Mengoptimalkan Blog dan Peluang Mendapatkan Penghasilan

 



Mengoptimalkan Blog dan Peluang Mendapatkan Penghasilan - Siapa yang tidak tergiur dengan kata "penghasilan" ? Tentu saja ini menjadi hal yang cukup menggiurkan. Banyak yang berusaha memanfaatkan peluang agar dapat menjadi sumber penghasilan lain atau passive income yang dapat menambah pundi-pundi rupiah dalam genggaman. Salah satunya adalah peluang menulis artikel di blog.

Bukan hanya tempat berbagi informasi  kepada para pembaca tapi juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup menguntungkan. Caranya bisa melalui AdSense, endorsement, content placement, afiliasi dan juga kerja sama lainnya. Modal yang digunakan untuk membangun blog memang pada awalnya tidak terlalu besar namun tetap bisa menghasilkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Apalagi jika benar-benar mengoptimalkan blog secara keseluruhan maka keuntungan yang didapatkan pun cukup besar seperti penjelasan beberapa blogger terkenal.

Saya sendiri mulai membuat blog pada tahun 2015 namun hanya sebatas menulis beberapa cerita pribadi saja. Sekitar tahun 2019 bertemu dengan komunitas penulis dan juga blogger akhirnya mulai memperbaiki performa blog, menulis artikel yang lebih baik serta mengoptimalkan blog dari segi tampilan dan kualitas.

Sampai sekarang pun ternyata masih banyak komponen blog yang harus dipelajari namun kepuasan tersendiri bisa didapatkan jika bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat. Berorientasi pada penghasilan tentunya tidak salah namun harus diseimbangkan pula dengan kualitas dari blog yang kita miliki. Saya sendiri merasakan hasilnya ketika memperbaiki performa, komponen serta tulisan meskipun sampai sekarang masih terus belajar hingga benar-benar optimal. Beberapa klien menawarkan content placement ataupun review produk. Tentunya senang sekali artinya blog ini diapresiasi.

Baca Juga: Honest Review Scarlett Whitening, Bodycare Viral yang Dipakai Para Influencer Terkenal

Peluang Mendapatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Blog


Lalu bagaimanakah cara agar bisa menghasilkan uang dengan menulis di blog? Pertanyaan ini juga terlintas saat saya melihat beberapa blogger yang sukses. Namun perlu dipertimbangkan pula kualitas bukan hanya mengejar rupiah karena semakin berkualitas tentunya nilainya akan semakin tinggi. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memikirkan bagaimana agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog:

Mengoptimalkan Blog dengan Memilih Platform Terbaik

Banyak platform berkualitas yang bisa Anda pilih saat mulai membuat sebuah blog misalnya  Blogspot, WordPress, Joomla, Magento, Drupal dan lainnya. yang umum digunakan para blogger di Indonesia biasanya WordPress dan Blogspot. Setiap platform tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan pilihan Anda. 

Kumpulkan Ide-ide Tulisan yang Menarik dan Bermanfaat bagi Pembaca

Beberapa blogger menyebutkan bahwa "Content is the King" memang anggapan ini tidak salah karena beberapa pembaca akan betah mengunjungi saat blog tersebut memiliki konten atau tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk mereka. Terlebih jika memiliki blog dengan niche lifestyle tentunya akan banyak ide dari kehidupan sehari-hari yang bisa menjadi sebuah konten lengkap berisi pembahasan tentang ide tersebut. Bila perlu tuliskan ide tersebut dan kembangkan pembahasannya menjadi sebuah informasi yang lengkap.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Branding bagi Seorang Penulis?

Agar lebih menarik Anda bisa mengambil sudut pandang lain sehingga tulisan tersebut menjadi lebih unik. Sertakan judul yang kreatif dan menjadi sorotan pembaca. Umumnya para pembaca akan malas membaca isi konten jika judulnya terlihat biasa saja dan tidak menarik. Jangan lupa sertakan berbagai pemanis berupa gambar, ilustrasi ataupun foto yang bisa membuat konten Anda menarik untuk dibaca.

Mengoptimalkan Blog melalui SEO Berkualitas

Saat mengikuti beberapa Webinar, Kulwap atau menyimak penjelasan para blogger, SEO merupakan salah satu komponen yang penting dan tidak boleh diabaikan saat menulis artikel blog. SEO yang berkualitas tentunya bisa menjadi salah satu senjata ampuh menjaring banyak pembaca dari Google. Penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten bisa menjadikan konten tersebut ada di halaman pertama untuk pencarian Google. 

Meski demikian kata kunci bukan satu-satunya hal yang dapat membangun kualitas SEO. dibutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa membangun SEO yang berkualitas namun demikian bukan hal yang mustahil akan cepat tercapai jika benar-benar menerapkan cara yang tepat.

