Traveling Keluarga? Ini Dia Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Anak!

wisata ramah anak

Hindunnisa.com  Travelling keluarga menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat rasa cinta antara anak dan orang tua. Namun mengajak si kecil bepergian bukanlah hal yang mudah apalagi jika masih usia bayi atau balita.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak bisa mengalami stres karena beragam aktivitas yang padat setiap hari. Salah satu cara yang digunakan untuk mengurangi stres adalah menghirup udara segar dan bermain. Untuk berjalan-jalan bersama keluarga tentu harus memilih destinasi wisata ramah anak. Yuk, simak tipsnya!.

Perhatikan Akses Menuju Lokasi

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata viral, harus diperhatikan akses menuju lokasi tersebut. Cek terlebih dahulu apakah akses jalan ramah untuk anak atau tidak. Hindari jalan yang terjal atau hambatan lainnya apalagi jika membawa bayi atau balita. Lakukan riset terlebih dahulu kemudian sampaikan poin-poin penting kepada anak sebagai upaya sounding. Tujuannya agar anak memiliki gambaran mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi dan lebih menikmati perjalanan.

Fasilitas Tempat Wisata

Umumnya destinasi wisata yang ramah anak meliputi taman kota, taman bermain, playground indoor ataupun outdoor. Kini banyak pula yang menyediakan camping keluarga untuk memberikan sensasi berkemah yang berkesan untuk anak. Setelah menentukan tempat yang akan dikunjungi selanjutnya cek fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut. Sebaiknya orang tua juga membaca ulasan di Google tentang lokasi wisata tersebut. Jangan lupa juga untuk mengecek fasilitas hotel yang akan dipesan di kota tujuan.

Baca juga: Manfaat Travelling untuk Anak

Perhatikan Makanan 

Kebutuhan perut si kecil juga cukup penting untuk kelancaran perjalanan dan saat berlibur. Pastikan anak sudah makan sebelum berangkat agar menikmati perjalanan. Jika membeli makanan di tempat wisata sebaiknya memilih makanan yang cocok dengan perut anak-anak.

Cek Cuaca dan Keramaian

Sebelum pergi ke tempat tujuan pastikan untuk mengetahui cuaca di tempat tujuan tersebut. Pastikan anak-anak merasa nyaman termasuk jika terjadi perubahan cuaca atau suhu yang ekstrem. Jangan lupa untuk mengecek keramaian lokasi wisata. Beberapa anak merasa kurang nyaman jika berada di keramaian yang cukup padat. Jadi pastikan untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Setelah empat hal di atas sudah dipastikan, maka Anda dapat menentukan tempat wisata ramah anak yang akan dikunjungi bersama. Keamanan dan kenyamanan anak termasuk faktor penting agar dapat menikmati liburan.

Sumber foto: Pixabay

Salam,

Hindunnisa


Tidak ada komentar untuk "Traveling Keluarga? Ini Dia Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Anak!"