Pilih Beli atau Sewa Apartemen ? Yuk Teliti Lebih Dalam bersama Apartemen123

 

Hindunnisa.com

Tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Bandung menjadi salah satu target berbagai kalangan. Ada yang memilih sewa apartemen karena ingin memiliki tempat tinggal yang layak di kota besar.

Saat Anda memilih untuk pindah ke kota besar, maka tentu Anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Hampir setiap kota besar di Indonesia telah dipenuhi oleh gedung bertingkat dengan jenis rumah yang berbeda dengan lingkungan pedesaan.

Lingkungan atau wilayah pemukiman yang sudah tidak sama dengan wilayah pedesaan membuat jenis rumah apartemen banyak dipilih. Rumah apartemen memiliki berbagai tipe sehingga Anda tetap bisa memilih sesuai dengan selera dan kemampuan.

Saat Anda ingin tinggal di rumah apartemen, Anda memiliki 2 pilihan yaitu membeli atau sewa apartemen. Pilihan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk rumah apartemen saja namun juga berlaku saat Anda ingin tinggal di rumah biasa.

Saat Anda pindah ke kota besar maka Anda tentu harus memiliki impian yang besar bukan hanya sekedar tinggal dirumah sederhana saja. Anda bisa langsung tinggal di rumah apartemen dengan cara yang mudah yaitu menyewa apartemen.

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa tinggal di rumah apartemen membutuhkan biaya yang tinggi serta sulit untuk dilakukan. Namun sebenarnya tinggal di rumah apartemen bisa diwujudkan dengan mudah.

Keunggulan Sewa Apartemen

Salah satu hal yang membuat banyak kalangan ragu untuk tinggal di apartemen adalah anggapan bahwa rumah apartemen hanya bisa ditinggali dengan cara dibeli. Namun sebenarnya pemikiran ini merupakan pemikiran yang salah.

Di zaman serba modern seperti saat ini, masyarakat sudah bisa memiliki pilihan lain selain membeli apartemen jika ingin tinggal di sebuah apartemen. Anda bisa menyewa apartemen melalui situs apartemen.

Meski pilihan menyewa apartemen sudah bisa dilakukan, namun beberapa kalangan masih belum yakin karena belum mengenal metode ini dengan baik. Ada beberapa keunggulan yang bisa diperoleh jika Anda menyewa sebuah apartemen diantaranya :

Biaya Lebih Ringan

Keunggulan memilih metode penyewaan sebuah apartemen pertama yang sangat kentara adalah Anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih ringan. Biaya sewa tentu lebih ringan dibandingkan jika Anda harus membeli sebuah apartemen.

Dengan menyewa apartemen, Anda bahkan bisa menghemat lebih dari 50% dana yang biasa digunakan untuk membeli apartemen. Anda tentu bisa menggunakan sisa alokasi dana yang dimiliki untuk kebutuhan lain seperti membeli perabotan.

Sistem Pembayaran yang Cukup Banyak

Selain total biaya yang lebih ringan, proses penyewaan apartemen juga biasanya bisa dilakukan dengan berbagai sistem pembayaran yang beragam. Mulai dari per bulan, pertiga bulan, hingga pertahun bisa diberlakukan sesuai dengan kesepakatan.

Hal ini tentu jauh lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda membeli sebuah apartemen. Proses atau sistem pembayaran pembelian apartemen biasanya hanya tersedia dalam dua pilihan yaitu cash atau kredit.

Beberapa apartemen juga seringkali disewakan dengan sistem pembayaran kredit yang sama seperti saat Anda membeli apartemen. Pilihan pembayaran yang beragam bisa sangat mempermudah Anda untuk mendapat tempat tinggal yang lebih baik.

Rumah Lengkap dengan Perabotan

Keunggulan lain dari menyewa apartemen adalah perlengkapan perabotan yang ada di dalam apartemen. Banyak apartemen yang disewakan akan otomatis disewakan  lengkap dengan perabotan yang ada di dalamnya.

Hal ini menjadi salah satu keunggulan karena dinilai mempermudah penyewa apartemen agar tidak perlu mencari perabotan sendiri. Keunggulan ini juga dinilai membantu para karyawan yang harus menyewa apartemen demi bertahan hidup.

