Cara Aman Bermain Game Online dan Lebih Bermanfaat

 

Hindunnisa.com

Banyak perubahan yang terjadi di masa pandemi sekarang. Berbagai kebiasaan baru mulai terbentuk menyesuaikan dengan anjuran untuk lebih banyak di rumah dan lebih ketat menjaga kesehatan. Jika tidak ada kepentingan yang mendesak maka segala aktivitas lebih baik dilakukan di rumah. Kondisi ini menjadi PR tersendiri bagi orang tua di mana anak harus benar-benar nyaman melakukan berbagai aktivitas  di rumah saja.

Era modern dengan gadget yang semakin canggih, mau tidak mau menjadi bagian dari keseharian keluarga termasuk anak-anak. Berbicara mengenai gadget dan game, para orangtua tentunya sepakat bahwa anak-anak tidak dianjurkan untuk terlalu sering bermain game selama di rumah. Kemudahan untuk mengakses melalui internet juga memiliki peranan yang cukup penting dalam aktivitas anak bermain game.

Banyak permainan yang ada di gadget misalnya permainan petualangan aksi, puzzle, simulasi strategi bahkan edukasi. Pemilihannya harus disesuaikan dengan usia anak dan perlu pendampingan orang tua. Efek lingkungan juga berpengaruh misalnya saat anak bergaul dengan temannya. Mereka terkadang berbincang mengenai game yang dimainkan. Tentunya bagi yang belum pernah bermain dan tersebut akan merasa penasaran. Pada akhirnya anak meminta untuk download dari smartphone.

Hal seperti ini tentunya diperlukan kerjasama kedua orang tua untuk memberikan pengarahan yang bijak mengenai game untuk anak. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara aman agar anak tetap bisa bermain di smartphone, berikut perkembangan singkat game!

Perkembangan Game Hingga Sekarang

Pada tahun 2018 hingga 2019 masyarakat terutama kaum muda mulai menemukan bagaimana mudahnya bermain melalui smartphone. Saat itu resolusi sudah cukup bagus dan dapat dimainkan dengan teman meski jarak jauh. Namun sebelum itu memiliki sejarah yang panjang beriringan dengan perkembangan teknologi.

Pada awal kemunculannya, game dapat dapat dimainkan paling banyak 2 orang. Pada tahun 1950-an beberapa universitas mengembangkan game untuk pengajaran program pelatihan, penelitian dan juga demonstrasi dalam rangka hiburan untuk masyarakat. Universitas Manchester (Manchester Mark 1), Universitas Pennsylvania (EDVAC), Universitas Princeton (mesin IAS) dan Universitas Cambridge (EDSAC) merupakan awal mula video game dirilis.

Tennis For Two merupakan game pertama yang dibuat oleh William Higinbotham dan dibangun oleh Robert Dvorak. Bertempat di Bethoven National Library tahun 1958, game ini dirancang untuk menghibur masyarakat sebagai bagian dari agenda tahunan open house Brookhaven. Pada saat itu masih menggunakan komputer sistem analog tanpa rencana untuk di komersialkan.

Namun seiring dengan mudahnya media untuk bermain game, terbentuklah permainan yang lebih interaktif dan berkualitas mulai dari Nintendo, Play Station hingga kini game online dari aplikasi ataupun website. Lalu apakah bermain game online memiliki manfaat atau dampak positif untuk anak? Berikut ulasannya!

Manfaat Bermain Game Bagi Anak

Dengan manajemen waktu dan pengaturan yang baik, bermain game bisa memberi dampak positif atau manfaat diantaranya:

Menambah Aktivitas Otak

Setiap permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi tentunya melatih untuk lebih fokus agar bisa mendapatkan skor. Untuk dapat menyelesaikan misi tentunya perlu menyusun strategi sehingga otak akan mencari solusi agar menang. Dengan demikian dengan memilih game yang tepat dapat melatih kinerja otak.

Melatih Sportifitas Terhadap Lawan

Anak akan dilatih untuk siap menerima kekalahan tanpa harus putus asa. Selain itu juga dilatih untuk memenangkan permainan namun dengan rendah hati. Dengan demikian anak akan dilatih untuk bermain lebih jujur dan tertib mengikuti aturan yang berlaku.

Membiasakan Diri Anak Terbiasa Mengerjakan Lebih dari Satu Aktivitas

Diperlukan keahlian yang baik supaya sukses dalam bermain. Selain itu juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan skill yang sesuai. Kebiasaan tersebut memicu anak untuk terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan dalam waktu bersamaan. Jadi bukan hanya sekedar bermain tapi juga memberi dampak yang positif.

