Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Solo

wisata di solo

Apa yang pertama kali Anda pikirkan saat mendengar nama kota “Solo”? Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini lokasinya berdekatan dengan Yogyakarta sehingga tak jarang orang-orang yang berlibur ke kota gudeg juga menyempatkan diri untuk mampir ke Solo. 

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Solo juga memiliki stasiun kereta api dan bandara sehingga sangat mudah merencanakan liburan kesini. Tiket kereta api di Traveloka juga tak sulit untuk dipesan. Tapi, zaman sekarang segala hal memang sangat mudah dilakukan. 

Jika Anda tertarik untuk berjalan-jalan ke Solo, berikut beberapa rekomendasi kawasan wisata yang ramah anak dan pastinya menarik untuk dikunjungi:

1. Car Free Day Solo di Jalan Slamet Riyadi

CFD Jalan Slamet Riyadi

Foto: Solopos

Datang ke Solo di akhir pekan? Jangan lewatkan untuk mampir ke event yang hanya hadir sekali seminggu ini. Berlokasi di sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang menjadi jalan utama Kota Solo, Car Free Day selalu dinanti oleh masyarakat lokal. 

Selain bisa berolahraga jalan kaki atau bersepeda dengan santai, CFD juga diisi oleh panggung hiburan. Anda bisa melakukan senam bersama instruktur dan juga menikmati kuliner karena ada ratusan penjual makanan, minuman, atau pakaian yang membuka lapak di sana. 

Ada juga stand yang menyediakan mainan, stand kereta kuda alias andong, stand pecinta Binatang dan masih banyak lagi. CFD ini dimulai sejak jam 6 hingga 10 pagi saja. 

2. Museum De Tjolomadoe 

museum De Tjolomadoe

Foto: Traveloka.com

Penasaran bagaimana sebuah pabrik gula yang terbengkalai berubah menjadi museum dan menjadi sangat cakep? Maka, cobalah untuk mengajak anak-anak datang ke Museum De Tjolomadoe yang ada di Solo. Anda bisa membeli tiketnya terlebih dahulu sebelum masuk. 

Museum ini masih memiliki bangunan-bangunan atau alat-alat pabrik yang digunakan untuk membuat gula pada zaman dulu. Selain itu, museum ini juga sudah dipugar sedemikian rupa sehingga tertata rapi dan sangat nyaman. Ada beberapa permainan dan pastinya edukasi sejarah tentang bagaimana gula dibuat. 

3. The Heritage Palace Solo 

the heritage palace solo

Foto: Dok. Instagram @theheritagepalace

Ingin berfoto di tempat wisata yang memang menyediakan berbagai spot foto unik? The Heritage Solo adalah jawaban yang tepat. Tempat ini dulunya juga merupakan pabrik gula yang kemudian dipugar menjadi kawasan wisata modern. 

Di sana Anda bisa berfoto di spot foto terbalik. Selain itu, tersedia penyewaan kostum yang membuat Anda seolah terlempar ke masa-masa Indonesia masih dijajah. Ada juga pameran mobil antik dan beberapa kekuno-an lainnya. 

Pada sore hari, tempat wisata ini menjadi semakin instagramable karena tampak cantik dengan lampu-lampu warna-warni yang menyala. Tempatnya sangat luas dan memiliki fasilitas yang lengkap sehingga Anda bisa meluangkan waktu seharian untuk menjelajahinya. 

4. Keraton Solo 

keraton solo

Foto: istockphoto

Solo memang terkenal dengan bangunan-bangunan bernilai sejarah yang tinggi. Pada Jaman dulu, Solo juga dipimpin oleh raja dan ratu yang memiliki istana. Dalam Bahasa Jawa, Istana mendapat julukan Keraton. Saat ini, Keraton Solo juga dibuka sebagian untuk umum sebagai salah satu tujuan wisata. 

Ada apa saja di dalamnya? Ada banyak sekali pernak-pernik seperti keris, buku, peralatan makan, dan masih banyak lagi. Keraton Solo juga dipenuhi dengan lukisan-lukisan keluarga kerajaan yang telah berusia cukup tua. Datang ke tempat ini memang dapat memperkaya wawasan para pengunjungnya mengenai sejarah Solo. 

5. Pandawa Water World 

pandawa water world solo

Foto: Traveloka.com

Apakah Anda dan anak Anda suka bermain air? Anda harus tahu kalau Solo juga memiliki wahana bermain air yang besar dan menarik untuk dicoba bernama Pandawa Water World. Di sini ada beberapa kolam tersedia dan setiap kolam memiliki keseruan masing-masing. 

Selain merasa segar karena bermain air, Anda juga bisa menikmati fasilitas loker dan fasilitas lainnya. Anda tidak perlu khawatir kelaparan karena di sini ada berbagai konter penjual makanan yang bisa Anda cicipi. Harga tiketnya tidak terlalu mahal. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan destinasi wisata yang satu ini ke dalam list jalan-jalan Anda. 

6. Taman Cerdas Jebres 

taman cerdas jebres

Foto: Solopos

Sesuai dengan namanya, taman ini dibangun dengan maksud untuk mencerdaskan para pengunjungnya. Namun anda tidak perlu khawatir kalau tempat ini menyediakan wahana sulit, di sini justru menjadi tempat wisata yang menarik dan asyik untuk dikunjungi bersama anak-anak karena sarat dengan nilai edukasi. 

Anak-anak bisa berlarian dan bermain dengan bebas sambil belajar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba teleskop yang lengkap dengan pemandangan angkasa di dalamnya. 

Nah, itu dia 6 rekomendasi kawasan wisata ramah anak yang ada di Kota Solo. Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta api, serta transportasi lain menuju Solo dengan Traveloka. Temukan juga berbagai akomodasi lain seperti hotel serta tiket masuk wahana bermain di aplikasi ini. Traveloka dulu, Liburan Kemudian!

Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Solo"