Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut yang Aman dan Mudah!

 

Hindunnisa.com

Cara mengatasi bau mulut penting untuk diketahui. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius namun bau mulut bisa membuat rasa percaya diri menurun. Mulut yang mengeluarkan aroma tak sedap tentunya bisa membuat kita minder saat berbicara dengan yang lain.

Salah satu pemicunya adalah faktor kebersihan gigi ataupun bakteri yang ada pada mulut. Setiap kali makan, terkadang sisa potongan makanan kerap menempel atau tersangkut di sela gigi. Lama kelamaan bakteri akan menghampiri jika jarang menggosok gigi. Bakteri ini kemudian bisa melepaskan senyawa sulfur sehingga mulut jadi berbau.


Baca juga: Cara Memilih Merk Jam Tangan Wanita Terbaik dan Nyaman Digunakan


Meski demikian, banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab bau mulut seperti merokok, menyantap makanan yang beraroma kuat dan juga tanda penyakit serius. Berikut ini beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa dilakukan secara sederhana:

1. Menyikat Gigi

Kondisi mulut dan Gigi yang kotor merupakan penyebab paling umum menjadi bau pada mulut. Sebabnya membersihkan gigi dan mulut sangatlah penting dan menjadi cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bau pada mulut.

Pastikan untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Zat Fluorida adalah hal yang secara efektif dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan. Namun harus disertai teknik yang tepat agar bersih secara optimal.

Menggosok gigi terlalu keras dapat mengikis enamel gigi yang nantinya bisa menimbulkan gigi sensitif. Gunakan pula sikat yang tepat sehingga benar-benar efektif untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak. Untuk rutin mengganti sikat setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

2. Minum Air Putih

Mulut kering biasanya menandakan produksi air liur yang sedikit dan bisa menjadi penyebab bau mulut. Bakteri dapat tumbuh subur jika kondisi mulut kering. Selanjutnya akan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) yang menjadi aroma tidak sedap dan menyengat. 

Oleh karena itu cara mengatasi bau mulut yang paling mudah adalah dengan banyak minum air putih. Jika asupan cairan tubuh terpenuhi dapat meningkatkan air liur yang nantinya membuat mulut lebih lembap dan napas tetap segar. Pastikan untuk selalu minum segelas air putih setiap Anda merasa haus.

3. Flossing Gigi

Membersihkan sela-sela gigi atau flossing dengan benang gigi bisa membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh bulu sikat. Cara ini bisa menjadi salah satu trik jitu mengatasi bau mulut jika dilakukan dengan tepat. Hindari menarik atau menggesek benang terlalu keras yang dapat melukai gusi.

4. Membersihkan Lidah

Plak dan bakteri pada mulut, jika dibiarkan maka dapat menyebabkan bau mulut yang mengganggu. Saat berkumur dengan mouthwash, hanya lapisan luar saja yang akan luruh. Oleh karena itu perlu membersihkan lidah menggunakan sikat gigi sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. Cukup dengan menggosok dari pangkal lidah hingga ujung secara perlahan.

5. Gunakan Obat Kumur

Mouthwash atau obat kumur dapat menghilangkan bau mulut untuk sementara atau untuk acara tertentu. Berkumur sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Perhatikan kandungan dalam obat kumur tersebut, jangan sampai mengandung alkohol.

Perlu dipahami bahwa berkumur tidak sama dengan peran menyikat gigi dan flossing.

6. Berkumur dengan Soda Kue

Soda kue bukan hanya bermanfaat untuk membuat kue saja. Natrium bikarbonat ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut dengan cara berkumur. Soda kue secara efektif membunuh bakteri penyebab bau pada mulut.

Caranya cukup dengan melarutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur kurang lebih 30 detik lalu buang. Lakukan secara rutin agar hasilnya optimal.


7. Hindari Makanan yang Menjadi Penyebab Bau Mulut

Sejumlah makanan perlu dihindari karena memang menjadi sumber bau mulut meskipun rasanya nikmat. Misalnya seperti bawang putih, petai atau jengkol.Semua makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi aroma mulut. Oleh karena itu harus lebih bijak saat memilih menu makanan sehari-hati.

8. Berhenti Merokok

Perokok kerap memiliki bau mulut yang kuat dan tidak sedap. Tentu saja hal ini lebih berpotensi bau mulut dan bisa terkena penyakit gusi. Cara terbaik adalah dengan berhenti merokok. Selain membuat napas lebih segar, berhenti merokok juga lebih menyehatkan bagi tubuh.

9. Konsultasi ke Dokter 

Jika bau pada mulut sangat menyengat maka bisa saja hal tersebut merupakan tanda kondisi medis yang serius misalnya penyakit ginjal. Jika dengan cara diatas tetap tidak berhasil, maka sebaiknya berobat ke dokter gigi. Bila perlu rutin melakukan pemeriksaan 6 bukan sekali.

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Tetap jaga pola makan dan kebersihan agar anggota tubuh tetap bersih terawat. Semoga dapat bermanfaat



2 komentar untuk "Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut yang Aman dan Mudah!"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini,,, Silakan post komentar Anda