Solusi Hiburan Keluarga dari Internet Provider Tepercaya

 

Hindunnisa.com

"Ya gitu Bun.."

Jawaban sulung saat ditanya bagaimana belajar hari ini di kelasnya. Kadang saya penasaran langsung bertanya saat jemput untuk pulang. Padahal pikiran anak masih lelah, ya? Tak heran dia sesekali terlihat menghela nafas. Hanya saja kadang antusias dengan apa yang dia ingat hari ini atau sekedar ingin tahu dia happy atau tidak di sekolah.

Orang tua zaman now banyak yang lebih peka dengan kesehatan mental anak termasuk bagaimana dia menjalani kesehariannya. Apakah anak happy atau malah ada hal yang membuatnya terganggu? Hal itu tentu perlu diperhatikan agar proses belajar anak bisa lancar dan minim stres.

Mulai Padat Aktivitas 

Hindunnisa.com

Beruntung, dengan banyaknya informasi parenting baik di sosial media maupun internet menjadikan saya lebih teliti lagi melihat perkembangan anak. Terlebih yang sulung ini memang harus diberi perhatian ekstra. Kemampuan bersosialisasi harus lebih dikembangkan lagi dan bagaimana dia dapat mengelola pikirannya agar selalu semangat untuk belajar.

Berbeda dengan adiknya yang di pertengahan 2022 ini baru masuk TK. Rasa ingin tahu-nya lebih tinggi. Tak jarang adik lebih banyak bertanya tentang hal yang membuatnya penasaran. Mungkin karena yang kedua ini sering mendapatkan stimulasi saat bermain dengan kakaknya. Jadi daya pikirnya bisa jadi lebih berkembang. 

Adik mungkin belum terlalu banyak tugas dan di sekolah pun masih lebih banyak aktivitas bermain sambil belajar. Sedangkan kakak harus lebih rajin lagi karena rutinitas sehari-hari yang dijalani cukup padat. Sekolah SD, tugas PR dan sore lanjut mengaji. 

Sesekali terlihat dia malas-malasan pergi ke sekolah. Wah, jika sudah terlihat tanda-tanda seperti itu harus beri ruang supaya dia bisa melakukan aktivitas yang disukai atau hiburan lainnya. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun perlu hiburan agar bisa semangat lagi beraktivitas.

Bahaya Stress pada Anak 

Hindunnisa.com

Ilustrasi Anak | pexels.com

Stres bukan hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami bosan dan jenuh. Apalagi anak belum sepenuhnya bisa mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Saya tidak ingin terlambat menyadari ada hal berbeda pada anak. Waspada dan berusaha mendengarkan keluhan anak baik tentang belajar, teman atau lingkungan bermainnya.

Hidup di zaman modern ini sebenarnya ada kelebihannya. Saya bisa lebih cepat mendapatkan informasi dengan adanya internet provider yang jaringannya bagus. Menurut informasi yang saya baca, stres yang muncul pada anak bisa saja muncul karena tuntutan lingkungan sekitarnya seperti dari orang tua, sekolah maupun lingkungan sosial. 

Perbedaan tentang hal yang ingin dicapai dengan kemampuan yang ada pada dirinya sendiri juga bisa menjadi pemicu kekecewaan pada anak. Ini juga yang membuat saya berusaha ngobrol dan bertanya pada anak saya yang pertama. Jangan sampai dia merasa tidak nyaman baik saat belajar atau saat bermain dengan temannya.

Banyak hal yang tidak bisa kita kontrol misal perilaku anak lain. Upaya yang bisa dilakukan ya harus memperkuat mental dan pola pikir anak. Beberapa sumber stres yang dialami anak juga harus kita perhatikan, diantaranya:

  • Cemas berlebihan karena peringkat akademis dan tugas sekolah,
  • Padatnya jadwal dan tanggung jawab yang harus dilakukan anak sehingga kesulitan untuk lebih rileks,
  • Sering pindah sekolah atau rumah,
  • Kurang perhatian keluarga,
  • Anak mengalami bullying atau tekanan dari temannya,
  • Anak memiliki pikiran buruk tentang dirinya sendiri,
  • Melewati masa pubertas dengan perubahan fisik dan emosi,
  • Adanya perceraian orang tua atau pisah rumah,
  • Konflik dalam keluarga,
  • Keluarga mengalami kesulitan finansial,
  • Rasa tidak aman saat berada di rumah,
  • Terpapar informasi seperti masalah sosial yang belum sesuai dengan pola pikirnya.

