ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400): Kejar Impian dengan Kerja Lebih Nyaman

Hindunnisa.com

Sebagian besar manusia di dunia tentu memiliki impian. Hanya saja jalan untuk menggapai impian tersebut berbeda-beda. Ada yang dianugerahi perjalanan yang lebih mudah namun tak sedikit pula yang harus jatuh bangun agar dapat mewujudkan impiannya. 

Setiap impian tentu perlu usaha yang konsisten. Begitu pula saya dan suami yang masih berusaha untuk mewujudkannya. Sejak menikah saya berusaha memanfaatkan peluang misalnya dengan jualan online menawarkan jasa dan juga peluang lainnya.

Berusaha Memanfaatkan Peluang

Pengalaman mengajar di Taman Kanak-kanak dan les privat home to home kurang lebih selama 7 tahun merupakan pembelajaran yang berharga, bukan hanya sekedar kenangan manis. Bertemu banyak orang sekilas dapat melihat bagaimana mereka berjuang untuk dapat meraih impiannya.

Pandemi Covid-19 dan anak-anak yang baru masuk sekolah adalah dua hal yang semakin menguatkan saya dan suami untuk lebih memanfaatkan peluang. Yups, kami harus semangat agar dapat memetik hasil di hari tua nanti.

Dengan kondisi kami yang merantau jauh dari keluarga, memanfaatkan peluang income dari internet jadi pilihan tepat. Saya masih bisa membersamai dua jagoan tanpa asisten rumah tangga dan juga dapat menulis artikel blog di sela-sela waktu luang.

Suami yang sedang mengembangkan skill-nya dalam editing video juga tetap bisa menjalankan pekerjaannya di salah satu perusahaan swasta. Kami juga harus tetap bisa mengelola waktu sebaik mungkin karena keluarga tetap menjadi prioritas.

Persiapan yang Dibutuhkan untuk Lebih Produktif Kerja Online

Foto: pexels.com

Pesatnya perkembangan teknologi membawa beberapa perubahan termasuk dalam bekerja. Banyak yang sudah membuktikan dapat memiliki sumber penghasilan meski hanya di rumah saja. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut tetap membutuhkan persiapan diantaranya sebagai berikut:

Koneksi Internet yang Stabil

Pekerjaan online memerlukan aset utama yaitu akses internet. Baik blogger, vlogger ataupun pekerjaan online lainnya sangat membutuhkan layanan internet yang dapat diandalkan. Produktivitas akan bergantung pada kecepatan koneksi internet yang digunakan. 

Jam Kerja

Meskipun bekerja di rumah, tentu masih perlu mengatur jam kerja. Jam kerja atau hari kerja yang konsisten akan lebih memudahkan untuk mencapai target. Apalagi bagi ibu rumah tangga akan sangat mudah terganggu dengan pekerjaan rumah tangga yang belum selesai, anak-anak, sosial media ataupun kegiatan lainnya di rumah.

Dengan membuat jadwal dan peraturan yang ketat maka bisa lebih fokus selama jam kerja. Kuncinya tentu harus benar-benar komitmen untuk menjalani apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Ruang Kerja yang Nyaman

Banyak freelancer yang menyelesaikan pekerjaan online di rumah dengan mempertimbangkan tempat kerja. Sebagaimana kerja pada umumnya tentu tetap membutuhkan ruangan yang nyaman. Kami memilih sudut kamar untuk menempatkan meja kerja. Jika ada rezeki mudah-mudahan kelak bisa menyiapkan satu ruangan khusus untuk kerja. 

Tekun dan Konsisten 

Pekerjaan online akan lebih menghemat biaya transportasi. Namun hasilnya bisa saja kurang dari apa yang diharapkan. Oleh sebab itu konsisten dan tekun sangat dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Perkuat branding dan hasilkan karya yang berkualitas adalah dua hal yang harus kami bangun pada tahap awal. 

Bekerja di rumah bukan berarti menunggu tawaran proyek datang dengan sendirinya. Kami perlu memperluas networking dan koneksi agar bisa lebih dikenal serta bertemu dengan klien yang membutuhkan jasa kami. Unggah portofolio ke website pekerjaan atau komunitas yang sesuai dengan keahlian. 

Dengan tekun mencari peluang juga dapat menambah wawasan mengenai bidang yang sedang ditekuni. Jadi secara garis besar pekerjaan apapun baik dilakukan di tempat kerja atau rumah, tetap membutuhkan tekad dan semangat agar dapat menghasilkan yang terbaik.

Gadget yang Mempermudah Pekerjaan 

Hindunnisa.com

Foto: Koleksi Pribadi

Berbicara tentang pekerjaan online, tentu berkaitan dengan internet dan gadget yang digunakan. Terkadang koneksi internet yang lancar saja masih belum cukup jika alat yang digunakan kurang berkualitas. Misalnya untuk edit video, kami tentu membutuhkan komputer atau laptop yang spek-nya sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Saat ini kami menggunakan PC untuk kerja online di rumah. Kami tentu membutuhkan laptop yang lebih praktis. So, jika kami sedang ke luar kota misalnya mudik, bisa tetap kerja dari mana saja. Baik editing video atau publish artikel blog menuntut untuk berkreasi secara visual. Untuk itu laptop daily driver yang bertenaga lebih dibutuhkan untuk aktivitas kami. 

Solusi Terbaik dari Asus bagi yang Ingin Lebih Produktif 

Salah satu brand ternama di industri laptop yang dapat melihat kebutuhan masyarakat adalah ASUS. Solusi gadget yang mumpuni untuk bisa lebih produktif diantaranya dengan meluncurkan seri laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) pada bulan Agustus 2022. 

Laptop ini ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan bisa untuk video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian bisa lebih maksimal. 

Dilengkapi pula dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Layar yang Memukau

Sudah rahasia umum bahwa Asus kerap memanjakan penggemarnya dengan layar yang berkualitas. Asus OLED ini memiliki resolusi 2,8K dengan 90Hz refresh rate plus 100% DCI-P3. Panelnya menggunakan rasio aspek 16 berbanding 10 sehingga pengguna bisa lebih berkreativitas dan banyak konten yang ditampilkan di layar.

Asus OLED menawarkan kualitas visual terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur khusus. Salah satunya fitur yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan pada kesehatan mata untuk jangka waktu yang panjang. 

Jadi, misalkan edit video yang cukup memakan waktu bisa tetap nyaman dengan fitur layar yang tidak membuat mata cepat lelah. Kuncinya ada pada tingkat reproduksi warna dari color gamut pada laptop Asus OLED ini.

Dengan Color Gamut 100% DCI-P3 maka layar dapat menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3. Cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang merupakan standar layar laptop. DCI-P3 ini merupakan color gamut yang kerap digunakan untuk industri perfilman dengan memiliki cakupan warna yang luas dan detail yang ditampilkan sangat baik.

Warna yang ditampilkan pada layar utama Asus oleh telah dikalibrasi sejak awal sehingga terlihat sebagaimana mestinya. Keunggulan ini akan sangat membantu saya saat edit gambar untuk blog. Blogger tentu perlu memilih warna yang sesuai dengan konten atau produk yang sedang ditulis agar lebih mendukung penjelasan artikel dari segi visualisasi. 

Tingkat akurasi reproduksi warnanya pun tak perlu diragukan lagi karena Asus OLED telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Kualitas Visual yang dihasilkan cukup konsisten meskipun layar disetel pada tingkat kecerahan rendah. Bahkan meskipun tingkat kecerahan 11% pada layar Asus oleh maka yang terlihat adalah kualitas visual yang sama dengan tingkat kecerahan 100%.

Kelebihan lainnya adalah dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengurangi radiasi cahaya biru secara signifikan. Teknologi anti-flicker dan low blue light yang telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland, membuat mata lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat menggunakan laptop. Ini salah satu kelebihan yang saya suka, karena kesehatan mata tentu merupakan aset yang penting bagi pekerja freelance

Spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 

Seperti yang telah disebutkan di awal, laptop ini dapat meningkatkan kreativitas dan lebih produktif tanpa perlu khawatir dengan kesehatan mata. Hal ini tentu berkaitan dengan komponen yang ada di dalamnya. Dilengkapi AMD Ryzen 5000 series dan RAM DDR4 hingga 16GB.

