Ketahui Berbagai Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Keluarga


 
Manfaat habbatussauda kini banyak digunakan sebagai upaya agar tubuh kembali sehat. Saat tubuh sakit maka berbagai pilihan untuk menyembuhkannya terkadang dirasa cukup sulit. Pilihan antara menggunakan pengobatan alternatif atau mengunjungi dokter kadang berujung pada obat yang dikonsumsi atau digunakan.
Umumnya beberapa masyarakat awam mengenal istilah obat herbal dan obat kimia. Obat herbal secara umum merupakan obat yang berasal dari alam, sedangkan obat kimia identik dengan obat yang melalui proses kimiawi atau diracik. Pengategorian tersebut tidak sepenuhnya benar karena obat yang digunakan para dokter juga berasal dari alam. 
Salah satu tumbuhan yang kini sedang populer digunakan untuk pengobatan dan terdapat dalam beberapa hal produk sehari-hari adalah habbatussauda, yang memiliki nama latin Nigella sativa. Lalu apa saja manfaat habbatussauda untuk kesehatan? 
Mengenal Habbatussauda
Herbal yang satu ini sebenarnya adalah biji jintan hitam yang berasal dari tumbuhan bernama nigella sativa yang berbunga tahunan, termasuk keluarga Ranunculaceae serta merupakan tanaman asli dari Asia Barat dan Asia Selatan.
Di India atau Timur Tengah jintan hitam ini kerap digunakan untuk penyedap rasa dan juga pengawet alami. Tentu saja bahan yang satu ini diperlukan oleh beberapa orang karena dinilai lebih alami. Dari segi rasa memang khas yaitu pedas pahit ibarat kombinasi bawang merah, oregano dan lada hitam.

Berbagai Manfaat Habbatussauda 
Kandungan zat pada jintan hitam pernah diteliti oleh seorang Ilmuwan Persia yaitu Ibnu Sina yang juga merupakan penulis terkenal pada zaman keemasan Islam. Ia menulis bahwa biji yang unik ini memiliki manfaat untuk mengobati sesak napas baik dari segi gejala asma ataupun untuk masalah pernapasan lainnya. Habbatussauda juga dapat digunakan untuk merangsang produksi ASI ibu menyusui dan juga digunakan untuk obat cacingan. Banyak pula yang menggunakan herbal satu ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi seperti sekarang ini, khususnya bagi yang memiliki sistem imun tubuh lemah.
Berikut ini beberapa penyakit lainnya yang  dapat diobati oleh biji jintan hitam:
1. Sakit kepala,
2. Sakit gigi, 
3. Flu dan hidung tersumbat.
4. Mengobati konjungtivitis atau mata merah,
5. Rematik
6. Wasir, 
7. Reaksi alergi,
8. Luka bernanah (Abses), 
9. Masalah pencernaan misalnya disentri, diare, kolik, sembelit, atau perut kembung.
10. Masalah kulit dan rambut.

Manfaat Habbatussauda Menurut Medis Modern

Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma
Mengonsumsi minyak habbatussauda dengan teratur dapat bermanfaat meningkatkan kualitas sperma cinta menunjang struktur jaringan pada organ testis sehingga menjadi lebih baik.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Menurut penelitian Shahrekord University of Medical Sciences di negara Iran, minyak yang merupakan ekstrak jintan hitam jika dikonsumsi rutin setiap hari selama 2 bulan ternyata dapat menurunkan tekanan darah bagi beberapa orang yang memiliki keluhan hipertensi ringan. Kabar baiknya tidak ada komplikasi apapun yang disebabkan jintan hitam ini terhadap kesehatan partisipan yang mengikuti penelitian tersebut.
Pil jintan hitam juga dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL (jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik) di beberapa kasus. Jintan hitam yang memiliki efek menurunkan kolesterol ini dapat muncul pada mereka yang memiliki tingkat kolesterol tinggi namun ringan dan juga beberapa pemilik kolesterol normal.

Mengatasi Gejala Diabetes Tipe 1
Minyak habbatussauda memiliki Thymoquinone (TQ) yang merupakan senyawa aktif utama. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan salah satu universitas di malaysia pada tahun 2014 terhadap tikus lab, ditemukan manfaat yang baik dari zat pada jintan hitam. Injeksi TQ dengan menggunakan dosis cukup tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes dengan tipe 1.

Kandungan pada Jintan Hitam Dapat Melawan Kanker
Habbatussauda mengandung senyawa antioksidan etanol. Zat tersebut diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker dan perkembangannya.  

Sebaiknya Dikonsumsi dengan Aturan yang Tepat
Sejumlah manfaat habbatussauda yang telah disebutkan di atas merupakan bukti ilmiah yang masih bersifat terbatas pada uji laboratorium yang cukup ketat. Uji tersebut kebanyakan dilakukan pada beberapa orang dengan juga hewan percobaan. Perlu penelitian yang lebih lanjut agar dapat mengeluarkan seluruh clean manfaat tersebut yang ditujukan kepada manusia. 
Sehubungan dengan reaksi terhadap beberapa orang berbeda-beda maka suplemen herbal tentunya tidak bisa diminum secara sembarangan. Namun untuk biji jintan hitam ini sudah banyak digunakan untuk hal lainnya pada kehidupan sehari-hari. Contohnya beberapa produk seperti shampo, sabun cair, pasta gigi, sabun cuci piring ataupun body lotion kini  memasukkan unsur habbatussauda didalamnya karena kandungan manfaatnya yang baik bagi tubuh.
Salah satunya produk sabun cair yang mengandung habbatussauda dapat mengatasi masalah kulit. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga kesehatan kulit keluarga karena manfaat habbatussauda yang terkandung dalam sabun cair tersebut dapat mengatasi beberapa masalah kulit seperti luka ringan dan juga menjaga kelembaban kulit. Untuk pemakaian luar tentunya lebih aman tanpa adanya kekhawatiran dalam penggunaan sehari-hari.  Cukup aman untuk menggunakannya dan mendapatkan manfaat jintan hitam yang baik untuk kesehatan kulit Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Berbagai Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Keluarga"

Berlangganan via Email