Tanda Anak Perlu Refreshing atau Hiburan

Hindunnisa.com

Ilustrasi Anak | pexels.com

Dengar kalimat "stres pada anak" memang ngeri ya buat para orang tua. Apalagi kalau sudah melek informasi, tentunya harus lebih waspada. Jangan sampai perkembangan anak terhambat karena masalah yang satu ini. Orang tua perlu waspada dengan beberapa tanda pada anak. Kapan anak happy dan kapan anak perlu untuk refreshing atau mendapatkan hiburan.

Orang tua perlu peka dengan kondisi anak misalnya saat anak mudah marah, mengeluh, mudah tersinggung, membantah atau menangis. Saat mulai malas untuk mengerjakan tugas sekolah bisa jadi salah satu tanda dia sedang jenuh. Pernah sulung menunjukkan ekspresi yang kurang enak dilihat. Kadang saya ragu juga untuk mengajak sulung untuk berbincang dan memancingnya bercerita. 

Suatu pagi pernah dia hanya duduk tanpa mau beranjak untuk mandi, tak ada semangat. Jika sudah ada tanda-tanda seperti itu, emak tentunya harus punya inisiatif aktivitas lain yang bisa bikin mood-nya kembali bagus.

Upaya agar Anggota Keluarga Tetap Happy

Hindunnisa.com

Ilustrasi keluarga | pexels.com

Masing-masing anggota keluarga punya kesibukan dan rutinitas yang harus dilakukan. Anak-anak belajar di sekolah, ayah harus bekerja dan bunda di rumah dengan rutinitas dalam negeri. Aktivitas yang berulang bisa saja menimbulkan kejenuhan misalnya tugas kantor yang menumpuk atau rutinitas bunda di rumah yang sama setiap harinya.

Refreshing atau melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga bisa menjadi salah satu solusi di akhir pekan untuk mengatasi kejenuhan. Orang tua perlu memilih kegiatan yang menarik untuk anak sekaligus menjadi ajang refreshing bagi orang tua.

Sesuaikan dengan kondisi anak dan cuaca. Misalnya untuk kedua anak saya terkadang harus memilih ide permainan atau kegiatan refreshing lainnya di rumah saat kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk jalan-jalan. 

Pentingnya Memilih Hiburan yang Tepat bagi Keluarga 

Bagi kami, refreshing bukan hanya sekadar jalan-jalan atau kulineran ke suatu tempat. Saat di rumah masih ada yang harus saya kerjakan maka salah satu solusi memilih hiburan yang tepat untuk anak-anak adalah tontonan edukasi atau film yang bisa membuat mereka fun

Yups, saya dan suami juga termasuk pasangan yang lebih memilih nonton di rumah. Salah satu alasannya adalah kami merantau dan tidak bisa menitipkan anak-anak saat pergi. Jadi, nonton di rumah bisa jadi solusi yang pas untuk mengatasi kejenuhan.

Hanya perlu memilih tontonan yang tepat, kakak adik bisa menonton sambil ngobrol berinteraksi. Ini juga bisa menjadi kegiatan keluarga yang tepat setelah sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Pilih Tontonan Bermanfaat bagi Anak

Di era modern ini tontonan anak bukan hanya acara di televisi saja. Berbagai internet provider kini menawarkan jaringan yang stabil. Anda bisa menonton video di aplikasi maupun TV interaktif yang disediakan oleh provider tersebut. Berbagai pilihan tontonan bisa menjadi pilihan. Mulai dari lagu anak, film edukasi anak atau film favorit ayah bunda. 