Mengasah Kemampuan Bekerjasama sebagai Tim 

Beberapa permainan yang dimainkan online terkadang membutuhkan kerjasama tim agar bisa memenangkan bonus. Komunikasi akan terbiasa dilatih untuk secara aktif saling membantu dan mendukung. Dengan komunikasi ini juga dapat bermanfaat saat mengatur strategi antar pemain sehingga lebih kompak.

Sebagai Sarana Menghibur Diri 

Berbagai rutinitas bisa saja membuat bosan, apalagi bagi anak yang harus di lebih banyak di rumah selama pandemi. Rasa bosan dapat memengaruhi kinerja anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu memilih beraktivitas yang berbeda seperti bermain game dapat mengembalikan semangat dan menghibur diri.

Cara Aman Bermain Game Secara Online

Setelah mengetahui manfaat bermain game online di atas, bukan hanya semata-mata untuk bermain dan anak happy. Hal lainnya adalah dapat melatih kesabaran dan secara langsung anak belajar mengontrol diri sendiri. Anak yang happy tentunya daya tahan tubuh atau imunnya pun akan semakin meningkat.

Lantas, bagaimanakah cara agar anak-anak dapat tetap bermain games tanpa adanya kekhawatiran dari orang tua? Simak beberapa cara berikut ini!

1. Pilih Game yang Sesuai Usia Anak

Bagi yang memiliki balita maka sebaiknya memiliki batasan waktu bermain game dan pilihan yang tepat. Permainan yang bersifat interaktif dan edukatif lebih disarankan misalnya mengenal angka, hewan dan lainnya. Review games-nya terlebih dahulu sebelum dimainkan. Akan lebih baik jika memilih permainan dengan kategori family.

2. Perhatikan Waktu Bermain

Orang tua perlu memberi batasan waktu yang jelas di awal. Sebelum anak bermain dengan gadgetnya, ia harus sudah mengetahui berapa lama jatah untuk bermain. Mereka harus memenuhi janjinya dan tepat waktu misalnya untuk anak 5 tahun waktunya setengah jam dalam sehari. Waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan, usia anak dan kesepakatan. Trik ini dapat mencegah anak kecanduan game pada gadget.

3. Selektif Saat Akan Memberikan Smartphone

Anda perlu mempertimbangkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anak dan usianya. Pilih parental control yang dapat memantau aktivitas internet anak. Fitur ini juga dapat mencegah dari kegiatan mendownload konten dewasa.

4. Utamakan Komunikasi dan Pendampingan

Mendampingi dan berkomunikasi dengan anak saat bermain game bisa menyelipkan pesan positif. Ajarkan ia untuk memilih konten game yang positif. Perlahan anak akan dapat menyaring mana yang baik untuk dimainkan.

Bermain Game Online Ramah Anak dan Gratis di Plays.org

Hindunnisa.com

Aplikasi game yang harus di download, terkadang membuat memori smartphone cepat penuh. Situs game online tanpa harus mendownload bisa menjadi solusi bagi yang terkendala memori terbatas. Plays.org merupakan situs free games online yang bisa menjadi pilihan bijak untuk anak. Berbagai kategori game ada di situs ini. 

Anak dapat bermain melalui tab, smartphone, laptop atau PC tanpa harus download dan tentunya menggunakan koneksi internet. Berikut ini beberapa kelebihan situs game Plays.org:

  • Tersedia ratusan game yang bisa menjadi pilihan seru untuk anak dalam berbagai kategori
  • Anak lebih leluasa bermain karena situs game online ini tidak menampilkan iklan
  • Permainan lebih beragam dan sederhana untuk dimainkan anak-anak maupun dewasa
  • Tidak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu jika ingin bermain
  • Dapat dimainkan melalui browser tanpa harus mendownload
  • Skor tinggi dari game yang telah dimainkan sebelumnya akan otomatis tersimpan.

Rekomendasi Game Pilihan Seru di Plays.org

Aliens Vs Math Practice Game 


Jika ingin memilih permainan matematika yang menyenangkan maka game ini merupakan rekomendasi yang tepat. Anak-anak akan berlatih aritmatika dengan memilih permainan seperti penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian. Jika jawaban salah maka pesawat luar angkasa milik kalian akan mengambil salah satu dari tiga sapi yang dimiliki. 

Jika pemain membuat 3 kesalahan dan kehilangan 3 ekor sapi maka akan kalah. Bilangan sapi akan berkurang jika kehabisan waktu untuk menjawab atau memasukkan jawaban angka yang benar. Jadi cara bermainnya cukup memilih permainan matematika yang diinginkan. 

Lalu menjawab sebelum waktu habis. Semakin banyak pertanyaan yang jawabannya benar maka tingkat kesulitan game akan meningkat dan poin semakin tinggi.

Complete The Sequence: Ordering Numbers Practice Game for Kindergarten

Selanjutnya game online yang direkomendasikan untuk balita. Tersedia tiga kesulitan mulai dari mudah, sedang dan juga sulit. Pemain harus memilih nomor yang hilang dengan cepat dan sesuai urutan. Jika benar maka level tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Permainan ini cocok bagi balita yang sedang belajar berhitung soal matematika dasar. Pemain cukup mencari tahu nomor yang hilang dari urutan yang tidak lengkap. Urutannya diselesaikan dengan cara meletuskan gelembung yang bertuliskan nomor sesuai pilihan.

Ben 10 Match Up: Card Matching Game


Jadi yang memiliki anak laki-laki dan menyukai kartun Ben 10 maka permainan ini adalah pilihan yang tepat. Selain menampilkan karakter kartun kesukaan anak, permainan ini juga melatih daya ingat. Caranya pun sangat mudah dan dapat diikuti anak.

Pada tampilan awal akan diterima gambar apa saja yang ada pada kartu. Selanjutnya pemain harus mencocokkan dengan kartu lain yang bergambar sama. Semakin banyak kartu yang cocok maka skor pun akan semakin tinggi.

Barbie You Can Be a Chef Cooking Game for Kids

Kali ini permainan bagi princess kesayangan Anda. Barbie membuka restoran baru di Malibu dan mencari koki baru untuk restorannya. Pemain perlu memilih desain busana koki lalu mengambil resep yang harus cepat diselesaikan. Jika bekerja dengan baik maka bisa menjadi kepala koki di restoran.

Virus Attack: Level Splitting Logic Puzzle

Brainy, Sang Pahlawan melakukan perjalanan fantastis ke tubuh manusia untuk menghentikan segerombolan virus yang menjadi penyebab penyakit. Bantu dia untuk dapat menghindari virus sambil menyembuhkan tubuh dan menangkis virusnya. Caranya dengan menandai bagian dari lapangan bermain untuk menyembuhkan.

Jika terdapat kuman kecil yang terperangkap di belakang area yang disembuhkan, mereka akan binasa. Cara bermain gamenya dengan jangan membiarkan kuman menyentuh pemain atau bisa kehilangan nyawa. Perlu teliti agar dapat menghentikan virus sekaligus menghindarinya.

Itulah cara aman bermain game online untuk anak dan manfaat yang bisa didapatkan. Dengan cara yang tepat dan permainan yang sesuai maka akan memberi dampak positif. Namun tetap yang menjadi poin penting harus memerhatikan berapa lama waktu dengan gadget. Terapkan aturan bijak untuk anak untuk masa depannya kelak.

16 komentar untuk "Cara Aman Bermain Game Online dan Lebih Bermanfaat"

  1. Saya juga suka main game Plays.org bareng anak. Saya milih game edukasi anak biar bisa sekalian belajar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, enak ya belajar tapi anak fun gitu... Udah gitu banyak pula pilihannya

      Hapus
  2. Pastinya sebagai orang tua mesti memilih download aplikasi game yang tepat ya kak,biar ada unsur edukasinya.
    Jadi sekaligus mengasah otak anak bukan semata mata untuk bermain aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jika tepat maka bisa jadi edukasi buat anak dengan cara yang fun :)

      Hapus
  3. Aku dan anak juga main game online di plays.org karena enak nggak usah download dan games nya banyak banget sampe pusing milihnya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Iya nih ibunya juga jadi pengen ikut maen ya...

      Hapus
  4. Duhh.. baca postingan ini jadi pengen main ke Plays.org setelah semingguan ngedit 150 halaman. :) Kuy lahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skuy Bun... Biar agak fresh lagi buat ngeditnya :)

      Hapus
  5. Game online memang buat candu kak. Hehhee. Saya aja kadang kalau uda free, bermain game online. Abisnya seru tapi ya buat lupa waktu jg hhehehe

    BalasHapus
  6. Main game di play.org emang asyik

    Biasanya males main game bila lambat, tapi disini lumayan gak lemot

    Pilihan gamenya juga banyak, seru !

    BalasHapus
  7. game online sekarang bisa jadi cara asyik tuk mengajari anak belajar berhitung maupun membaca, yang penting didampingi, pasti bisa apalagi di Plays.org buanyaaakkk banget pilihannya.
    anak-anakku jugaa suka main disini, apalagi emaknya hihih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tentunya dengan memerhatikan waktu ya :)

      Hapus
  8. Bener banget Mbak, main game memang bikin hiburan dan nambah semangat, tapi sebaiknya memang dengan waktu yang terukur ga berlebihan.

    Penasaran sama plays.org karena jenis gamenya bervariasi banget, mau coba untuk anak ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa download, jadinya aman untuk penyimpanan memori hp he

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda