Meningkatkan Kemampuan Otak dan Berpikir Kritis pada Anak dengan ZenCore

 

Fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius bisa meningkatkan kemampuan otak

Hindunnisa.com - Di era yang semakin canggih ini, banyak tantangan yang harus dihadapi baik untuk anak maupun orang tua. Jika dibandingkan dengan masa kecil anak tahun 90-an tentunya akan sangat berbeda. Kini kemampuan beradaptasi dengan teknologi merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan. Dengan mudahnya mengakses informasi, terkadang anak memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Tak jarang orang tua merasa kaget dengan beberapa pertanyaan anak yang dinilai kritis berpendapat. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan pada setiap anak adalah kemampuan berpikir kritis. Banyak yang mengenal kemampuan ini dengan nama metode Socrates. Cara ini dikenal sebagai salah satu alat untuk berpikir kritis yang pertama dikenal manusia. Seiring dengan perkembangan zaman kini banyak aplikasi yang juga dapat melatih cara berpikir kritis, misalnya melalui fitur ZenCore pada aplikasi Zenius.

Baca Juga: Belajar Mendidik Anak di Era Digital

Manfaat Berpikir Kritis dan Rasional

Berpikir kritis sudah diterapkan ribuan tahun di seluruh dunia. Lalu apakah manfaatnya bagi anak? Berikut ulasannya!

1. Mendorong Keingintahuan Anak

Rasa ingin tahu dapat mendorong pemahaman yang lebih mendalam pada anak. Bukan hanya sekedar pemahaman tentang lingkungan sekitar tapi juga hal-hal yang penting di dunia ini. Lebih luas lagi manfaatnya mendorong rasa ingin tahu tentang topik yang diajarkan di sekolah yang dianggap relevan dengan kehidupan sehari-hari. 

Dengan adanya keinginan untuk mengetahui banyak hal karena berpikir kritis dapat membuat anak menjadi seorang pembelajar seumur hidupnya. Anak akan terbuka pada peluang yang ada dan menerapkan kebiasaan berpikir dalam situasi apapun. Seorang pemikir kritis tidak menerima apapun begitu saja namun terpacu untuk mengajukan pertanyaan sehingga dapat menjelajahi semua sisi dari suatu masalah. Ia tertarik dengan fakta yang lebih dalam dan tersembunyi.

Beberapa diantaranya mengajukan pertanyaan, seperti:

  • Apa yang terjadi? 
  • Dari mana asalnya ini? 
  • Apa yang saya lihat?
  • Mengapa ini penting?
  • Bagaimana jika …?
  • Kenapa tidak?
  • Apa yang tersembunyi dan mengapa itu penting?
  • Siapa yang mengatakan ini? 
  • Apa lagi yang harus saya pertimbangkan?

2. Mengasah Kemampuan untuk Memecahkan Masalah

Seorang anak yang berpikir kritis biasanya menjadi pemecah masalah dengan menggunakan insting. Di masa depan, anak-anak dihadapkan pada tantangan yang lebih rumit sehingga berpikir kritis diperlukan agar dapat menemukan solusi. Komitmen dan kesadaran dalam memahami masalah merupakan salah satu ciri dari seorang pemikir yang kritis. Dengan berpikir secara kreatif dapat menghasilkan solusi yang tepat, inovatif dan dapat bertahan lama.

3. Dapat Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas merupakan salah satu faktor yang cukup penting dan perlu diperhatikan. Pada kenyataannya kreativitas berada pada urutan nomor 2 di bawah pemecah masalah. Cara berpikir kritis dapat memicu anak untuk menjadi seorang pemikir kreatif. Hal ini karena mempertanyakan asumsi banyak hal.

