Inilah Penyebab Psoriasis kulit kepala yang Harus di Waspadai

 

Hindunnisa.com

Menghindari berbagai masalah seperti psoriasis kulit kepala seringkali menjadi hal yang diprioritaskan oleh berbagai kalangan. Masalah kulit kepala memang menjadi masalah sensitif bagi sebagian kalangan terutama kaum wanita.

Ada berbagai jenis masalah yang bisa terjadi pada kulit kepala mulai dari ketombe dan psoriasis. Penyakit ini termasuk salah satu masalah kulit kepala yang cukup mengganggu kenyamanan dan berpotensi menimbulkan kondisi yang parah sehingga sangat penting untuk Anda mengenal penyakit ini dengan baik.

Apa itu Psoriasis ?

Anda mungkin telah mengenal berbagai masalah rambut dan kulit kepala seperti ketombe, rambut rontok, hingga rambut bercabang. Namun pernahkah Anda mengenal psoriasis ? Psoriasis sendiri merupakan sebuah penyakit kulit yang bisa menyerang di berbagai bagian tubuh seperti lutut, luar siku, kuku, hingga kulit kepala.

Psoriasis sendiri merupakan penyakit yang membuat kulit Anda menebal dan bersisik serta memiliki warna merah. Saat menyerang kulit kepala, penyakit ini bisa membuat kulit kepala Anda kering serta menimbulkan efek gatal.

Karena kedua efek yang ditimbulkan oleh psoriasis, banyak kalangan yang sering salah mengira psoriasis sebagai ketombe. Gejala psoriasis dan ketombe memang cukup mirip sehingga tidak heran banyak kalangan yang salah memahami kedua gejala gangguan kulit kepala ini.

Kenali Penyebab Psoriasis 

Lantas apa yang menyebabkan penyakit psoriasis kulit kepala ini ? Hingga saat ini, penyebab utama dari psoriasis masih belum ditemukan dan dijabarkan dengan jelas. Namun berdasarkan berbagai penelitian ditemukan bahwa gangguan imun tubuh menjadi penyebab psoriasis yang cukup besar.

Saat imun tubuh seseorang terganggu karena berbagai hal seperti stres, obesitas, kebiasaan hidup tidak sehat hingga infeksi virus, potensi munculnya penyakit psoriasis pada kulit kepala sangat mungkin terjadi. Beberapa faktor lain seperti efek samping obat dan faktor keturunan juga diyakini menjadi beberapa hal yang turut memicu timbulnya penyakit ini.

Waspada Gejala Psoriasis

Mengenal gejala dari sebuah penyakit jauh sebelum penyakit tersebut dialami tentu bisa menjadi salah satu hal yang bisa membantu proses pencegahan penyakit termasuk psoriasis. Ada beberapa tanda atau gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kulit ini diantaranya :

  • Kulit kepala menebal
  • Kulit kepala memerah
  • Kulit kepala bersisik
  • Timbul rasa gatal pada kulit kepala
  • Kulit kepala terasa sakit
  • Timbul rasa panas pada kulit kepala

Gejala-gejala psoriasis kulit kepala ini juga seringkali timbul bersamaan bukan hanya pada kulit kepala namun juga pada bagian tubuh lain seperti dahi, belakang leher, area telinga, siku, dan lutut. Gejala atau tanda yang dimiliki oleh psoriasis seringkali disamakan dengan gejala ketombe namun sebenarnya memiliki perbedaan yang mencolok terutama dari gejala sakit dan panas yang ada.D

Dampak Penyakit Psoriasis

Pada dasarnya ada beberapa dampak yang ditimbulkan oleh penyakit psoriasis. Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa psoriasis ditunjukkan dengan adanya gejala panas dan gatal pada kulit kepala. Pasalnya rasa gatal yang ditimbulkan oleh psoriasis ini cukup sulit untuk dikendalikan sehingga Anda harus siap menahan gatal dan panas yang dirasakan.

Jika kulit kepala Anda terus digaruk, maka kulit kepala Anda bisa terluka dan menimbulkan infeksi kulit. Selain itu karena seringnya Anda menggaruk kulit kepala, maka bisa saja rambut Anda ikut tercabut hingga mengalami kerontokan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena efek rambut rontok ini hanya bersifat sementara sehingga tidak terlalu merugikan Anda.

