Cara Membuat Hand Sanitizer Alami di Rumah yang Aman untuk Keluarga

hindunnisa.com


Virus Corona menyebar hampir ke seluruh dunia. Banyak negara yang menganjurkan masyarakat memperketat protokol kesehatan. Permintaan masker pun meningkat tajam dan cara membuat hand sanitizer alami di rumah bisa menjadi solusi yang aman untuk keluarga.

Kedua benda ini menjadi salah satu upaya untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri virus termasuk juga virus Corona yang sedang mewabah. Pada Februari 2022,  Covid-19 varian omicron menjadi perbincangan hangat. Kabar ini tentunya meningkatkan kewaspadaan khususnya bagi orang tua yang memiliki anak-anak.

Penggunaan Hand Sanitizer yang Tepat

Mencuci tangan merupakan salah satu anjuran yang yang dinilai bisa mengurangi terjangkitnya virus. Masyarakat lebih memilih pembersih tangan yang praktis seperti hand sanitizer. Benda yang satu ini dinilai dapat mengurangi infeksi tangan serta efektif membunuh kuman.

Menggunakan hand sanitizer merupakan salah satu alternatif yang tepat jika sulit menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan. Dilansir dari website merdeka,  University of California Davis melakukan penelitian tentang penggunaan bahan kimia dalam hand sanitizer. Kepanjangan hasilnya dinilai beresiko menyebabkan gangguan fungsi otot kerangka dan juga pada jantung manusia.

Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer Alami di Rumah

Alkohol yang terdapat di dalamnya juga dipercaya dapat meningkatkan resistensi bakteri. Jika terlalu sering maka bisa menyebabkan kulit lebih sensitif atau kering. Selain itu juga sempat terjadi kelangkaan di pasaran karena banyaknya yang membutuhkan.

Cara membuat hand sanitizer alami di rumah bisa menjadi salah satu solusi yang tepat agar bisa lebih aman. Bahan yang digunakan tentunya aman dan juga mudah didapatkan. Berikut ini bahan yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri!

1. Cuka Putih

Jika biasanya yang bisa dimanfaatkan untuk menambah rasa makanan ternyata juga bisa membersihkan. Cuka putih dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka. Banyak yang menggunakan bahan satu ini untuk membuat kutil tubuh lepas dengan cara mengoleskannya. Campuran sederhana dari cuka dengan sedikit air dapat digunakan untuk menjaga kebersihan seperti perabotan dan untuk hand sanitizer. Agar kualitasnya tetap terjaga sebaiknya disimpan dalam kulkas.

2. Lemon

Cara membuat hand sanitizer alami di rumah selanjutnya menggunakan bahan lemon. Sifat asam memiliki fungsi anti bakteri yang dapat membantu menjaga kebersihan tangan. Jika dicampurkan dengan garam maka asam dari lemon akan menimbulkan reaksi meningkatkan ion bebas hidrogen. Campurkan air perasan lemon dan sedikit air seperti cara sebelumnya yang alami.

3. Minyak Essensial Jeruk

Selanjutnya minyak esensial jeruk yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiseptik. Minyak ini dapat meregenerasi sel-sel kulit tangan sehingga senantiasa lembut dan tenang karena merupakan antioksidan alami.

4. Minyak Esensial Lavender

Minyak yang satu ini memiliki khasiat sebagai anti jamur alami dan juga anti bakteri. Kelebihan lainnya adalah aman digunakan untuk yang memiliki kulit sensitif. Selain itu juga karma yang satu ini terkenal dapat menenangkan dan membuat suasana lebih rileks.

Cara dan Bahan untuk Membuat Hand Sanitizer dari Minyak Essensial

Cara membuat hand sanitizer di rumah, hanya perlu  menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • 3 sdm gel lidah buaya
  • Minyak esensial takaran menyesuaikan
  • Wadah atau mangkuk kaca
  • 1 sdm isopropyl alkohol (IPA), bisa Anda beli di apotek
  • Botol plastik kecil untuk menyimpan hand sanitizer.

Cara Membuat:

  1. Semua bahan diaduk secara merata dalam wadah atau mangkuk yang telah disiapkan. Sebaiknya tidak menggunakan plastik karena jika minyak esensial yang murni belum menyatu pada adonan maka dapat merusak plastik.
  2. Perhatikan konsistensi campuran bahan tersebut  (Tidak encer ataupun tidak terlalu kental)
  3. Hand sanitizer alami Anda siap untuk digunakan. 
  4. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung

Itulah bahan dan cara membuat hand sanitizer alami di rumah. Tentunya cukup praktis dan juga aman untuk digunakan. Akan lebih baik lagi jika biasakan untuk selalu cuci tangan dengan air dan sabun.



Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Hand Sanitizer Alami di Rumah yang Aman untuk Keluarga"