Dapatkan Pembaca Setia Blog Anda

Blog yang berkualitas tentunya tidak bisa dibangun dengan mudah karena memerlukan beberapa hal yang harus benar-benar dioptimalkan. Meskipun tidak mudah namun tentunya bukan hal yang mustahil jika konsisten menjaga kualitas konten dan ide-ide menulis yang menarik maka kepercayaan dari pembaca pun semakin bertambah dan bukan hal yang mustahil mendapatkan pembaca blog yang setia.

Jangan lupa untuk meminta saran kritik ataupun feedback dari para pembaca agar kualitas blok dapat dipertahankan atau diperbaiki. Dengan demikian pembaca setia tersebut benar-benar menyukai blog anda dan secara sukarela membagikan tulisan Anda kepada yang lain.

Perhatikan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu potensi yang dapat mendatangkan pengunjung pada blog Anda selain pencarian organik. Calon pembaca blog dapat dijangkau dengan lebih banyak saat Anda membagikan artikel yang Anda tulis di media sosial.

Cara Monetasi Blog



Setelah blog berkualitas Maka selanjutnya bisa memikirkan bagaimana cara yang tepat agar Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Terdapat beberapa cara yang bisa dioptimalkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog diantaranya:

1. Google AdSense

Siapa yang tidak mengenal istilah AdSense. Layanan periklanan ini memang cukup populer terutama bagi para content creator. Blog yang memenuhi syarat dapat diterima pihak Google untuk program AdSense. anda hanya cukup meletakkan kode tersebut pada website atau blog. Iklan nantinya akan tampil pada blog dan dapat menghasilkan jika ada pengunjung website yang mengklik iklan tersebut.

Iklan yang tampil tentunya sesuai dengan isi konten ataupun niche. Misalnya jika website atau blog Anda membahas seputar hewan peliharaan maka iklan yang ditampilkan pun membahas promosi yang berkaitan dengan hewan.

2. Endorsement

Para blogger biasanya mempromosikan layanan tertentu ataupun produk pada kontennya baik berupa review atau menawarkan produk secara soft selling. hal tersebut dinamakan endorsement yaitu kerjasama antara blogger dengan perusahaan tertentu sehingga mengiklankan pelayanan atau produk perusahaan. Benefit yang didapatkan mulai dari produk gratis hingga uang tunai tergantung bagaimana kesepakatan dengan perusahaan tersebut.

Blog yang berkualitas tentunya akan cepat dilirik perusahaan untuk bekerjasama. Maka dari itu seperti yang dibahas sebelumnya kualitas adalah hal yang pertama harus dibangun dan diperhatikan.

3. Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu program dimana blogger akan mendapatkan komisi jika pengunjung blog melakukan pembelian atau melengkapi data melalui banner afiliasi yang ada di blog ataupun Link. Komisi yang didapatkan tentunya berbeda-beda tergantung perusahaan tersebut.

4. Menawarkan Produk atau Jasa

Blog yang anda miliki dapat menjadi salah satu sarana untuk menawarkan jasa kepada para pengunjung misalnya jasa pembuatan artikel ataupun pembuatan website. Bisa juga menawarkan produk yang Anda miliki dengan melakukan penawaran produk di blog. Lengkapi produk dengan spesifikasi yang lengkap agar pengunjung benar-benar mendapatkan informasi lengkap jika ingin memesan produk tersebut.

Mengoptimalkan Blog dengan Mengenal Komponen dan Elemen Dasar



Berupaya mengoptimalkan browser tentunya harus mengenal beberapa elemen penting dan juga komponen pada website atau blog. Bagi pemula hal ini cukup penting agar dapat memaksimalkan komponen-komponen tersebut. Komponen dasar blog:

1. Title

Komponen ini merupakan judul atau nama dari web, biasanya terletak di bagian title bar.

2. Nama Domain

Nama asli website sebenarnya berupa IP address yang merupakan nomor unik yang diacak. Nama domain biasanya di sewa bertahun dan digunakan agar lebih mudah mengingat suatu blog atau website tertentu. Contoh nama domain misalnya hindunnisa.com sesuai dengan domain blog ini.

3. Alamat URL

URL atau Uniform Resource Locator diibaratkan sebagai alamat rumah yang lengkap. format url ini bermacam-macam namun diawali dengan nama blog atau domain website tersebut.

4. Link atau tautan

jika blog atau Web merupakan rumah maka link atau tautan diibaratkan gerbang atau pintu menuju ke halaman rumah ah. Umumnya struktur link diatur dalam kode html yaitu <a href=”alamat url halaman blog tujuan”>Anchor teks/ Teks yang dilink</a>.

5. Header

Komponen yang satu ini merupakan bagian atas yang terdapat pada suatu website biasanya berisi logo nama situs dan juga deskripsi blog tersebut. Fungsinya agar dapat menampilkan identitas blog.