Tontonan anak bisa menjadi salah satu media pembelajaran yang diberikan pada anak. Jika cermat maka anak akan mendapatkan manfaat edukasi dari suatu tontonan. Aktivitas menonton ini juga harus diimbangi dengan kegiatan fisik lainnya di luar ruangan agar si kecil bisa mendapatkan stimulasi yang lebih optimal. 

Baca juga: 

Beberapa acara anak terkadang mengajak untuk bergerak dan melakukan suatu aktivitas misalnya gerak dan lagu dan kegiatan lainnya. Tontonan anak yang dipilih sebaiknya bisa memberikan beberapa manfaat pada anak diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai sarana hiburan untuk anak yang dapat menjadikan suasana hati atau mood anak terjaga dengan baik. 
  • Dengan menonton karakter yang berkomunikasi satu sama lain maka anak akan belajar kalimat baru dan meningkatkan kemampuan berbahasa
  • Dengan adanya orang tua yang mendampingi saat menonton maka dengan menyaksikan tontonan dapat melatih kemampuan kognitif anak seperti koordinasi anggota tubuh logika memori jangka panjang dan juga kepekaan pendengaran.
  • Dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak dengan bertambahnya bahan dan referensi dari tontonan tersebut.

TV Interaktif IndiHome, Solusi Hiburan untuk Keluarga 

Hindunnisa.com

Ilustrasi Keluarga Menonton TV | iStock

Sejak dulu menonton TV menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan keluarga saat menghabiskan waktu luang bersama. Dengan perkembangan internet yang semakin besar kini banyak yang memilih untuk menggunakan TV kabel. 

Alasannya adalah bisa mendapatkan fasilitas lebih dari TV biasa. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, IndiHome TV menghadirkan TV interaktif yang menghadirkan tontonan menarik favorit keluarga. 

TV interaktif dari IndiHome ini dilengkapi dengan fitur canggih yang membuat proses menonton TV menjadi lebih seru dan menarik. Berbagai kelebihan TV interaktif adalah sebagai berikut:

Tampilan Gambar yang Lebih Berkualitas dan Memanjakan Mata

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kenyamanan saat menonton TV adalah tampilan gambar. Dengan menggunakan TV interaktif dari Telkom Group maka Anda dan keluarga dapat menikmati tampilan gambar yang lebih berkualitas. Apalagi bagi anak-anak yang memerlukan visualisasi lebih menarik.

Banyak Pilihan Channel

Channel yang disediakan oleh TV interaktif indihome sangat beragam sesuai kebutuhan pelanggan. Anda tidak mudah bosan karena banyak channel yang tersedia pada TV interaktif ini. Anak-anak bisa memilih tontonan edukasi yang beragam dan mengisi waktu luang di rumah tanpa rasa bosan.

Siaran Eksklusif Terupdate

Internet provider yang satu ini memanjakan para pelanggannya dengan fasilitas siaran eksklusif yang selalu update melalui TV interaktif. Tidak perlu bingung lagi dengan pilihan program yang terbatas karena Anda juga bisa menyaksikan siaran eksklusif yang selalu update.

Lengkap dengan Fitur Canggih

Anda bisa menikmati fitur canggih pada TV interaktif ini diantaranya:

  1. Playback, pause and rewind yang dapat digunakan untuk memutar dan menonton kembali tayangan favorit hingga 7 hari kebelakang disertai pause dan rewind.
  2. TV storage, merupakan fitur dari IndiHome, internet provider berpengalaman yang dapat menyimpan rekaman tayangan favorit hingga kurang lebih 600 menit dengan kualitas SD dan 240 menit untuk HD. Anda bisa menikmati kapasitas penyimpanan baru dengan melakukan upgrade storage IndiHome hingga 10 GB.
  3. TV on Demand, fitur untuk menayangkan ulang acara-acara live TV tertentu.
  4. Video on Demand, Anda dapat mengontrol atau memilih sendiri program video yang akan ditonton dengan menggunakan fitur ini.
  5. Karaoke yang kerap menjadi kebutuhan pelanggan akan hiburan juga tersedia. Anda dapat menghilangkan rasa penat dapat Anda nikmati fiturnya pada TV interaktif IndiHome dengan menambah atau mengurangi lagu pada playlist.