Jika menginginkan performa yang maksimal untuk menjalankan aplikasi Windows 11 maka bisa beralih ke mode performance sehingga prosesor dapat bekerja dengan TDP di 45 watt. Laptop dapat bekerja lebih gesit dan responsif, jadi tidak ada kata lelet, ya!. Storage yang digunakan berbasis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD dengan kapasitas 512GB.

Berikut ini spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED (M3400):

  • Main Spec. : Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
  • CPU : AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
  • Operating System :Windows 11 Home
  • Memory : 16GB DDR4
  • Storage: 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Display: 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
  • Graphics: AMD Radeon™ Graphics
  • Input/Output: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm, Combo Audio Jack, Micro SD card reader
  • Connectivity: Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
  • Camera: 720p HD camera with privacy shutter
  • Audio: Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
  • Battery: 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
  • Dimension:   31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
  • Weight: 1.4 Kg
  • Colors: Solar Silver
  • Price: Rp12.799.000  
  • Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Ryzen 7 5800H yang terpasang pada laptop ini merupakan prosesor dengan 8 buah inti (core) yang dapat menjalankan 16 thread sekaligus dengan cache sebesar 20MB. Prosessor yang memiliki kecepatan dasar 3.2GHz hingga 4.4GHz dengan TDP default di 45 watt. Berbeda dengan Ryzen 7 5800U series dengan TDP 15 Watt dan kecepatan dasarnya hanya 1,9GHz. AMD Radeon Graphics memiliki performa memadai untuk casual gaming dan terintegrasi pada CPU.

Untuk performa storage-nya pun cukup memuaskan. Dengan menggunakan aplikasi CrystalDiskMark 8, kecepatan baca storage pada Asus Vivobook Pro 14 OLED dapat mencapai lebih dari 3500MB/s. Kecepatan tulisnya hampir 3000MB/s.

Hasil pengujian yang dilakukan PT Mark 10 modern office dengan mensimulasikan bekerja pada aplikasi office multimedia dan web secara nonstop cukup memuaskan. Baterai Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50WHrs pada Vivobook Pro 14 OLED dapat memasuk daya hingga 8 jam lebih. Tentu sangat memuaskan bisa bekerja optimal seharian.

Kerja Online Lebih Optimal dengan Asus

Perangkat yang mumpuni tentu akan menunjang kegiatan jadi lebih produktif. Dilengkapi dengan adanya touchpad yang berukuran lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang secara khusus agar pengguna dapat nyaman saat mengetik dengan jarak tombol dan kedalaman tekan yang pas.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dilengkapi dengan sistem audio khusus menggunakan teknologi Al Noise Cancelling. Sistem ini dapat meredam suara bising yang ada di sekitar pengguna sehingga dapat diandalkan untuk conference call atau online meeting.

HD Webcam terintergrasi yang ada pada laptop ini juga memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan video conference kapan saja. Setelah video call selesai, Anda hanya perlu menggeser slider privacy Shutter fisik yang ada pada webcam. Gunanya agar tidak ada satupun pengguna yang dapat mengintip aktivitas Anda secara diam-diam lewat kamera web.

Desainnya ringkas, ringan dengan bobot hanya 1,4 kg serta ketebalan bodi hanya 18,9 mm. Laptop ini sangat mudah dibawa bepergian dan dapat menunjang produktivitas. Dengan processor kelas performa, tampilan layar berkualitas dan baterai yang tahan lama, membuat ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini layak menjadi incaran pengguna laptop. Yups, saya pun membayangkan betapa sat set dan happy berkarya dengan menggunakan Si Cakep dari ASUS ini. 


Tidak ada komentar untuk "ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400): Kejar Impian dengan Kerja Lebih Nyaman"