7 Tips Tidur Pulas saat Naik Kereta Api, Nyenyak Sampai Destinasi

Hindunnisa.com
               

Hindunnisa.com - Dari banyaknya jenis alat transportasi yang ada, kereta api jadi salah satu favorit yang banyak dipilih. Bukan tanpa alasan, kereta api menyuguhkan beragam daya tarik yang membuat penumpang jadi kian betah. Mulai dari terbebas dari macet, bisa menikmati pemandangan lebih leluasa, serta berbagai fasilitas dalam kereta api yang ditujukan agar penumpang semakin merasa nyaman. 

Harga dari tiket kereta api pun juga lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat. Misalnya saja harga tiket kereta Bandung Jogja di Traveloka Lifestyle SuperApp mulai dari 100 ribuan, sementara jika naik pesawat mulai dari 400 ribuan. Tapi memang, waktu tempuh naik kereta lebih lama dibanding pesawat. Namun jika dihabiskan untuk tidur, perjalanan tidak akan terasa lama.

Sayangnya, tidak sedikit orang mengalami susah tidur saat naik kereta api. Bisa karena suaranya yang cukup bising sampai dengan getarannya yang cukup mengganggu. Namun dengan berbagai trik dan tips di bawah ini, kamu bisa tidur dengan lebih cepat dan pulas meski naik kereta jarak jauh.

Pesan Kursi Dekat Jendela

Hindunnisa.com


Salah satu posisi yang paling enak untuk tidur adalah kursi dekat jendela. Kamu bisa memiringkan kepala ke dinding jendela. Tidak memakai bantal pun juga tidak masalah sama sekali. Selain nyaman jadi tempat tidur, di posisi dekat jendela juga akan membuatmu lebih leluasa menikmati pemandangan.

Duduk di dekat jendela juga memudahkan kamu untuk membuka atau menutup tirai. Ditambah lagi, jika kamu memiliki tubuh yang besar, duduk di dekat jendela akan lebih aman dibandingkan dekat lorong. Kemungkinan ditabrak atau disenggol orang lain lebih bisa diminimalisir.

Bawa Bantal Leher

Supaya bisa tidur nyaman saat berada di alat transportasi, salah satu barang yang wajib kamu bawa adalah bantal leher. Kondisi kursi yang kaku akan membuat tidur jadi kurang nyaman dan leher terasa sakit, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, sangat disarankan bawa bantal leher.

Namun, pastikan kamu memilih bantal leher dengan ukuran yang pas, tidak kebesaran atau kekecilan. Selain itu, pilih bantal leher dari bahan yang empuk, jangan yang keras karena bisa menyebabkan leher kaku.

Pakai Penutup Mata Jika Perlu

Paparan sinar matahari bisa membuat melatonin atau hormon pengatur tidur jadi terganggu. Jika begitu masalahnya, kamu bisa memilih untuk pakai penutup mata. Jika tidak membawanya, bisa disiasati dengan selendang, kerudung, topi, dan lain sebagainya. Pun juga dengan cahaya dari gadget, kamu perlu meredupkannya supaya bisa cepat tertidur.

Kenakan Baju yang Hangat

Berbagai kelas kereta api, bahkan yang ekonomi sekali pun sekarang sudah diberi fasilitas AC. Hal ini tentunya dapat menunjang rasa nyaman meskipun saat cuaca sedang terik, namun, pada malam hari bisa membuat tubuh menggigil. Karena itulah, sangat disarankan untuk mengenakan baju yang hangat dan nyaman.

Tidak hanya baju saja, pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman. Apabila kamu menggunakan sepatu, jangan lupa untuk melonggarkan sepatu, hindari menggunakan sepatu yang berbahan keras. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kaki jadi bengkak. Sangat tidak nyaman sekali, bukan?

Simpan Barang di Tempat Aman

Salah satu alasan kenapa kamu susah tidur bisa jadi karena khawatir jika barang-barang akan raib saat sedang nyenyak-nyenyaknya. Jangan khawatir, sekarang ini hampir semua kereta api sudah dilengkapi dengan kamera CCTV, karena itulah pastikan saja kamu menyimpan barang-barang di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

Jika dirasa ada tas orang lain yang mirip dengan milikmu, kamu bisa memangkunya saja saat tidur. Itu bisa dilakukan jika tas yang dimiliki ukurannya kecil. Sementara jika ukurannya besar, bisa juga diletakkan di bawah tempat duduk atau di tempat-tempat yang sekiranya aman.

Usahakan Perut Kenyang

Perut yang lapar akan membuat kamu susah tidur, karena dalam kondisi itu otak akan sangat waspada karena tubuh sedang defisit energi. Maka dari itu, usahakan untuk makan yang kenyang sebelum naik kereta api. Jika tidak sempat makan di rumah, kamu bisa membelinya di dalam kereta.

