Dermawan dan Inspiratif, Polisi Rawat Ratusan Anak Yatim Piatu

by - May 14, 2020




Di Yogyakarta, ada seorang polisi yang luar biasa meskipun hidup dalam kesederhanaan. Sosok itu ialah Bripka Nur Ali Suwandi pendiri Rumah Singgah Bumi Damai untuk kaum dhuafa, yatim piatu dan juga anak-anak yang terbuang.
Mungkin ia tak banyak dikenal masyarakat, tapi dikenal baik di jajaran kepolisian Indonesia serta dikagumi anggota lain di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Pria ini berusia 40 tahun asal Jombang, kini tinggal di Kotagede, Yogyakarta. Bripka Ali pernah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum daerah Jombang, Jawa Timur. Setelah lulus ia mengabdikan diri kepada negara dengan menjadi polisi.
Saat menjadi santri, ia dipanggil Bon Ali karena sering berhutang di warung makan. Hal ini karena ia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Meskipun demikian, kini ia berani mengelola rumah singgah dan ratusan anak yatim piatu mulai dari balita hingga remaja dapat dirawat.


Sejak tahun 2008, kehidupan Bripka Ali menjadi lebih tenang karena dapat melihat anak asuhnya bisa makan dengan lahap dan menjalani hari-hari dengan senyum damai sesuai dengan namanya Rumah Singgah Bumi Damai.
Rumah Singgah tersebut merupakan bangunan dengan dua tingkat untuk tinggal dan berkumpul, letaknya tak jauh dari rumah Bripka Ali. Lantai dua khusus untuk istirahat anak-anak perempuan. Sedangkan bagian bawahnya digunakan untuk aktivitas belajar, mengaji serta makan bersama. Dua tempat sudah menjadi milik Rumah Singgah dan dua tempat lagi masih kontrakan.
Bangunan yang merupakan kontrakan berfungsi sebagai tempat menginap anak laki-laki. Setiap harinya anak laki-laki berjalan dari bangunan tersebut untuk beraktivitas di Rumah Singgah Bumi Damai. Berbagai kebutuhan dan juga biaya sekolah ditanggung Bripka Ali dengan menggunakan dana dari para donatur.
Bripka Ali juga kerap ikut berpartisipasi dalam membangun masjid di pelosok Gunung Kidul. Kisah kedermawanannya pun sampai hingga ke telinga Pejabat Polri kala itu yakni Tito Karnavian. Pada tahun 2018, Kapolri Tito Karnavian berkunjung ke Rumah Singgah Bumi Damai dan meresmikannya. Sosok Bripka Ali mencerminkan kepribadian yang tetap membantu sesama meskipun kehidupannya sederhana. (HN)

Sumber Referensi: www.liputan6.com


Salam,

 

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda