Ketahui Cara Buka Rekening BCA Syariah

 



Bagi umat muslim segala sesuatu tentunya harus berdasarkan aturan Islam termasuk jika ingin menabung. Bank syariah menjadi pilihan yang tepat untuk menabung bagi umat muslim.  Aturan dalam perbankan syariah tentunya sudah dirumuskan sehingga sesuai dengan Alquran dan hadits.  Oleh karena itu menabung di bank syariah merupakan pilihan yang tepat bagi umat muslim. 

Salah satu perbankan syariah yang banyak diminati adalah bank BCA Syariah.  Meskipun swasta namun bank yang satu ini banyak dikenal karena pelayanan yang memuaskan para nasabah. BCA Syariah sudah lebih dari 25 tahun beroperasi di Indonesia.  

Salah satu alasan mengapa bank yang satu ini layak menjadi Bank terbaik adalah karena memiliki program tabungan Tahapan IB  yang banyak diminati karena menerapkan prinsip wadiah (titipan)  atau mudharabah (bagi hasil). Tabungan ini merupakan jenis rekening tabungan yang memiliki berbagai manfaat bagi nasabah dan juga kemudahan dalam bertransaksi perbankan menggunakan sistem wadiah atau mudharabah.  

Nasabah terhindar dari bunga bank yang cukup tinggi atau tidak terkena riba. Sebelum mengetahui  tentang cara buka rekening BCA Syariah berikut ini beberapa manfaat jika menjadi nasabah di Bank ini!

Manfaat menjadi Nasabah Bank BCA Syariah

Nasabah yang mendapat akan mendapatkan buku tahapan Bank BCA Syariah sebagai bukti tabungan dan memudahkan untuk mengetahui transaksi pada rekening Anda.  Setelah itu nasabah akan menerima kartu ATM BCA Syariah yang bisa dipergunakan dalam bertransaksi di seluruh gerai ATM BCA di Indonesia serta di gerai ATM dengan logo Prima. ATM tersebut juga  dapat digunakan saat berbelanja di banyak merchant dengan tanda Debit BCA di seluruh Indonesia. 

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah adanya pelayanan pemotongan zakat sehingga Anda tidak perlu bingung saat akan membayar zakat.  Fasilitas lain yang didapatkan misalnya automatic transfer atau transfer secara otomatis, tentunya ini akan lebih memudahkan para nasabah setelah membuka rekening.

Baca juga: Cara Buka Rekening Online dari Website Maybank Beserta Keunggulannya

Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Syariah

Sebelum mengetahui bagaimana cara buka rekening BCA Syariah, Anda tentunya juga harus mengetahui apa saja syarat agar dapat membuka rekening di bank tersebut.  Terdapat dua jenis tabungan yang akan dibahas pada kali ini yaitu tahapan IB dan tahapan rencana IB.

Tahapan IB memiliki syarat dan ketentuan yang berdasar pada akar wadiah dan mudharabah.  rekening jenis ini dapat anda gunakan untuk membayar zakat yaitu dengan cara memotong saldo otomatis. Berikut persyaratan  untuk buka rekening Tahapan IB:

1. Fotocopy Kartu identitas diri yang masih berlaku misalnya KTP paspor atau SIM 

2. Mempersiapkan biaya untuk setoran awal pembuatan dan juga selanjutnya untuk rekening

3. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening tahapan IB

Adapun cara buka rekening BCA dengan jenis tahapan IB yaitu Anda perlu menyiapkan setoran awal sebesar Rp. 100.000,-.  saldo minimal Rp 25.000,- serta biaya administrasi untuk perbulannya yaitu Rp 7.500,- nantinya akan dipotong dari rekening secara otomatis.  

Langkah pertama yaitu tentunya datang ke kantor cabang BCA Syariah terdekat.  Ambil nomor antrian untuk customer service.  Sampaikan tujuan Anda yaitu membuka rekening BCA Syariah untuk tahapan IB. Setelah persyaratan lengkap dan mengisi formulir pendaftaran maka petugas selanjutnya akan memproses data Anda.  Jika berhasil diverifikasi maka Anda akan mendapatkan buku rekening dan kartu ATM.

Jenis tabungan lainnya yang ada di Bank BCA Syariah adalah tahapan rencana IB.  Rekening ini adalah tabungan investasi dengan prinsip mudharabah.  Tentunya cocok bagi Anda yang sedang merencanakan keuangan untuk masa depan.  Persyaratan untuk membuka rekening tahapan rencana IB, yaitu:

1. Memiliki giro iB atau tabungan iB

2. Sudah melengkapi data untuk pembukaan rekening

3. Menyiapkan data diri berupa fotokopi KTP SIM atau paspor

4. Menyiapkan NPWP (jika ada)

5. WNI berusia 17 hingga 55 tahun

6. Melengkapi formulir yang dinamakan dengan Simplified Issue Offering

Setoran awal untuk rekening tahapan rencana IB adalah minimal Rp250.000 namun gratis biaya administrasi dan premi asuransi.  Cara buka rekening BCA syariah jenis tahapan rencana IB tidak jauh berbeda dengan cara buka rekening tahapan IB.  Petugas customer service akan memberikan instruksi hingga tahap akhir jika berkas persyaratan yang diperlukan sudah lengkap. 

Tidak ada biaya pembuatan rekening secara khusus, Anda hanya perlu menyediakan dana untuk setoran awal. Fasilitas Mobile Banking bisa Anda gunakan dengan cara mendownload aplikasi BCA Syariah mobile di Google Play Store ataupun App Store.  Sangat mudah bukan? 

Itulah syarat dan cara buka rekening BCA Syariah yang memiliki banyak manfaat khususnya  bagi nasabah.  Semoga penjelasan di atas dapat membantu khususnya bagi Anda yang memerlukan informasi mengenai tabungan di BCA Syariah. Semoga bermanfaat. 

Salam,


Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Buka Rekening BCA Syariah"

Berlangganan via Email