Untuk perjalanan jarak jauh, jangan lupa untuk membawa bekal atau camilan supaya tubuh tetap kenyang saat di perjalanan. Tidak hanya menyebabkan susah tidur, perut yang kosong juga gampang membuat masuk angin. Jika sudah demikian, jalan-jalan akan terasa melelahkan. 

Pilih Playlist Lagu yang Nyaman Saat Tidur

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih berbagai playlist dengan beat pelan yang nyaman untuk tidur. Bisa lagu-lagu bernada pelan, suara hujan, dan lain sebagainya. Kamu bisa menyiapkannya dari rumah dan dimasukkan ke dalam playlist

Kamu juga dapat menyetel berbagai podcast favorit atau berselancar di dunia maya selama di dalam kereta.  Satu lagi, jangan lupa untuk menyalakan alarm di ponsel supaya tidak terlewat di stasiun pemberhentian. Karena tidak jarang saking nyenyaknya, kamu bisa saja tidak mendengar pengumuman. Semoga perjalananmu menyenangkan ya!



14 komentar untuk "7 Tips Tidur Pulas saat Naik Kereta Api, Nyenyak Sampai Destinasi"

  1. MasyaaAllah, aku pun boleh dibilang train enthusiast mbaa
    Semoga kenyamanan naik kereta api ini bisa dirasakan semua rakyat Indonesia di mana pun berada ya (seperti di negeri sakura) hehe aamiin

    BalasHapus
  2. Lama sekali gak naik kereta lagi semanjak ke Gorontalo tahun 2015. Karena di sini gak ada kereta hehe.

    Terima kasih tipnsya saya juga biasanya kalo naik mobil gak bawa bantal kepala padahal sering bepergian. Harus masuk daftar list untuk dibeli nih. Hehe

    BalasHapus
  3. Jadi kangen naik kereta lagi. 💞👍😊

    BalasHapus
  4. jadi ingat waktu pertama kali naik kereta api dari Bandung ke Jogja, waktu itu berangkatnya malam, jadilah dipakai tidur aja, heheh
    pakai kereta emang lebih murah, nyaman juga kok :)

    BalasHapus
  5. Semuanyaaa aku setuju! Bahkan artikel ini bisa dipakai bukan hanya sebagai tips tidur, tapi juga tips nyaman di kereta

    BalasHapus
  6. Baca ini jadi kangen naik kereta luar kota deh soalnya dulu ke jogja naik kereta dari Bandung malam, pagi udah nyampe, tidur aja ga kerasa nyampe deh langsung jalan-jalan btw dulu juga pesan di Traveloka semoga nanti bisa ke jogja lagi bawa keluarga liburan yay

    BalasHapus
  7. Laily Fitriani24 Feb 2022 00.11.00

    Suka banget daku naik kereta Mbak. Memang sih susah tidur karena mikirin barang-barang ya? tapi klo berkereta hanay beberapa jam saja ndak sempat tidur Mbak.

    BalasHapus
  8. Belum pernah naik kereta api hiks tapi semoga tipsnya bisa sy aplikasikan nanti.y

    BalasHapus
  9. Boleh jiga nih tipsnya. Saya pribadi sebenarnya belum pernah naik kereta api karena transportasi ini belum ada di daerah tempat tinggal saya. Tapi yah semoga suatu hari bisa naik kereta api dan menerapkan tips yang diulas di atas

    BalasHapus
  10. Mnurut saya masalah utama naik KA jarak jauh adalah selonjoran. Kalo naik ekonomi yang rangkaian KA nya model lama, lutut ketemu lutut, nah ini...solusinya....upgrade ke kelas atas kali ya...kan pake Traveloka banyak diskon he he

    BalasHapus
  11. sudah lama banget nggak naik kereta api. terakhir kalau nggak salah tahun 2010. jadi ingat juga pas aku waktu kecil naik kereta api dari surabaya ke bandung tidurnya di lantai coba. haha

    BalasHapus
  12. Bermanfaat sekali tipsnya,kalo aku biasanya sengaja gak tidur kak,karena jarang2 dapet pemandangan bagus,hehe. Atau biasanya aku kalo dah ngantuk suka otomatis tdr karena menurutku kalo naik kerrta kaya diayun ayun.

    BalasHapus
  13. Wah.. tips bagus buat saya yang naik kereta sekalipun tetap mabuk🤭. Terimakasih mbak🙏

    BalasHapus
  14. Walaupun belum pernah naik kereta rapi boleh nih simpan tipsnya dlu siapa tau nanti ada kesempatan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda