4 Cara Sederhana Mengatasi Overthinking, Harus Dicoba!

 

cara mengatasi overthinking

Hindunnisa.com Akhir-akhir ini istilah overthinking marak dijumpai khususnya di sosial media. Banyak generasi muda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi overthinking paling efektif. Tak jarang kegiatan sehari-hari jadi terganggu karena kondisi yang satu ini.

Overthinking merupakan kondisi dimana memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Energi terasa cepat habis memikirkan hal yang sama sepanjang hari. Dampak negatif yang dirasakan diantaranya istirahat terganggu dan sulit fokus. Nah, kondisi ini jangan sampai dibiarkan dan memberi dampak negatif. Berikut beberapa cara mengatasi overthinking!.

1. Sadari dan Cari Tahu Pemicunya

Berpikir secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan mental maupun fisik. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyadari adanya pikiran yang mengganggu. Jika dibiarkan berpikir berlebihan dapat menjadi suatu kebiasaan. Cari tahu apa yang menjadi pemicu dari masalah yang sedang dipikirkan.

2. Meditasi 

Temukan tempat yang nyaman untuk duduk, posisikan tubuh serileks mungkin. Letakkan satu tangan di dada dan satu lagi di atas perut. Tarik napas dan buang napas melalui hidung. Fokus pada gerakan dada dan perut pada saat bernapas. Latihan ini dapat dilakukan tiga kali setiap hari selama 5 menit atau kapanpun saat overthinking datang. Bagi muslim bisa melakukan meditasi melalui sholat atau berdzikir.

Baca juga:

3. Penerimaan Diri

Overthinking kerap datang saat memikirkan kesalahan masa lalu atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa Anda ubah. Alih-alih membenci diri sendiri dengan penuh sesal cobalah untuk lebih menerima dan berbelas kasih terhadap diri sendiri. Strategi yang bisa dilakukan dalam upaya menerima diri sendiri diantaranya perbanyak rasa syukur menumbuhkan sistem pendukung yang kuat seperti keluarga atau orang terdekat dan memaafkan diri sendiri.

4. Lakukan Terapi

Berbagai cara sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil tidak ada salahnya untuk mulai mencoba terapi dan mendapatkan bantuan tenaga profesional. Overthinking sendiri merupakan salah satu gejala masalah kesehatan mental seperti mudah cemas dan depresi. Berkonsultasi dengan tenaga profesional kesehatan mental dapat membantu mengurangi kecemasan. Mereka dapat memberikan strategi atau solusi agar Anda dapat mengurangi overthinking.

Itulah cara mengatasi overthinking yang bisa Readers coba. Ingat bahwa perlu mencintai diri sendiri. Jika sudah mengupayakan yang terbaik, berdamailah dengan keadaan yang tidak bisa kita ubah. Bijaklah terhadap diri sendiri!.


Sumber foto: Canva


Tidak ada komentar untuk "4 Cara Sederhana Mengatasi Overthinking, Harus Dicoba!"