Tanyakan Beberapa Hal Ini Saat Ingin Sewa Apartemen atau Membelinya



Tanyakan Beberapa Hal Ini Saat Ingin Sewa Apartemen atau Membelinya - Hunian atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Dalam memilih tempat tinggal yang baru bukanlah hal yang mudah misalnya saat akan memilih apartemen. Hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah dan harus meluangkan waktu dalam memilihnya guna menemukan tempat yang nyaman dan tepat. 
Faktor lain selain harga jual apartemen yang perlu dipertimbangkan misalnya lokasi, ukuran, jumlah kamar tidur ataupun fasilitas lainnya. Beberapa orang memerhatikan faktor lain seperti bagi yang memiliki hewan peliharaan tentunya akan memilih rumah yang pet friendly.
Faktor-faktor tersebut berdampak terhadap tingkat kepuasan akan situasi  tempat tinggal. Berikut ini beberapa pertanyaan yang diajukan saat memilih apartemen yang berhubungan dengan gaya hidup:

Bertemu dengan Banyak Orang

Saat pindah atau sewa apartemen, beberapa orang ingin bertemu banyak orang maka sebaiknya memilih apartemen yang sering mengadakan beberapa event. Event yang diadakan haruslah melibatkan semua orang di apartemen. Dengan begitu, keinginan Anda untuk bertemu banyak orang dapat terwujud. 
Acara yang dilakukan misalnya arisan bersama tetangga apartemen, kelas yoga, dan lain sebagainya. Saat ingin mulai sewa apartemen, Anda bisa bertanya kepada agen properti atau melalui media sosialnya. Dari sana Anda bisa memperoleh informasi mengenai jenis kegiatan apa yang sering dilakukan disana. 

Akses ke Tempat Kerja

Berikutnya, Anda dapat memastikan bagaimana akses menuju tempat kerja dan akses yang bisa ditempuh saat pulang bekerja. Jika Anda mengetahui dengan detail bagaimana keadaan daerah dan rute dari letak apartemen tersebut maka Anda tak perlu menanyakannya kembali. Anda perlu mengetahui kendaraan atau transportasi yang bisa sampai menuju tempat bekerja. 
Namun, Anda dapat bertanya pada agen properti yang menyewakan apartemen tersebut mengenai akses yang bisa Anda tempuh. Anda tak perlu terlalu fokus pada harga jual apartemen yang lebih rendah. Jangan sampai saat menghuninya nanti Anda akan kesulitan untuk sampai di tempat bekerja.  

Bagaimana Tingkat Keamanannya?

Salah satu hal yang perlu menjadi pertimbangan utama ialah keamanan dari lingkungan apartemen tersebut. Anda dapat bertanya langsung kepada pihak agen apartemen mengenai hal ini. Untuk alternatif lainnya, Anda juga dapat bertanya langsung kepada penghuni apartemen lainnya. 
Sewa apartemen tak hanya menyangkut urusan harga. Namun, keamanan menjadi hal yang lebih penting. Sebab, walaupun Anda sudah membayar mahal untuk sebuah apartemen maka harga tersebut tidak akan berpengaruh jika lingkungannya tidak aman. Hal ini tentu menjadi sebuah kerugian bagi Anda jika tidak mempertimbangkannya. 

Tingkat Kebisingan 

Apartemen yang dekat dengan sumber kebisingan juga harus menjadi pertanyaan dan pertimbangan sebelum memilihnya. Bila Anda tidak terbiasa dan tidak menyukai kebisingan maka Anda perlu memastikan apartemen yang dipilih jauh dari sumber kebisingan seperti jalan raya, pabrik besar, dan lain-lain. 
Harga jual apartemen yang ditawarkan perlu Anda periksa kembali bagaimana tingkat kebisingannya. Sebab, sebuah harga yang mahal tidak selalu memberikan kenyamanan dan menghindarkan kebisingan jika Anda tidak memastikannya terlebih dahulu.  

Fasilitas dan Pelayanan Umum

Hal ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan karena Anda pasti akan membutuhkan fasilitas dan pelayanan umum. Misalnya, ketersediaan ruang terbuka hijau, pusat perbelanjaan, hingga tempat pelayanan seperti Bank, ATM, atau kantor pemerintahan. Hal ini bisa Anda pastikan apakah dapat diakses atau tidak. 
Hal ini sangat perlu Anda tanyakan sebab Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu. Jika keberadaan fasilitas tersebut sulit dijangkau maka Anda akan kesulitan dalam memenuhi beberapa kebutuhan hidup Anda sehari-hari atau untuk sekedar mengisi waktu luang jika sedang libur bekerja. 

Fasilitas Keluarga

Setiap apartemen tentu memiliki berbagai fasilitas terutama fasilitas keluarga. Hal ini dikarenakan penghuni apartemen sebagian besar ialah sebuah keluarga. Saat memulai perjanjian sewa apartemen Anda bisa menanyakan fasilitas apasaja yang ada didalamnya. Misalnya kolam renang, arena bermain anak, taman, dan lain sebagainya. 
Fasilitas keluarga yang disediakan harus Anda pastikan agar Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Adanya fasilitas keluarga akan membuat Anda merasa lebih nyaman tinggal di apartemen tersebut. Sehingga, Anda tak perlu lagi pergi keluar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Keramahan Untuk Hewan

Jika Anda menyukai dan memelihara hewan peliharaan, maka Anda juga membutuhkan hunian khususnya apartemen yang ramah untuk hewan tersebut. Misalnya di apartemen tersebut terdapat area berupa taman yang dapat digunakan untuk mengajak bermain hewan peliharaan. 
Selain itu, Anda juga dapat menanyakan apakah di apartemen tersebut diizinkan untuk membawa hewan peliharaan atau tidak. Sebab, mungkin saja apartemen tersebut tidak mengizinkan karena ingin menghargai penghuni lainnya. Anda bisa menanyakannya dengan sedetail mungkin mengenai hal ini. 
Demikianlah beberapa faktor yang perlu Anda tanyakan kepada pihak agen properti atau apartemen sebelum menyewanya. Ingat, jangan langsung tergiur dengan harga jual apartemen yang ditawarkan. Periksa dan tanyakan beberapa faktor tersebut agar Anda bisa tinggal dengan lebih nyaman dan aman untuk jangka waktu yang lama

Salam,


2 komentar untuk "Tanyakan Beberapa Hal Ini Saat Ingin Sewa Apartemen atau Membelinya"

  1. Mau memiliki hunian memang perlu mempertimbangkan banyak hal. Terutama keamanan, nyaman, kebersihan, dan lokasi. Mantap informasinya Bun 😍

    BalasHapus
  2. Sip... Sip... Memang perlu teliti ya Bun...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda

Berlangganan via Email