 6. Konten, Artikel atau Isi

Konten dari blog berupa artikel biasanya berada pada bagian tengah yang bisa dibaca dan berisi informasi suatu pembahasan sesuai dengan artikel tersebut.

7. Sidebar

Sisi kanan atau kiri pada sebuah blog di samping konten ini merupakan sidebar. umumnya berfungsi untuk memberikan informasi tambahan atau navigasi dari website tersebut. Isinya berupa widget chat misalnya popular post atau media sosial. sabar umumnya bersifat opsional atau tergantung dari pemilik blog tersebut bisa tanpa sabar ataupun satu sisi saja sesuai selera blogger dan template yang digunakan.

8. Widget

Widget merupakan salah satu elemen website yang memiliki fungsi tertentu. Posisi Widget bisa terletak di side bar di atas postingan diputar atau bisa juga di bagian header.

9. Footer

Footer merupakan bagian bawah website yang berfungsi sebagai penyedia informasi kepemilikan hak cipta sumber daya sponsor ataupun link tambahan.

10. Navbar

Navbar atau Navigation bar umumnya terletak pada bagian atas dan berfungsi mempermudah navigasi pada situs tersebut.

11. Menu

Menu berisi link utama yang mengarah pada halaman tertentu blog atau website. Fungsinya memang mirip dengan navigasi bar namun secara teknis berbeda karena terletak di bawah atau bagian atas header.

12. Breadcrumb

Elemen yang satu ini umumnya berbentuk memanjang yang berisi informasi mengenai letak posisi atau jalur halaman yang sedang dikunjungi pembaca. Biasanya terletak di bagian atas sebelum judul artikel formatnya seperti “Beranda > Kategori Posting > Nama/judul Posting”.

13. Form

Bagian ini memiliki fungsi mempermudah keikutan data dari mengakses website atau blog bisa bersifat wajib ataupun opsional. Form dalam bahasa indonesia disebut formulir. 

14. Sharing button bar

Fungsi elemen yang satu ini adalah memudahkan pembaca jika ingin berbagi artikel ke media sosial misalnya Twitter Facebook dan lainnya

15. Popup

Elemen ini merupakan sebuah jendela yang menampilkan informasi dari pemilik blog kepada para pembaca. Pembaca harus menutup pop-up terlebih dahulu agar dapat melanjutkan ke konten lainnya.

Itulah beberapa komponen penting yang biasanya ada di blog atau website yang perlu diketahui khususnya bagi blogger pemula.

Pentingnya Memilih Provider Internet yang Tepat



Dunia blog tidak lepas dari kata online dan internet. Tanpa jaringan yang memadai maka konten atau tulisan yang berkualitas pun tidak bisa tampil di blog dan dibaca banyak orang. Salah satu provider yang saya pilih adalah IM3 Ooredoo yang sudah setia menemani selama bertahun-tahun. Kualitas dan performa dari provider yang satu ini semakin memukau para pelanggannya.

Salah satunya adalah paket imprisoner yang akan lebih memudahkan penggunaannya dengan kuota bisnis yang cukup besar untuk 1 tim sebanyak 25 orang. Menarik sekali, apalagi dengan budget yang terjangkau mulai dari 50 ribu hingga 1 juta per bulannya. Para pemilik bisnis dapat membagikan kuotanya pada tiap divisi hingga maksimal 320 GB.

Nomor yang sudah terdaftar dalam tim tersebut bisa mendapatkan kuota meskipun merupakan pelanggan prabayar atau pascabayar. Cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan jaringan yang memadai dengan harga yang terjangkau.

Webinar IM3 Ooredoo X IIDN

Komunitas IIDN bersama IM3 Ooredoo dalam mengoptimalkan peluang penghasilan para blogger, bekerja sama mengadakan 25 episode webinar dengan berbagai pembahasan yang menarik. Webinar ini berlangsung sejak tanggal 29 Agustus hingga 3 Oktober 2020.

Berbagai pembahasan secara lengkap dihadirkan dengan pembicara yang kompeten di bidangnya. Bukan hanya itu saja tapi dihadirkan juga beberapa materi pendukung misalnya menjadi youtuber pemula yang juga dapat melengkapi pengetahuan para blogger. Senang sekali saya dapat mengikuti rangkaian webinar dari IM3 ooredoo dan IIDN. 

Ilmu yang saya dapatkan tentunya akan dipraktekan dengan sebaik-baiknya untuk mengoptimalkan blog secara keseluruhan dan beberapa komponen pendukung lainnya.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN – Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog. http://bit.ly/im3ooredoxiidn

Salam,



Tidak ada komentar untuk "Mengoptimalkan Blog dan Peluang Mendapatkan Penghasilan"

Berlangganan via Email