kemangi. Kupat tahunya mirip-mirip ketoprak ya, cuman nggak pake toge sama bihun. Kalau nasi cikur belum pernah tau, pasti enak ada rasa kencurnya.

    ReplyDelete
  13. Yg udah pernah baru no 2 aj
    No 1 n 3 penampakanny menggoda wkk

    ReplyDelete
  14. Mau banget ditraktir, Bun...nasi tutug selalu bikin penasaran..belum pernah nyoba..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda