7 Manfaat Cengkeh Rempah Asli Indonesia

 

manfaat cengkeh

Hindunnisa.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan rempah yang melimpah. Saat duduk di bangku sekolah dasar, kita pernah belajar sejarah kemerdekaan negara Indonesia. Banyak penjajah dan negara luar berambisi untuk menguasai rempah di Indonesia.

Salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat adalah cengkih atau lebih dikenal dengan sebutan cengkeh. Rempah serbaguna ini memiliki rasa manis dan aroma harum yang khas. Bentuknya menyerupai kuncup bunga dengan nama latin Syzygium aromaticum dari keluarga pohon Myrtaceae.    

Dilansir dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, cengkeh berasal dari provinsi Maluku Utara. Cengkeh juga menjadi filosofi hidup masyarakat Maluku Utara, khususnya masyarakat Ternate. 

“Doka gosora se bualawa. Om doro fo mamote. Foma gogoru, foma dodara” 
Kehidupan bermasyarakat layaknya cengkeh dan pala yang masak (hidup) dan gugur (mati) bersama-sama

Ragam Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh umumnya digunakan sebagai bumbu, penguat aroma kue atau penambah rasa pada minuman hangat. Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh juga tak kalah luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat cengkeh:

Dapat Mengurangi Sakit Gigi

Manfaat cengkeh populer di masyarakat adalah kemampuannya meredakan sakit gigi. Kandungan senyawa Eugenol memiliki efek anti oksidan, anti jamur dan anti kuman baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Cengkeh mampu mengurangi bengkak dan iritasi sekitar gigi atau gusi.

Anda dapat mengoleskan minyak cengkeh ke area gigi atau gusi yang sakit. Teteskan minyak cengkeh ke kapas lalu tempelkan kapas ke bagian yang sakit. Cara lainnya bisa pula dengan menempelkan cengkeh secara langsung ke gigi yang sakit atau sebagai obat kumur.

Penyegar Bau Mulut

Manfaat lainnya untuk kesehatan mulut adalah dapat membantu mengatasi bau mulut. Masalah yang satu ini cukup mengganggu aktivitas. Anti bakteri pada cengkeh dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Kini banyak obat kumur dan pasta gigi yang mengandung cengkeh dan mampu menyegarkan mulut.

Mengatasi Maag dan Tukak Lambung

Kandungan aktif pada tanaman cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung. Hal ini dapat membantu mengatasi maag atau tukak lambung dimana kerap terjadi penipisan lendir lambung atau meningkatnya asam lambung.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang hingga osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang banyak dihindari. Kandungan eugenol yang terkandung pada cengkeh mampu menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Ada pula kandungan mangan yang dapat membantu proses pembentukan tulang.

Membantu Mengatur Gula Darah

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat mengatur gula darah. Zat Nigericin pada cengkeh mampu mengoptimalkan penyerapan gula serta memaksimalkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Imbangi dengan pola makan bergizi yang seimbang.

Menghambat Perkembangan Bakteri

Penelitian dalam jurnal Food Microbiology pada tahun 2021 menunjukkan bahwa minyak esensial yang ada di dalam cengkeh dapat membunuh bakteri E. coli yang penyebab kram perut, diare, hingga kelelahan.

Selain itu, manfaat cengkeh lainnya sebagai obat herbal yang membantu melawan bakteri Staphylococcus aureus penyebab masalah kulit hingga gangguan pernapasan.

Mencegah Kanker

Cengkeh diperkaya anti oksidan eugenol untuk melawan radikal bebas pada tubuh yang dapat memicu perkembangan kanker. Ada pula vitamin C sebagai anti oksidan pada cengkeh yang mmapu melawan radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh. Rempah asli Indonesia ini perlu dijaga dan dilestarikan. Banyak negara lain tertarik dengan cengkeh. Sebagai masyarakat Indonesia, sebaiknya kita memanfaatkan kekayaan alam ini sebagai tanda rasa bangga.


Referensi:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/laskar-rempah-mengenal-cengkeh-sebagai-tanaman-budidaya-dan-budaya

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan/

https://www.alodokter.com/simak-berbagai-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-berbagai-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan-tubuh

sumber gambar pixabay


Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Cengkeh Rempah Asli Indonesia"