Sejak April 2022, internet provider IndiHome juga menghadirkan program hiburan berkualitas dari Disney+ Hotstar melalui Set Top Box (STB) IndiHome TV terpilih secara langsung. Kerjasama Telkom dengan The Walt Disney Company melalui Disney+ Hotstar ini merupakan wujud dari komitmen IndiHome untuk meningkatkan layanan. IndiHome berupaya memenuhi kebutuhan pelanggan melalui konten hiburan yang berkualitas.

Sekarang tak perlu bingung lagi karena berbagai tontonan menarik tersedia baik untuk anak maupun ayah bunda. IndiHome bisa menjadi provider terbaik yang dapat menunjang hiburan keluarga. Jaringan internet yang stabil bisa saya gunakan untuk menonton video edukasi untuk saya dan anak-anak.

Kami juga berlangganan IndiHome untuk menunjang pekerjaan saya dan suami sebagai pekerja remote. Mantap ya, IndiHome berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan akan internet dan juga memerhatikan dari sisi hiburan untuk keluarga. Sejauh ini masih setia dengan provider yang satu ini. 


Referensi: 

https://malintangpos.co.id/indihome-hadirkan-konten-hiburan-disneyhoststar/  https://indihome.co.id/blog/4-alasan-mengapa-anda-dan-keluarga-wajib-berlangganan-tv-interaktif-yang-dihadirkan-oleh-indihome https://www.google.com/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2011/12/09/196/540275/anak-juga-perlu-refreshing-lho 

https://www.friso.co.id/panduan/menonton-film-anak-anak-di-akhir-pekan-apa-manfaatnya

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/stres-pada-anak/%3famp=1 

24 komentar untuk "Solusi Hiburan Keluarga dari Internet Provider Tepercaya "

  1. Iya, aktivitas harian bisa membuat kita rentan stres, termasuk anak anak
    Makanya perlu hiburan ya, IndiHome menyediakan beragam hiburan untuk keluarga

    BalasHapus
  2. Terbantu sekali dengan internet provider Indihome
    Selain jaringannya yang luas sehingga bisa digunakan tidak saja di kota-kota besar, juga signal yang stabil sehingga tidak putus-putus, apalagi sekarang dengan semakin banyaknya ragam hiburan yang ditawarkan, semakin puas dengan layanan yang diberikan

    BalasHapus
  3. Kalau dilihat fitur dan layanannya, sepertinya balance yah mbak, antara kebutuhan untuk menunjang pekerjaan juga hiburan, penting itu.. setelah penat berkutat dengan laptop bisa memanjakan pikiran dengan fitur home entertainment, kayak karaoke.. wiih.. manteb ya Indihome

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. IndiHome selalu inovatif. Nonton TV jaman now jadi ga monoton lagi, karena ada paket lengkap ala TV interaktif IndiHome yang variasi tontonannya oke, nilai edukasinya juga dapet. IndiHome keren.

    BalasHapus
  6. Apalagi anak sekarang sekolahnya lama, pelajaran yang harus dihapal dan dipelajari banyak.

    Iya anak saya pun sejauh ini mendapat hiburan dari internet dan channel tv berlangganan.

    Untung ada Indihome, paket yang ditawarkan lengkap.

    BalasHapus
  7. Iya nih, anak2 mesti dikasi hiburan biar nda stress dan ngeras itu2 aja, selain main di luar, di rumah pun mesti disediain media hiburannya, nonton salah satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mesti bijak jg sih pilih tontonan anak2. Tapi alhamdulillah masih ada siaran yang sesuai apalagi kalau di internet

      Hapus
  8. bener banget, mbak Hindun. Kadang kita sebagai orang tua pengin tahu anak di sekolah happy nggak, tp kita jg jgn lupa memperhatikan waktu yg tepat untuk menanyakan hal tersebut. Aku jg kadang suka nanyain adikku sepulang sekolah, "gimana td di sekolah?" eh dia malah nggak mood. jd, sekarang kl nanya aktivitas di sekolah lebih sering malam hari saat dia sedang menjadwal mapel besoknya, hihi
    adanya jaringan IndiHome memang jadi penyelamat buat hiburan segala jenis usia..