Pertanyaan "bagaimana" dan "mengapa" akan sering ditanyakan oleh anak. Rasa ingin tahu membuat anak menjadi lebih kreatif dan tidak takut keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: Bermain Ternyata Bisa Menjadi Terapi untuk Anak

4. Menjadikan Anak Lebih Mandiri

Kemandirian untuk anak usia sekolah merupakan salah satu tujuan pendidikan. Keterampilan berpikir akan mengasah kemampuan menjadi seorang pemikir yang hebat bahkan menjadi pemimpin. Dengan keterampilan seperti ini maka anak akan lebih memahami dunia berdasarkan pengamatan pribadi dan pengalamannya. Anak akan lebih percaya diri dan mampu belajar dari kesalahannya sehingga lebih produktif di masa depan. Dengan kemandirian maka anak sekolah mendapatkan hadiah untuk menjalani hidup. 

5. Berpikir Kritis Adalah Keterampilan Untuk Hidup

Dengan sering dilatih untuk berpikir kritis maka dapat lebih memudahkan masa sekolah dan juga membangun kesuksesan pada tahun-tahun pendidikannya. Itulah perlunya orang tua dalam memastikan pendidikan pada anak sejak dini dan aktif untuk membangun pola pikir yang kritis dan mandiri sehingga menumbuhkan keterampilan belajar anak untuk seumur hidup.

Itulah beberapa alasan mengapa orang tua perlu melatih anak berpikir kritis. Intinya anak akan menjalani hidup dengan lebih mandiri dan kreatif.

Baca Juga: Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Memilih Aplikasi yang Tepat untuk Belajar Anak

Download aplikasi Zenius yang bisa digunakan pada sistem operasi android maupun iOS

Seiring dengan perkembangan zaman maka orang tua perlu memiliki wawasan yang luas. Kegiatan belajar yang semakin canggih di era digital, mengharuskan orang tua untuk belajar menggunakan teknologi. Apalagi dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau PJJ dimana anak belajar di rumah. Untuk dapat mengimbangi materi yang diberikan oleh guru secara online, anak juga dapat memiliki sistem belajar lain yang mendukung seperti dengan mengikuti bimbingan belajar.

Jika sebelumnya bimbingan belajar di suatu lembaga dilakukan dengan cara datang ke tempat bimbel tersebut, kini dapat dilakukan secara online. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan juga menyenangkan bagi anak adalah aplikasi Zenius. Kebutuhan untuk persiapan ulangan sekolah, UTBK, AKM, ujian mandiri dan lainnya bisa didapatkan di aplikasi ini. 

Dengan menggunakan adaptive learning maka anak bisa #mulaidarimanaaja. Tutor yang ada pada aplikasi ini menggunakan bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti oleh anak. Dengan download aplikasi Zenius manfaatnya anak bisa mendapatkan jawaban yang jelas. Salah satu fitur menarik pada aplikasi ini untuk melatih kemampuan berpikir anak adalah ZenCore.

Baca Juga: Ajari Anak Berkonsentrasi dengan Permainan Lempar Bola

Fitur Menarik untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis

Daya ingat makin kuat karena udah latihan di fitur ZenCore yang tersedia di aplikasi Zenius


Selain menyediakan cara pembelajaran yang mudah dimengerti, aplikasi Zenius juga menyediakan sebuah fitur yang dapat melatih kemampuan, pengetahuan dan cara berpikir. ZenCore merupakan salah satu fitur untuk melatih skill dan knowledge yang mesti dikuasai oleh semua orang terlepas dari apapun pekerjaan, jurusan atau pendidikannya. 

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa kemampuan berpikir kritis dan rasional pada anak sangatlah penting. Dengan fitur ini maka anak dapat melatih kecepatan berpikir dan mengambil keputusan yang tepat. Pada CorePractice akan dilatih Fundamental skills yang bermanfaat untuk melatih cara berpikir agar lebih cerdas. 

CorePractice adalah kuis yang dapat dimainkan oleh anak untuk upgrade Fundamental Skills. Di dalamnya terdapat beberapa kuis yaitu matematika verbal & logika dan bahasa Inggris. Hal ini penting bagi semua orang karena akan lebih memudahkan dalam menangkap informasi si dan melatih berpikir kritis serta rasional. Nantinya dengan mengupgrade skill ini maka dapat meningkatkan kualitas hidup secara umum.