Kekurangan Sewa Apartemen

Untuk bisa yakin sebelum menyewa apartemen, alangkah lebih baiknya jika Anda juga mengetahui kekurangan dari sistem sewa apartemen ini. Kekurangan ini bisa menjadi gambaran serta patokan untuk memperbaiki apartemen Anda.

Lantas apa saja kekurangan dari sistem apartemen ? Beberapa kekurangan dari sistem penyewaan apartemen diantaranya :

  • Apartemen tidak menjadi hak milik
  • Adanya potensi pembayaran denda jika melanggar kesepakatan
  • Pilihan tipe apartemen terbatas
  • Besaran dana yang dikeluarkan bisa membengkak jika apartemen yang dipilih tanpa perabotan
  • Sistem penyewaan bersifat mengikat

Kekurangan-kekurangan ini pada dasarnya hanya perlu dijadikan sebagai patokan dan gambaran agar Anda tidak mengalami kerugian. Pada dasarnya kekurangan dari sistem penyewaan apartemen ini tidak akan memberikan kerugian yang terlalu besar.

Anda hanya perlu memperhatikan berbagai hal penting dalam proses kesepakatan penyewaan apartemen tersebut. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka tentu Anda bisa menghindari kerugian-kerugian tersebut.

Tips Menyewa Apartemen

Dibandingkan dengan membeli apartemen, menyewa apartemen memang memiliki keuntungan yang jauh lebih banyak. Sistem ini lebih menguntungkan terutama bagi Anda yang berstatus karyawan.

Agar tidak terjadi kesalahan dan menimbulkan kerugian, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam proses penyewaan apartemen. Beberapa tips dalam proses penyewaan apartemen tersebut diantaranya :

Pilih Vendor yang Berkualitas

Tips pertama yang perlu diperhatikan saat Anda memilih untuk menyewa apartemen adalah kualitas dari vendor yang digunakan. Hampir setiap proses penyewaan apartemen di kota besar menggunakan vendor untuk membantu proses tersebut.

Anda bisa menggunakan situs apartemen terpercaya untuk menangani proses penyewaan apartemen yang Anda butuhkan. Situs terpercaya tersebut biasanya telah memiliki team khusus berkualitas tinggi yang akan membantu Anda.

Dengan memilih vendor yang berkualitas tinggi, Anda tentu akan mendapatkan pelayanan yang maksimal. Layanan yang diberikan mulai dari konsultasi anggaran hingga survei lokasi diberikan dengan berbagai pertimbangan yang teliti.

Vendor yang memiliki kualitas tinggi juga akan membantu Anda untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan antara Anda dengan pemilik apartemen. Dengan menggunakan vendor yang tepat, proses penyewaan Anda bisa berjalan lancar.

Sesuaikan Apartemen dengan Anggaran

Tips yang cukup penting dalam proses penyewaan apartemen adalah menyesuaikan anggaran yang dimiliki dengan apartemen yang dipilih. Pastikan untuk tidak memaksakan diri memilih tipe apartemen yang mewah.

Meski Anda hanya perlu membayar untuk masa sewa 1 tahun, namun bukan berarti Anda bisa menyiapkan uang yang Anda miliki untuk tipe apartemen yang di luar kebutuhan. Pilihlah tipe apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda membutuhkan apartemen untuk tinggal sendiri maka jenis apartemen studio juga cukup untuk disewa. Jika Anda telah berkeluarga, maka pertimbangkanlah luas apartemen dan jumlah ruangan yang ada.

Pastikan Anda menyesuaikan kebutuhan rumah Anda dengan anggaran yang dimiliki agar proses penyewaan tidak terkesan pemborosan. Anda bahkan bisa menyewa apartemen dengan harga yang lebih ringan jika memilih apartemen semi furnish.

Membeli Vs Menyewa Apartemen, Mana yang Lebih Direkomendasikan ?

Meski mengetahui kelebihan dan kekurangan proses penyewaan apartemen, namun tentu Anda juga masih mempertimbangkan apakah harus membeli apartemen. Hal ini akan menjadi pertimbangan utama jika Anda berencana tinggal lama di kota tersebut.

Memiliki apartemen pribadi juga dinilai menjadi salah satu investasi yang tepat. Anda juga akan mendapatkan hak milik penuh atas rumah apartemen tersebut jika Anda membeli apartemen tersebut.