    BalasHapus
  9. Senaaanggg ya hidup d era serba digital.

    Apalagi ada IndiHome yg sangat bisa diandalkan..

    Super duper ciamiiikkk

    BalasHapus
  10. Hiburan di era digital ya. Di tempat saya masih jarang. Toh anak lebih suka mainjd belum minat dg indihome

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai IndiHome dan ambil layanan TV Interaktif nih. Bisa buat hiburan satu keluarga

    BalasHapus
  12. IndiHome memang solusi pas untuk kebutuhan hiburan keluarga. Apalagi pas pandemi kemarin kami nyaris di rumah aja. Ada IndiHome bisa bekerja, belajar juga dapat hiburan. Lengkaaap!

    BalasHapus
  13. Komunikasi yang baik dengan anak memang semakin penting ya Mbak. Cara-caranya pun terus berubah seiring pertumbuhan mereka. Belum lagi mencoba memahami emosi anak. Btw, di era digital, agar tak ketinggalan, saya pun tetap mengalokasikan waktu untuk mereka menikmati screen time. Dan kebetulan kami pun menggunakan layanan indihome di rumah.

    BalasHapus
  14. Ke anakku, selalu aku bilang kalau dia ga harus juara di sekolah. Karena ngerti pressure anak zaman sekarang kan beda. Tapi tetap dia kepingin seperti temannya yang berprestasi. It's Ok. Mungkin dia butuh waktu untuk menerima bahwa ibunya ga nuntut apapun.

    BalasHapus
  15. nonton tv ini memang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga ya, mbak. apalagi sekarang juga tv bisa terhubung ke internet jadi bisa memilih chanel yang bermanfaat untuk anak

    BalasHapus
  16. Wah sekarang IndiHome gandengan sama Disney+ Hotstar.
    Bener nih, kak.. Kadang anakku mengeluhkan malas sekolah. Padahal yaah, sekolahnya menurutku jauh lebih FUN.
    Tapi namanya hiburan itu penting banget. Dan rumah-lah tempat sebaik-baik anak kembali.

    BalasHapus
  17. salah satu doa anakku "Yaa Allah pengen punya tivi" mengingat keluarga kami tanpa tivi hahahaha, jadi dia doanya seperti itu. Tapi horor juga kalau anak nonton tivi terus ya mbak

    BalasHapus
  18. Apalagi kalau anak lagi banyak tugas gitu ya....tugas bertumpuk tuh bikin stress juga. Makanya ada tv interaktif bisa jadi penyeimbang bagi mereka agar tetap ceria.

    BalasHapus
  19. Adanya indihome memang menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk bisa menghadirkan hiburan yang tepat di dalam keluarga. Sepakat banget bun, kerutinan yang dikerjakan tiap hari itu pasti akan menimbulkan stress baik untuk anak dan orang dewasa sekalipun, so perlu refresing juga nih dengan berbagai tontonan seru di Indihome

    BalasHapus
  20. Wah jadi pengen juga.. biar anak ada hiburan yang terkontrol saat emaknya kerja. Terus terang suka was-was dengan saluran tv di rumah. Banyak gk mendidiknya

    BalasHapus
  21. Sekarang internet jadi solusi kegabutan dan kebosanan manusia kekinian. Internet mati bentar berasa dunia nggak adil haha

    BalasHapus
  22. Daripada mesti keluar rumah melulu setiap akhir pekan, mending nonton bareng di rumah bersama anak-anak. Kebetulan kami memang kurang suka pergi-pergi...hehe. Lumayan nonton tayangan menarik dan tepat bersama Indihome. Nggak ragu lagi karena di rumah juga pakai :)

    BalasHapus
  23. IndiHome the best deh. Gak ada IndiHome, jadi apalah hidupku ini huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini,,, Silakan post komentar Anda