Fitur ZenCore bisa bantu kamu untuk push rank


Pada fitur ZenCore ini menurut saya cukup seru karena terdapat berbagai pertanyaan yang dikombinasikan dengan beberapa level. Berhubung anak saya masih kelas 1 SD maka saya mencoba sendiri fitur CorePractice ini. Pertanyaan pada setiap levelnya cukup menantang dan juga menguji wawasan berpikir. Yang saya sukai salah satunya pada kuis matematika di mana selain menguji ketepatan dalam berhitung tapi juga menguji ketelitian.

Baca Juga: Pentingnya Mengoptimalkan 1000 Hari Terbaik bagi Anak untuk Mencegah Stunting

Tentunya ini juga akan menyenangkan bagi anak apalagi bisa push rank bareng teman. Seru dan lebih menantang, ya? Tidak perlu takut salah karena kuis ini akan otomatis disesuaikan dengan level kemampuan anak jadi jangan ragu dan #mulaidarimanaaja. Caranya klik fitur ZenCore yang ada pada homepage lalu kerjakan semua kategori kuis pada CorePractice. Nantinya bisa melihat global score dan juga bisa melihat berapa global rank dibandingkan teman yang push rank.

Sebaiknya dikerjakan secepat-cepatnya namun tetap harus akurat agar nilainya maksimal. Nilai yang diperoleh dan pembahasan kuis dapat dilihat setelah selesai. Dengan latihan CorePractice terus menerus maka skill akan lebih meningkat. Semua materi sudah pernah dipelajari di sekolah hanya tinggal sering berlatih. Dengan sering bermain dan menjawab pertanyaan pada kuisnya maka bukan hanya memuji fundamental skills, tapi juga bisa menjadi persiapan untuk mengikuti tes seperti tes CPNS, UTBK dan lain-lain. Jadi bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan namun anak juga bisa mendapatkan manfaat dari fitur ZenCore ini.

Ajak anak untuk cara belajar yang lebih seru dengan download aplikasi Zenius. Jangan lupa untuk mencoba fitur ZenCore agar dapat melatih berpikir kritis dan juga rasional pada anak. Yuk, share pengalaman di kolom komentar tentang bagaimana kesan menggunakan aplikasi Zenius dan bagaimana keseruan belajar serta bermain CorePractice! Salam Semangat...



 


28 komentar untuk "Meningkatkan Kemampuan Otak dan Berpikir Kritis pada Anak dengan ZenCore"

  1. Kalau dari kecil sudah diajarkan berpikir kritis sepertinya ketika dewasa anak akan mudah untuk menerima pelajaran dan juga bersosialisasi ya mba.

    BalasHapus
  2. Banyak nih yang pakai app ini. Jadi pengun instal juga karena penasaran. Siapa tahu aku butuh latihan lagi biar lebih cerdas. Hahah

    BalasHapus
  3. Bukan cuma anakku, aku pun seneng mainan ZenCore, berasa lagi sekolah. Terus kalau score-nya nggak sesuai harapan, jadi penasaran wkwk.

    BalasHapus
  4. Wah, zencore by Zenius membantu bangett ya
    apalagi ini blum jelas kapan kira2 anak2 bisa belajar tatap muka
    sekarang daring melulu
    pastinya kita butuh zenius banget

    BalasHapus
  5. Aplikasi zenius menarik ya. Membantu anak belajar kritis dan mandiri. Selama PJJ memang harus pinter2 mencari solusi dalam metode belajar agar anak tidak bosan.

    BalasHapus
  6. Noted nih mbak, adekku mau tak downloadkan aplikasinya ah. Biar dia nggak ngegame melulu. Seru banget kayaknya kl cobain zencore yak

    BalasHapus
  7. Aku baru tau loh kak Zencore ini praktis ya apps nya sangat membantu pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang ya

    BalasHapus
  8. Sekarang makin banyak aplikasi belajar online ya..termauk zencore ini..pastinya sangat membantu anak dalam melakukan kegiatan belajar daring

    BalasHapus
  9. Catet nih, bikin anak semakin termotivasi untuk belajar ya. Seru kelihatannya..

