Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak dengan 7 Wahana Seru yang Wajib Dicoba!

 

Taman Herbal Insani Depok

Berlibur bersama keluarga menjadi salah satu agenda menarik apalagi menjelang masa libur sekolah dan libur Lebaran. Tempat wisata ramah anak terdekat tentunya menjadi pilihan tepat bagi keluarga. Dalam memilih tempat wisata yang akan dikunjungi, umumnya dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan. 

Selain faktor wahana permainan, lokasi tempat wisata juga kerap menjadi pertimbangan. Jangan sampai anak kelelahan di perjalanan dan kurang menikmati wahana di tempat wisata yang dikunjungi. Tahun 2019 sebelum pandemi, kami sekeluarga sempat mengunjungi tempat wisata di Garut yaitu pantai Santolo. Jaraknya memang cukup jauh kurang lebih 161 km dari Cibinong, Bogor. Pantainya keren dan kami puas bermain di sana. Namun, perjalanan dari Bogor ke Garut cukup menguras tenaga. Jangankan anak-anak, kami pun kelelahan. Sekarang, kami lebih mempertimbangkan bukan hanya tempat wisatanya saja tapi juga bagaimana jarak tempuh perjalanan ke tempat tersebut.

Salah satu rekomendasi tempat wisata anak di Depok untuk mengisi libur lebaran adalah Taman Herbal Insani. Konsep tempat wisata yang satu ini memang  tempat wisata edukasi untuk keluarga. Jaraknya sekitar 10 km dari tempat kami. Cocok bagi Anda yang berada di daerah Jabodetabek dan ingin mengajak anak berwisata sambil belajar. 

Sekilas tentang Taman Herbal Insani 

Taman herbal Insani


Taman Herbal Insani mengusung konsep yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Bukan hanya mengajak pengunjung menikmati keindahan alam, tapi juga memberi edukasi seputar tanaman herbal yang banyak digunakan di Indonesia. Tempat wisata ini memberikan alternatif pilihan agar tidak bosan. Dengan mengusung tema kesehatan, berkunjung ke Taman herbal Insani Depok tidak mengurangi kenyamanan berlibur bagi keluarga. 

Tempat wisata yang berada di Depok ini didirikan oleh Ir. Mahendra. Berawal dari kecintaannya terhadap tanaman herbal, pak Mahendra memiliki impian untuk membuat kawasan wisata di mana pengunjung dapat berwisata sekaligus mengenal berbagai jenis dan manfaat tanaman herbal. 

Taman herbal Insani berada di Jalan kp. Kandang Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Harga tiket masuknya cukup terjangkau mulai dari paket rombongan dari sekolah, keluarga ataupun untuk family gathering. Untuk dewasa Rp. 30.000,- dan harga tiket untuk anak-anak Rp. 25.000,-. 

7 Wahana di Taman Herbal Insani 

Berbicara tentang tempat wisata ramah anak, tentunya bisa dilihat dari fasilitas dan wahana yang ada di tempat tersebut. Saat pertama masuk ke Taman Herbal Insani, banyak spot foto menarik yang bisa Anda pilih. Berikut ini 7 wahana yang ada di Taman Herbal Insani:

Kolam Renang

Renang merupakan salah satu aktivitas yang disukai anak saat berwisata. Kolam renang di Taman Herbal Insani tersedia untuk anak-anak dan dewasa. Kegiatan berenang anak semakin seru dengan beberapa pancuran atau shower kecil, perosotan dan ember tumpah. Petugas akan memantau untuk berjaga-jaga, jadi jangan sampai anak-anak berenang di kolam dewasa untuk keselamatan.

Panahan

Wahana ini termasuk wahana premium yang ada di taman herbal Insani. Anda dapat menggunakan peralatan panahan lengkap mulai dari busur anak panah hingga target yang akan dibidik dengan harga Rp. 5.000,- untuk 5 kali. Pengelola juga menyediakan program latihan khusus bagi yang ingin belajar memanah dengan biaya Rp. 150.000,- per bulan.

Area Danau

Anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu bambu. Kegiatan yang sering diadakan di area danau ini biasanya lomba dayung rakit. Menaiki rakit tentu menguji kerjasama dan kekompakan agar semua penumpang dapat mengayuh secara bersamaan. Wahana yang ada di danau ini tentunya menarik untuk dicoba.

Kolam Ikan

Selain menikmati pemandangan alam dan juga wisata air Anda dapat menikmati kolam ikan dengan berbagai jenis ikan yang menarik dan bisa diberi makan oleh pengunjung. Kolam terapi ikan juga bisa Anda nikmati, dimana jika merendam kaki ke kolam maka ikan-ikan akan mengerubungi kaki dan memakan sel kulit  yang mati. 

Taman Kura-kura

Taman Kura-kura

Binatang yang satu ini kerap menjadi salah satu binatang lucu dan disukai anak-anak. Di sana terdapat kura-kura dengan ukuran yang cukup besar. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan binatang lucu ini kepada anak.

Kandang Kelinci dan Kandang Burung

Kandang Kelinci Taman Herbal Insani

Anak-anak bisa memberi makan kelinci saat berkunjung ke tempat wisata ini. Tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dimana anak bisa bermain, memberi makan dan berinteraksi dengan kelinci. Selain itu, ada pula beberapa jenis burung dengan kicauannya yang bersahutan.

Budidaya Tanaman Herbal

Taman herbal Insani

Banyak rombongan sekolah yang memilih tempat wisata ini untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bagaimana cara mengolah tanaman untuk dipraktekkan di rumah. Anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai tanaman dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk obat tertentu. Jangan heran jika terdapat banyak sekali orang yang berkumpul di pendopo karena Taman herbal Insani menerima paket rombongan baik dari sekolah maupun umum.

Demikian ulasan mengenai taman herbal Insani yang merupakan tempat wisata ramah anak di Depok. Dengan berbagai fasilitas dan wahana yang ada di dalamnya maka tak perlu khawatir karena nyaman untuk anak-anak. Tak perlu khawatir karena demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung pengurus juga menyediakan berbagai fasilitas seperti mushola untuk beribadah pusat informasi lahan parkir dan juga toilet. Jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur penuh edukasi di Taman Herbal Insani!. 





Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak dengan 7 Wahana Seru yang Wajib Dicoba!"