Lantas setelah membahas kelebihan dan kekurangan sewa apartemen, mana yang lebih direkomendasikan antara sewa dan beli apartemen ? Pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut saat mempertimbangkannya.

Perhatikan Kondisi Keuangan yang Dimiliki

Hal pertama yang harus diperhatikan saat Anda mempertimbangkan untuk menyewa atau membeli apartemen adalah kondisi keuangan yang Anda miliki. Pastikan Anda memahami kondisi keuangan Anda di masa depan saat mempertimbangkan hal ini.

Meski Anda memiliki anggaran yang cukup besar, pertimbangkan dengan matang apakah anggaran tersebut lebih baik dialokasikan untuk hal lain atau tidak. Dengan anggaran yang besar, Anda bahkan bisa menyewa apartemen dan menabung.

Jika Anda memiliki rencana masa depan yang jelas, Anda bahkan bisa menggunakan anggaran sisa sewa untuk mewujudkan rencana hidup Anda yang lain. Pastikan Anda menyusun rencana hidup Anda dengan pasti agar bisa mempertimbangkan hal ini.

Jika Anda merasa prospek keuangan Anda di masa depan tidak pasti, maka membeli apartemen merupakan hal yang direkomendasikan. Namun jika Anda yakin bisa membayar biaya sewa yang lama maka menyewa apartemen menjadi pilihan yang tepat.

Pertimbangkan Rencana Masa Tinggal

Saat mempertimbangkan apakah akan membeli atau menyewa apartemen, Anda harus memperhatikan rencana masa tinggal yang dimiliki. Hal ini merupakan hal yang cukup penting dan mampu memberikan pengaruh yang sangat besar.

Jika Anda belum mengetahui berapa lama akan menempati apartemen tersebut maka menyewa apartemen bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Hal ini berbanding terbalik jika Anda berencana tinggal lama di apartemen tersebut.

Jika Anda akan tinggal di apartemen tersebut untuk waktu yang lama maka tentu membeli apartemen tersebut merupakan pilihan yang tepat. Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki status apapun baik dalam pekerjaan maupun berkeluarga.

Jangan sampai Anda harus pindah dari apartemen Anda setelah membelinya padahal Anda baru menempatinya selama beberapa bulan. Jika Anda menyewa apartemen, tidak terlalu sulit memaksakan diri tinggal untuk beradaptasi di apartemen tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat sedang mempertimbangkan untuk menyewa atau membeli apartemen. Jika Anda merasa bingung, Anda juga bisa berkonsultasi melalui situs apartemen terpercaya.

Situs terpercaya seperti apartemen123 seringkali memberikan sesi konsultasi kepada calon kliennya agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Melalui konsultasi ini Anda bisa meminta saran yang tepat sebelum mengambil keputusan.

Team yang tersedia dalam situs tersebut akan memberikan berbagai rekomendasi solusi sesuai dengan permasalahan yang Anda miliki. Berbagai pandangan akan diutarakan sesuai dengan kondisi Anda untuk menemukan solusi terbaik.

Pada dasarnya, menyewa apartemen jauh lebih direkomendasikan dibandingkan dengan membeli apartemen karena berbagai alasan. Salah satu alasan tersebut adalah seringnya ada ketidakcocokan lingkungan selama masa tinggal di sebuah apartemen.

Dengan menyewa apartemen maka tentu Anda bisa segera pindah dari lingkungan apartemen yang tidak nyaman setelah masa sewa berakhir. Hal ini tentu berbeda jika Anda telah membeli apartemen tersebut.

Sebaliknya, beberapa pemilik apartemen seringkali menawarkan penyewanya untuk membeli apartemen tersebut setelah masa sewa berakhir. Hal ini biasanya akan ditawarkan jika penyewa merasa cocok dengan lingkungan apartemen tersebut.

Namun tentu sangat disarankan untuk melakukan proses penyewaan apartemen melalui vendor dan situs apartemen yang terpercaya. Dengan memilih situs dan vendor yang tepat, maka Anda bisa tinggal di apartemen dengan nyaman.

Tidak ada komentar untuk "Pilih Beli atau Sewa Apartemen ? Yuk Teliti Lebih Dalam bersama Apartemen123"