    BalasHapus
  10. Untuk meningkatkan kemampuan otak putra saya yang kadang dalam pelajaran tertentu masih di bawah rata rata seperti nya harus ikut instal Zencore dari Zenius juga nih.
    Semoga bikin anak saya makin semangat belajarnya. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Walau mungkin lebih ke anak penggunaan aplikasi ini namun tidak ada salahnya jika orang tua ikut mencoba ya mba. Zencore sepertinya bagus nih diinstall kepada para murid sekolah

    BalasHapus
  12. zencore dari zenius ini jadi bisa digunakan dengan anak usia berapa ya mbak hindun? adakah berbayarnya atau bisa dicoba dengan download di google platstore?

    BalasHapus
  13. Aku kira aplikasi ini cuma untuk anak-anak atau siswa seolah aja loh. Ehh, ternyata bisa buat orang dewasa juga yang barangkali sedang mempersiapkan ujian, ntah itu ujian CPNS atau ujian-ujian masuk lainnya...

    BalasHapus
  14. Keren banget sih zencore ini. Anak jadi semangat belajar dan sangat membantu belajar online.

    BalasHapus
  15. Wah keren ya, bisa dicoba sbg ikhtiar buat bantu anak-anak..eee ternyata bukan cuma buat anak-anak aja aplikaisnya, dewasa juga bisa pakai

    BalasHapus
  16. Fitur ZenCore ini jadinya nggak hanya membantu belajar anak seperti biasa aja ya, tapi juga bisa membantu anak untuk belajar berpikir kritis dan rasional. Bener-bener gak kepikiran sebelumnya deh bakal ada fitur seperti ini.

    BalasHapus
  17. Zenius emang selalu terdepan
    aku juga sudah mencoba bermain fitur ZenCore ini mbak, sama ankku..Dia senang banget nyobain push rank nya

    BalasHapus
  18. Menarik sekali fitur-fiturnya. Saya jadi ingin mencoba. Karena anak-anak sekarang udah dikasih video pembelajaran dari gurunya, masih aja banyak tanya. Gak paham-paham. Mungkin metode ZenCore bisa membantu ya.

    BalasHapus
  19. Nah, bagus ini buat anak zaman now
    Kudu download nih :)
    Thanks for share

    BalasHapus
  20. anak sy sudah coba juga Zeniusnya
    dia suka ZenCore yang bahasa inggris
    karena sangat membantu dia menguji kemampuan dasarnya
    sehingga dia bisa berpikir cepat dan kritis

    BalasHapus
  21. Wah, boleh juga nih mbak. Ini khusus anak usia sekolah kah? Untuk anak PAUD bisa juga gak ya?

    BalasHapus
  22. Anak2 pasti serasa bermain ya apalagi ada perbandingan dengan teman2nya di pushrank. yuk lah kita manfaatkan kecanggihan teknologi dan aplikasi dari Zenius ini untuk melakukan kegiatan yang lebih positif seperti belajar sambil bermain ini.

    BalasHapus
  23. Lucu banget yaah..
    Aplikasinya bilang "Cakep Bos".
    Hahaha...gemesh banget belajar sambil bermain begini bersama aplikasi Zencore.

    BalasHapus
  24. Jadi pengin ikutan download aplikasi Zenius. Apalagi fitur Zencore menarik dan bisa untuk penyegaran kita juga.

    BalasHapus
  25. Kebayang ya zaman pandemi gini ngajarin anak sekolah online kayak apa. Memang dibutuhkan aplikasi yg menyenangkan biar anak gak bosan belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  26. Iih .iih ..warnanya cakep amat siih...auto donlot ini mah, anak-anak dijamin betah pastinya ya, sikat lagiii...

    BalasHapus
  27. Baru tahu ada aplikasi kayak gini. Kayaknya, bagus buat Hilyah, nih biar dia makin pintar kayak Tante Hindun.

    BalasHapus
  28. Seneng deh selama pandemi begini banyak aplikasi yang membantu anak-anak belajar. Zencore ini salah satunya. Apalagi banyak fiturnya juga. Anak-anak betah deh ya belajarnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,,, silahkan post komentar Anda