Ketahui 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda yang Efektif dan Mudah




Cara memutihkan gigi dengan baking soda merupakan salah satu cara yang dicari beberapa orang yang menginginkan gigi yang bersih dan enak dilihat. Tentunya gigi yang lebih putih akan melengkapi kesempurnaan penampilan dan membuat lebih percaya diri. Permasalahannya tidak semua orang memiliki gigi yang putih.
Sebelum membahas mengenai bagaimana cara yang tepat menggunakan baking soda untuk gigi, ada baiknya kenali dulu apa saja yang dapat menjadi penyebab gigi menjadi kuning agar dapat segera menghindarinya. Gigi kuning pada dasarnya bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, minum kopi berlebihan, jarang memerhatikan kebersihan gigi atau karena mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Hobi minum teh hitam, minuman beralkohol, atau juga soda bisa pula menjadi penyebab warna gigi menjadi terlihat kurang bersih.
Banyak orang yang merasa risih untuk senyum atau bahkan tertawa dengan menutup mulutnya dengan tangan karena warna gigi. 


Tidak perlu bingung karena kini ada langkah sederhana dengan menggunakan bahan yang mudah didapat. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin memutihkan gigi atau menghilangkan nodanya. Bahan-bahan alami dapat dimanfaatkan misalnya cara memutihkan gigi dengan baking soda.
Bahan yang satu ini merupakan salah satu bahan yang terkenal cukup ampuh. 
Sifat abrasifnya yang tergolong ringan membuat beberapa orang mengandalkan baking soda untuk dapat mengikis plak pada gigi ataupun noda. Namun bukan hanya itu saja tapi jika digunakan secara rutin maka akan menghasilkan gigi yang lebih putih serta mulut yang sehat karena dapat menetralkan asam yang berasal dari bakteri pada mulut. Asam inilah yang dapat menyebabkan masalah pada gusi atau membuat gigi menjadi berlubang.
Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi dengan menggunakan baking soda:

Baking Soda dan Air

Cara memutihkan gigi dengan baking soda yang pertama adalah mencampurnya dengan air. Caranya:
1. Campurkan 1 bagian baking soda dan air sebanyak 2 bagian pada wadah kecil
2. Aduk rata sampai terlihat seperti pasta cair
3. Saat akan digunakan, maka colek pasta tadi dengan menggunakan sikat gigi lalu gosok selama 2 menit.
4. Colek pasta tersebut dengan menggunakan sikat gigi, kemudian gosokkan 2 menit.
5. Kumur-kumur hingga tidak ada lagi sisa baking soda dalam mulut
Dalam seminggu Anda dapat melakukan metode ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Dalam beberapa bulan anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan jika melakukannya secara rutin.

Baking Soda dan Jeruk Nipis / Lemon

Air perasan lemon selain mengandung vitamin C juga dapat bermanfaat memutihkan gigi. Hal ini karena pasang sidrap yang terkandung di dalamnya dapat memutihkan. Akan tetapi Anda hanya boleh menggunakannya satu kali dalam dua sampai tiga bulan. Cara membuat:
1. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air perasan lemon, tunggu hingga desisan hilang
2. Gosokkan pada gigi dengan gerakan melingkar hingga maksimal 2 menit, kumur-kumur hingga bersih
Perubahannya akan terlihat pada pemakaian pertama. Jika ingin digunakan lebih dari yang telah disebutkan di atas maka Anda dapat mencampurkannya dengan air. Gunakan perbandingan 1:1 sebelum dicampur dengan baking soda.

Pasta Gigi dan Baking Soda 

Produk odol atau pasta gigi akan lebih efektif digunakan jika menaburkan baking soda di atasnya. Ini merupakan cara memutihkan gigi dengan baking soda yang paling aman. Lo raid yang ada pada pasta gigi sangatlah penting untuk dapat mencegah gigi berlubang serta menguatkan email. Agar hasilnya lebih maksimal maka kombinasi kan baking soda hanya dengan costa gigi yang berwarna putih saja bukan warna-warni.
Caranya cukup mudah yaitu mengkombinasikannya dengan 2 bagian odol dan 1 bagian baking soda. Aduk rata pada sebuah wadah kecil kemudian colek dengan menggunakan sikat gigi atau bisa juga dengan mencelupkan sikat gigi pada bubuk baking soda secara langsung. Ulangi cara ini sebanyak 1 atau dua kali dalam satu minggu.

Baking Soda, Garam dan Strawberry

Buah yang satu ini memiliki warna yang merah cerah tapi asam askorbat yang ada di dalamnya ternyata memang banyak digunakan untuk memutihkan gigi. Apalagi jika dikombinasikan dengan garam dan baking soda maka ketiga bahan ini akan lebih efektif dalam memutihkan gigi. Namun sama seperti lemon anda juga harus berhati-hati ketika menggunakan campuran ini karena penggunaannya hanya dibatasi dua kali saja dalam sebulan agar email gigi dan gusi tetap terlindungi.
Caranya cukup mudah campur kan 2-3 buah strawberry yang berukuran besar dengan satu sendok makan baking soda dan sejumput garam. Setelah strawberry menjadi halus dan rumah masukkan garam dan begitu sudah kemudian diaduk rata hingga dapat digunakan untuk membersihkan gigi.

Baking Soda dan Cuka Apel

Jika cuka apel digunakan secara bersamaan dengan baking soda maka dapat bermanfaat memutihkan gigi dan menghilangkan noda. Campur larutan dengan dua bagian cuka apel kemudian digunakan beberapa kali dalam seminggu.
Cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi. Perlu diketahui bahwa jika memiliki gigi yang sensitif ataupun masalah gusi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi. Jangan lupa untuk terus menyikat gigi sebelum tidur malam dan juga pada saat bangun tidur di pagi hari. 
Yang menjadi catatan adalah baking soda tidak bisa digunakan jika gigi tersebut dipasangi kawat karena dapat melemahkan lemnya. Pasta baking soda yang digunakan sebaiknya selembut mungkin karena jika kasar dapat merusak lapisan email gigi. Dalam satu waktu sebaiknya tidak menggosok pasta baking soda lebih dari dua menit.
Itulah cara memutihkan gigi dengan baking soda yang bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Lakukan dengan rutin  agar hasilnya memuaskan sesuai dengan penggunaan yang dianjurkan.

Salam,



Tidak ada komentar untuk "Ketahui 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda yang Efektif dan Mudah"

Berlangganan via Email