Yuk, Ke Lapangan Sempur Rekreasi Hemat di Kota Bogor, Anak Senang Ibu Tenang!

by - February 06, 2019


Yuk, Ke Lapangan Sempur Rekreasi Hemat di Kota Bogor, Anak Senang Ibu Tenang!- Setelah menikah dan pindah ke Bogor, saya sering diajak suami tercinta *ehm* berjalan-jalan mengelilingi Bogor yang dikenal dengan  julukan kota Hujan. Curah hujan memang cukup tinggi tapi nyatanya cuaca di sini lebih sering panas dan membuat gerah. Kondisi lingkungan yang sering panas akhirnya membuat kami sekeluarga lebih nyaman berwisata ke tempat yang sejuk. Saya tinggal di Kabupaten Bogor, karena anak masih di bawah 5 tahun maka tempat untuk enjoy bareng ya tak jauh dari sekitar Cibinong Kabupaten Bogor. Cibinong sendiri cukup strategis karena tak jauh dari jalur tol dan juga area Sentul yang memiliki beberapa tempat wisata menarik. 
Sebelumnya kami berempat (saya,suami dan dua anak, keluarga berencana yes...) sempat berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Yang sulung jelas suka bahkan ingin ke sana lagi (tapi ibunya bosen).  Suatu pagi di hari minggu, saya inisiatif ajak ayahnya anak-anak untuk berkunjung ke Taman Kaulinan di Kota Bogor. Akhirnya setelah bergelut dengan keadaan (memandikan anak, berpoles dan lap keringat), kami pun berangkat naik motor berempat menuju Taman Kaulinan dekat Lapangan Sempur. Lokasinya tak jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor tepatnya di Jalan Sempur, Kecamatan Sempur, Bogor.

Foto: lovelybogor.com


Taman Kaulinan terletak di samping Lapangan Sempur, Bogor. Sempur kini lebih menarik perhatian dengan berbagai wahana bermainnya. Tak hanya dipakai aktivitas olahraga, tetapi komunitas-komunitas kreatif di Bogor banyak berkumpul di sini. Jika berkunjung ke Bogor menggunakan kereta commuter line, cukup naik satu angkot yaitu 03 tujuan Sempur. Turun di sisi istana setelah jembatan Kebun Raya Bogor saat melihat lapangan besar panjat tebing di sisinya. Dari atas jalan, kamu akan melihat berbagai tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini. Mulai di sebelah paling kiri, di sisi sungai, ada area bermain anak di Taman Kaulinan. Terdapat bangunan benteng, perosotan, ayunan, hingga petak ular tangga besar. Wahana ini cukup ramai saat siang hari, sehingga fasilitasnya mulai ada yang rusak. Orang tua tetap bisa memantau anak-anaknya saat bermain.

                                                                 Foto: travelbos.id



Foto: dokumentasi pribadi 

Bangunannya cukup unik di pinggir sungai Ciliwung. Di sisi Taman Kaulinan, terdapat area bermain skateboard. Luasnya sekitar 100 meter persegi, terdapat beberapa rintangan di wahana yang biasa disebut skatepark-nya Bogor. Tak jauh dari sana, ada lokasi panjat tebing dan lapangan basket, yang juga bisa kapan saja dipergunakan secara bebas. Namun, untuk panjat tebing tentunya kamu harus memiliki peralatannya sendiri. Mayoritas masyarakat yang berkunjung ke sini memang terlihat menikmati suasana dan berolahraga di Lapangan Sempur. 

Foto : msn.com
Di sebelah timur kawasan Sempur terdapat taman tematik, yaitu Taman Ekspresi. Taman yang dibangun Pemerintah Kota Bogor sejak 2016 ini diperuntukan bagi komunitas-komunitas seni untuk menampilkan kebolehannya. Salah satu acara rutin Taman Ekspresi, yang ramai didatangi saat Cinema Taman. Setiap satu bulan sekali, taman ini rutin memutarkan film-film karya komunitas-komunitas film Bogor, maupun kota-kota lain di Indonesia. Tak hanya itu kamu juga bisa mengunjungi berbagai gerai makanan yang ada di dekat lapangan basket. Beragam kuliner tersedia dan bikin betah para pecinta kuliner. Tak hanya itu, jika kamu berjalan-jalan di dekat lokasi sungai Ciliwung, banyak pedagang yang menjual berbagai barang yang menarik dengan harga yang terjangkau. Jadi buat kamu yang mau jalan-jalan hemat di Kota Bogor, yuk mampir ke Lapangan Sempur!

Salam hangat,

You May Also Like

2 comments

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda