Salurkan Passion Ibu Rumah Tangga dan Berdaya dari Rumah

passion ibu rumah tangga

Hindunnisa.com Ibu rumah tangga dengan segala ceritanya patut diapresiasi. Bagaimana tidak? Berbagai perdebatan mewarnai perjalanan peran yang satu ini. Istilah “Mom war” sudah tak asing lagi, mulai dari ASI vs Sufor, lahiran normal vs SC, bekerja atau di rumah dan perbandingan lainnya yang kadang tak pernah selesai. 

Beruntung, zaman makin maju dan informasi semakin mudah didapat. Berbagai perdebatan di kalangan ibu rumah tangga kini bisa disikapi lebih bijak meskipun ada sebagian yang masih mempermasalahkan hal-hal tersebut. 

Rutinitas yang Berbeda

Di awal pernikahan, keinginan menjadi ibu rumah tangga yang full mengurus keperluan keluarga menjadi prioritas untuk saya. Semakin dijalani, rasanya ada sesuatu yang kurang. Keadaan yang langsung berubah dari bekerja menjadi full time di rumah tentu berdampak. Rutinitas yang beda dan lebih banyak di rumah kadang menjadi sangat monoton. 

Bayangan sebelumnya tentang menjadi seorang ibu dengan keseharian menjaga buah hati dirasa berbeda saat dijalani. Bersyukur tapi ingin lebih bersemangat dengan hal-hal yang membuat lebih “exited” tanpa mengesampingkan tugas utama. Hmmm.. Banyak perdebatan kala itu. Mulai dari manajemen waktu dan keinginan menyalurkan passion. Saya pun mulai berusaha mencari cara yang tepat untuk kondisi kala itu. 

Cara Tetap Berdaya dari Rumah

Memang dilema bagi seorang ibu rumah tangga untuk bisa tetap bersemangat berkegiatan di rumah. Kerap bertanya bagaimana melawan rasa jenuh serta membagi waktu yang tepat untuk keluarga dan diri sendiri. Saya mencari tahu kegiatan apa yang nyaman dilakukan dan tetap di rumah. Dengan internet, segalanya menjadi lebih sederhana. 

Saya mulai mencoba jualan online secara dropship pada tahun 2014. Saat itu e-commerse belum seramai sekarang. Kendala modal dan kualitas barang mengurungkan niat untuk melanjutkan. Ada rasa tidak nyaman jika barang yang sampai ke konsumen tidak sesuai harapan. Tak berhenti di situ, saya mulai berpikir jual file edukasi semacam e-book. Nyatanya tidak semua ibu rumah tangga paham dan mau untuk membeli produk digital hehe. 

Pantang menyerah, saya pun mulai penasaran dengan komunitas di Facebook. Daaaan menemukan postingan salah satu grup penulis mencari penulis artikel untuk project artikel platform milik Jack Ma. Modal nekat dan penasaran, saya ikut bersama beberapa penulis yang bisa dikatakan sudah punya pengalaman. Saya semangat belajar otodidak melihat contoh artikel dan mencari tahu bagaimana cara yang tepat menulis bebas plagiat karena dibayar..*eh.

Siapa sangka, pengalaman di tahun 2017 itu kini berlanjut dan termasuk dalam aktivitas saya sehari-hari. Bukan di platform milik Jack Ma lagi, kini blog dan website klien menjadi tempat artikel saya dipajang. Rutinitas menyiapkan sarapan dan keperluan anak serta suami di pagi hari tentu wajib. Jika sedang ada job maka berupaya menyisihkan waktu untuk bisa menyelesaikannya. Pernah begitu bersemangat ambil job dan yang terjadi tentu saja kesehatan terganggu. 

Cara aman ibu rumah tangga tetap berdaya dari rumah, diantaranya:

  1. Tetapkan prioritas
  2. Jangan lupa kesehatan diri dan keluarga itu penting
  3. Tetap usahakan cukup waktu istirahat, biar tetap sehat dan “waras
  4. Ambil job sesuai kemampuan dan waktu kita, jangan terlalu memaksakan!
  5. Tetap jaga hubungan dengan pasangan dan anak, sekiranya sudah mulai banyak marah-marah nah kecapean tuh… Waspada!.
  6. Sesekali ambil jeda misal me time
  7. Upgrade Skill yang ingin moms kuasai misal dengan belajar online, ikut webinar dan komunitas yang sesuai

FYI kebanyakan job yang saya dapatkan dari grup di sosial media, jadi jika moms tertarik menambah kegiatan di rumah jangan malas cari tahu, ya!. Sekiranya masih sibuk dengan anak-anak tapi udah greget pengen upgrade diri ikut kegiatan-kegiatan, sabarrrr. Ada waktunya, ada saatnya dan tetap di rumah merawat keluarga itu bukan hal yang sia-sia. Ingat bahwa peran ibu rumah tangga itu luar biasa. Demikian sekilas curhatan saya tentang keseharian saya dan mencoba berdaya dari rumah. Semoga bermanfaat, ya!.


Salam,




Tidak ada komentar untuk "Salurkan Passion Ibu Rumah Tangga dan Berdaya dari Rumah"