Jenis Pengobatan Psoriasis yang Disarankan

Saat Anda mulai merasakan gejala psoriasis pada bagian tubuh Anda terutama kulit kepala, sangat disarankan untuk segera menemui dokter kulit. Hal ini tidak lain agar Anda bisa segera mendapat penanganan. Semakin lama Anda menunda pengobatan, maka penyakit psoriasis ini akan semakin cepat menyebar.

Proses pengobatan psoriasis juga cukup memakan waktu dan cenderung menimbulkan efek yang berbeda pada setiap orang. Beberapa kalangan ada yang langsung menemukan obat yang cocok dengan tubuhnya, namun ada juga yang harus mencoba beberapa metode pengobatan untuk mendapatkan obat yang cocok.

Ada beberapa jenis pengobatan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis kulit kepala ini diantaranya :

Pengobatan Alami

Jenis pengobatan pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit kulit ini adalah dengan sistem pengobatan alami. Pengobatan alami sendiri merupakan proses penyembuhan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan dilakukan sendiri tanpa bantuan petugas medis.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati psoriasis diantaranya :

  • Soda kue
  • Minyak kelapa
  • Cuka apel
  • Lidah buaya
  • Kunyit

Bahan-bahan alami tersebut merupakan bahan yang cukup mudah ditemukan di lingkungan masyarakat, sehingga tentu Anda tidak akan kesulitan saat membutuhkannya. Anda hanya perlu mengoleskannya ke kulit kepala yang mengalami psoriasis secara berkala hingga kulit kepala Anda sembuh.

Namun perlu diingat bahwa pengobatan alami membutuhkan waktu lebih panjang dari pengobatan medis menggunakan bahan kimia sehingga Anda harus lebih sabar selama menggunakan bahan alami tersebut. Jika Anda terburu-buru dan tidak telaten menggunakan bahan alami tersebut, maka proses pengobatan tersebut tidak akan berjalan maksimal.

Pengobatan Medis

Mayoritas masyarakat saat ini seringkali enggan menggunakan obat alami untuk mengobati penyakit yang diderita. Selain obat alami, Anda juga bisa memilih melakukan pengobatan medis dengan menemui dokter kulit untuk mengobati psoriasis Anda.

Saat Anda menggunakan cara pengobatan medis melalui dokter kulit, ada beberapa metode yang sering digunakan yaitu injeksi dan oral. Metode injeksi dilakukan dengan menyuntikkan obat dengan kandungan tertentu ke dalam tubuh dengan tujuan untuk meredakan gejala psoriasis yang dialami.

Metode oral sendiri merupakan metode pengobatan dengan cara meminum obat medis yang diresepkan oleh dokter. Ada beberapa jenis kandungan obat yang biasanya diresepkan untuk mengobati psoriasis diantaranya anthralin, retinoid, cyclosporine, tazarotene, dan lain sebagainya.

Setiap pasien penderita psoriasis kulit kepala tentu memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, sehingga jenis pengobatan yang digunakan oleh dokter juga menyesuaikan dengan kondisi tubuh pasien. Meski sebenarnya jenis obat oral tersebut juga bisa ditemukan secara bebas di apotik, namun sangat disarankan agar proses pengobatan tetap dilakukan berdasarkan konsultasi dan resep dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit psoriasis yang menyerang kulit kepala. Penyakit ini seringkali menyebar dengan cukup cepat di kulit kepala sehingga Anda harus cepat mengambil tindakan dengan mengobatinya sendiri atau mendatangi dokter kulit.

Proses pengobatan psoriasis juga dikenal seringkali menghabiskan waktu yang panjang sehingga sangat disarankan untuk segera melakukan pengobatan sebelum gejala psoriasis semakin parah. Beruntungnya penyakit ini bersifat tidak menular sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi lingkungan sekitar saat mengalami penyakit ini.

Psoriasis kulit kepala juga bisa diobati dengan berbagai cara mulai dari menggunakan shampoo dan produk perawatan kulit kepala khusus untuk psoriasis. Mengetahui informasi mengenai psoriasis bisa menjadi cara yang tepat untuk mencegah penyakit kulit ini menyerang Anda dan keluarga.