Panduan Memilih Sepatu Bola yang Tepat untuk Suami dan Jagoan Cilik Anda

 



Panduan Memilih Sepatu Bola yang Tepat untuk Suami dan Jagoan Cilik Anda - Peran sebagai ibu rumah tangga pada kenyataannya merupakan peran yang penting dalam sebuah keluarga. Terkadang banyak hal detail yang harus dikuasai dalam mengurus berbagai kebutuhan. Misalnya dalam memilih pakaian atau barang yang tepat bagi anggota keluarga, tentunya perlu ketelitian.

Bagi yang memiliki suami ataupun anak laki-laki penggemar olahraga sepak bola tentu harus memerhatikan pula peralatan yang digunakan di lapangan. Salah satunya adalah sepatu bola yang merupakan benda penting dalam olahraga tersebut.

Benda yang satu ini merupakan salah satu senjata yang penting dalam olahraga. Kesesuaian kaki merupakan suatu keharusan bukan hanya sekedar mementingkan tampilan semata ataupun warna yang disukai. Dengan berbagai kemudahan dalam berbelanja kini banyak produsen yang menawarkan keunggulan dan juga kecanggihan dalam menawarkan alas kaki. Harga dan kualitas yang sesuai tentu saja akan membuat pemakainya merasa nyaman saat digunakan dan juga bentuknya yang pas di kaki sehingga dapat menghindari luka.

Hal tersebut tentunya harus menjadi pertimbangan seorang ibu saat memilih alas kaki yang tepat untuk suami atau untuk sang buah hati. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu bola untuk anggota keluarga.

Usahakan Pas Tapi Tidak Terlalu Ketat

Pemakaian sepatu bola atau futsal tentunya berbeda dengan alas kaki yang digunakan sehari-hari. Oleh karena itu jangan menggunakan alas kaki untuk olahraga untuk kegiatan lain. Usahakan agar ukurannya tidak terlalu pas, Anda dapat mengukur jarak ideal punggung kaki, bagian dalam depan sepatu dan tumit. Beri jarak kurang lebih 5 mm dari ujung kaki agar tidak terlalu pas ataupun terlalu longgar.

Sepatu yang sudah terlalu lama dipakai sebaiknya tidak digunakan apalagi jika didapati sol bagian bawah mulai terkikis ataupun menipis hal ini agar terhindar dari cedera. Jika ingin membeli yang bisa dipakai dalam waktu cukup lama maka bisa memilih ukuran yang sedikit lebih besar. Gunakan kaos kaki yang lebih tebal atau pun ikatan yang lebih kuat agar tidak terlalu longgar.

Kenali Jenis Permukaan yang Berpengaruh dalam Menentukan Tapak Sepatu

Terdapat beberapa karakter permukaan berbeda pada berbagai lapangan bola diantaranya indoor, lapangan basah, kering, rumput sintetis, dan juga playwood. Untuk lapangan yang berumput terdiri dari 3 jenis studs yaitu firm ground, soft ground dan hard ground.

Studs soft ground merupakan jenis yang terbuat dari bahan kaku yaitu karbon atau besi dan berbentuk runcing disertai jumlah studs 6 buah pada sepatunya. Untuk studs hard ground terbuat dari karet lebih lunak atau plastik dengan bentuk pendek, serta jumlah studsnya 14 buah pada sepatu.

Untuk stud jenis ini biasa dipakai di lapangan indoor atau saat bermain futsal dengan kondisi lapangan yang datar dan terbuat dari kayu. Selanjutnya terdapat lapangan rumput sintetis yang kerap terlihat pada lapangan futsal yang cocok menggunakan studs dengan jenis turf. Ukuran pada turf memang lebih kecil dan terbuat  dari karet menutupi bagian sol sepatu.

Menentukan Nomor dan Ukuran Sepatu Bola

Faktor utama dalam memilih alas kaki adalah kenyamanan dan juga ukurannya. Sebaiknya pikirkan ukuran sepatu secara cermat agar tidak terlalu longgar ataupun terlalu sempit. Saat membeli sebaiknya anda menggunakan kaos kaki agar ukuran yang dipilih tepat. Apalagi biasanya kaos kaki untuk sepak bola lebih tebal dari yang digunakan sehari-hari. Para ahli mengatakan bahwa sebaiknya dilakukan pengukuran minimal sebanyak 2 kali agar lebih mudah dalam memilih sepatu.

Cek Kekuatan

Selain ukuran hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kekuatan sepatu bola tersebut. Cara termudah untuk mengetahui kekuatannya adalah dengan cara menekan ujung bagian belakang sepatu lalu perhatikan apakah kuat atau tidak. Hal ini karena bagian belakang kaki harus kokoh agar dapat menopang tumit. Biasanya dipasang bahan bantalan udara yang cukup tebal namun tetap ringan dan juga empuk pada bagian dalam sol belakang sepatu tersebut hal ini bertujuan agar bisa menahan benturan tumit saat berlari.

Perhatikan Tali Sepatu

Sepatu yang original talinya pun harus original pula cara mengetahui adalah dengan mengundurkan sedikit bahan pada tali tersebut kemudian sesuaikan dengan sepatu bola yang akan digunakan. Perhatikan pula posisi ikatan sepatu, banyak orang yang menggunakan posisi menyilang. Posisi yang satu ini disebut sebagai ikatan yang cukup kuat serta dapat menjaga kestabilan sehingga membuat pergerakan pemain menjadi lebih progresif baik saat menerima hentakan, menendang bola dan berlari

Cek Kenyamanan Saat Digunakan

Saat berada di toko untuk membeli sepatu bola sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu. Perlu ketelitian agar tidak salah memilih dan nyaman saat digunakan di lapangan. Anda dapat mencobanya dengan berlari kecil ataupun berjalan pada tempat mengukur tingkat fleksibilitas.

Sepatu untuk bermain sepak bola bukan jenis sepatu yang dapat digunakan secara multifungsi karena tingkat fleksibilitasnya berbeda. Coba tekuk bagian depan sepatu, jika dapat mencapai sepertiganya maka kualitasnya bagus.

Memilih Spull yang Baik

Bagian pull atau bagian bawah perlu diperhatikan agar lebih memudahkan saat berlari di lapangan. Beberapa merek sepatu ternama biasanya memiliki jumlah spul 11 sampai 13 buah. Untuk soul sepatu ataupun studs biasanya memiliki tiga bentuk yaitu bentuk klasik atau bulat yang dinamakan dengan moulded, screw studs dan juga model blade yang merupakan model terbaru. Setiap studs yang digunakan memiliki kegunaan tersendiri.

Logo dan Harga

Saat sudah mantap membeli sepatu bola yang dibeli pastikan bahwa barang tersebut memang asli atau original. Anda dapat mengecek dari segi kardus atau packaging produk. Lihat pula logo apparel dan juga nomor produk. Jangan hanya memperhatikan harga yang cukup murah tapi juga kualitas produk agar nyaman digunakan. Anda dapat melakukan browsing untuk mengetahui harga sepatu yang asli kemudian dibandingkan sehingga tidak mudah tertipu dengan produk abal-abal.

Perhatikan Waktu Terbaik Saat Membeli Sepatu

Penggemar sepakbola tentunya kerap membeli alas kaki yang nyaman untuk kurun waktu tertentu misalnya karena beberapa jenis lapangan yang digunakan. Pakar medis mengatakan bahwa saat melakukan aktivitas sehari-hari maka ukuran kaki dapat membesar. Ukuran yang membesar tersebut berbanding lurus dengan aktivitas olahraga yang sudah dilakukan sehingga kaki dapat berubah tanpa disadari. Maka waktu yang tepat harus diperkirakan agar sepatu yang dibeli sesuai dengan kondisi kaki terbesar.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat akan membeli sepatu bola untuk suami, anak laki-laki ataupun anggota keluarga lainnya yang membutuhkan. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut maka Anda akan lebih mudah dalam memerhatikan ukuran ataupun produk yang tepat.

Salam,

Tidak ada komentar untuk " Panduan Memilih Sepatu Bola yang Tepat untuk Suami dan Jagoan Cilik Anda"

Berlangganan via Email