Cara Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro

hindunnisa.com

Teknik Pomodoro adalah teknik belajar yang mengacu pada manajemen waktu dengan interval waktu tertentu yang diselingi dengan waktu istirahat. Teknik pomodoro ditemukan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980 ketika ia masih berada di bangku kuliah. Jika belajar menggunakan teknik tersebut, kondisi psikis dan fisik Anda tidak akan bekerja terlalu keras. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut !

6 Cara Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro

Zaman sekarang banyak teknik belajar yang dapat digunakan agar belajar dapat terasa lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu teknik belajar yang dapat digunakan adalah teknik belajar dengan nama pomodoro. 

Teknik pomodoro dalam belajar ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering mengerjakan tugas menjelang deadline atau batas waktu akhir. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut mengenai cara belajar dengan menggunakan teknik belajar pomodoro !

1. Siapkan Tugas yang Akan Anda Kerjakan

Langkah pertama jika Anda akan belajar dengan menggunakan teknik belajar pomodoro adalah harus menyiapkan tugas yang akan Anda kerjakan. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan alat tulis beserta bahan sumber belajar seperti buku atau yang bersumber dari smartphone Anda. Kerjakan terlebih dahulu tugas yang batas waktu pengerjaannya lebih dekat.

Untuk mempermudah, bisa dengan membuat catatan daftar tugas beserta batas waktu dikumpulkannya. Catatan tersebut berguna agar Anda bisa mengetahui berapa banyak tugas yang belum dikerjakan. Selain itu, jika memiliki catatan daftar tugas tersebut Anda bisa memastikan tidak ada tugas yang terlewat dan tugas dapat dikumpulkan tepat waktu.

2. Atur Timer Selama 25 menit

Sebelum belajar dimulai, siapkan terlebih dahulu timer selama 25 menit menggunakan jam weker atau handphone Anda. Pastikan sudah mengatur timer dengan benar agar teknik pomodoro bisa berjalan sesuai dengan metode-nya.

3. Kerjakan Tugas Dengan Fokus Sampai Timer berbunyi  

Saat Anda memulai belajar timer yang sudah disiapkan tentunya harus mulai berjalan juga. Selama belajar, Anda tidak boleh mengerjakan hal lain ataupun melihat timer sebelum timer berbunyi. Tentunya Anda harus menjauhkan hal – hal yang dapat mengganggu fokus belajar seperti handphone, makanan, televisi dan yang lainnya. Hal tersebut bertujuan agar bisa lebih fokus sehingga dapat memahami materi dengan maksimal.

Baca juga:

4. Berhentilah Mengerjakan Tugas Setelah Timer Berbunyi

Ketika timer sudah berbunyi, Anda harus berhenti mengerjakan tugas walaupun tugas tersebut belum selesai. Jika waktu sudah habis, maka kegiatan belajar harus di jeda terlebih dahulu. Walaupun ingin menyelesaikan tugas tersebut dengan segera, namun Anda tidak boleh memaksakan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Hal ini dilakukan agar otak dapat rileks terlebih dahulu.

5. Istirahat Selama 3 -5 menit Sebelum Pengerjaan Tugas di Lanjutkan

Setelah waktu habis, belajar Anda harus di jeda terlebih dahulu. Berikan jeda waktu untuk otak dan tubuh untuk bisa beristirahat sebentar. Jangan berikan waktu terlalu lama beristirahat, Anda bisa mengambil jeda sekitar 3 – 5 menit. Jika waktu untuk beristirahat dirasa sudah cukup, selanjutnya bisa kembali melanjutkan belajar.

6. Perpanjang Waktu Istirahat Setelah Empat Kali Mengulang Hal Tersebut

Setelah langkah kedua sampai kelima telah Anda lakukan sebanyak empat kali, Anda bisa memperpanjang waktu istirahat menjadi 15 – 30 menit. Waktu istirahat lebih panjang ini bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan musik kesukaan atau melakukan hal lain yang dapat membuat Anda lebih rileks. Selain itu, pada waktu istirahat tersebut dapat dimanfaatkan untuk makan makanan berat untuk mengisi kembali energi.

Itulah 6 cara menggunakan teknik belajar pomodoro. Anda patut mencoba belajar menggunakan teknik ini, karena teknik ini memiliki banyak kelebihan. Kelebihan teknik pomodoro diantaranya adalah dapat melatih fokus dan melatih untuk membiasakan manajemen waktu dengan tepat.

Jika sudah terlatih untuk fokus, maka Anda bisa mengerjakan apapun dengan cepat dan sempurna. Sementara itu, kemampuan manajemen waktu yang baik akan membuat Anda terbiasa melakukan segala sesuatu berdasarkan skala prioritasnya.

Teknik pomodoro bisa diterapkan untuk mencapai target Anda dalam belajar ataupun mengerjakan tugas lainnya. Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda bisa mendapatkan referensi agar belajar  tidak terasa melelahkan. Semoga bermanfaat ! 


Tidak ada komentar untuk "Cara Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro"