Naik Kereta Api Joglosemarkerto? Ini Tips Agar Perjalananmu Menyenangkan!

 

Hindunnisa.com

Foto: https://pexels.com

Buat kamu yang sering bepergian di sekitaran kota-kota Jawa Tengah, kamu pasti tidak asing lagi dengan Kereta api Joglosemarkerto. Ini adalah layanan kereta api kelas eksekutif dan ekonomi dari KAI yang melayani beberapa rute lingkar lintas Jawa Tengah.

Kamu bisa cek jadwal Kereta Api Joglosemarkerto di sini, tapi secara umum kereta api ini melayani rute Solo Balapan - Yogyakarta - Purwokerto - Tegal - Semarang serta Cilacap -Yogyakarta PP. Tiketnya bisa kamu pesan secara online di Traveloka, lho!

Baca juga: 

7 Tips Tidur Pulas Saat Naik Kereta Api

Tempat Wisata Garut yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Lapangan Sempur Rekreasi Hemat di Kota Bogor

Tentang Kereta Api Joglosemarkerto

Hindunnisa.com

Foto: @dewajii on instagram

Kereta api aglomerasi ini mulai beroperasi pada tanggal 1 Desember 2018 silam melalui peleburan dua layanan kereta api yang sebelumnya beroperasi di area Jawa Tengah, yaitu Kamandaka dan Joglokerto. Tujuannya adalah untuk penyederhanaan pelayanan.

Dengan hadirnya KA Joglosemarkerto ini, penumpang rute Semarang - Solo - Yogyakarta - Purwokerto tak perlu singgah ke berbagai stasiun yang dilaluinya. KA Joglosemarkerto menyempurnakan layanan KA Kamandaka, Kalijaga, Joglokerto, Joglosemar yang sudah ada.

PT KAI menambah rute baru kereta api Joglosemarkerto, yaitu Cilacap - Yogyakarta, pada tanggal 25 Februari 2022 silam dengan nama lain Kereta api Nusa Tembini. Diharapkan, tingkat keterisian kereta semakin meningkat dan penumpang bisa lebih nyaman bepergian.

Dua rangkaian kereta yang dipakai untuk rute Cilacap - Yogyakarta adalah rangkaian idle Wijayakusuma dengan nomor KA 223 dan 224 dan rangkaian idle Mutiara Timur dengan nomor KA 231 dan KA 232.

Pengaturan Kursi Kereta Api Joglosemarkerto

Ada dua kelas Kereta Api Joglosemarkerto, yaitu eksekutif dan ekonomi serta satu kelas tambahan yaitu ekonomi premium, masing-masing punya pengaturan kursi yang berbeda-beda.

Kelas eksekutif terdiri atas 50 tempat duduk yang disusun 2-2 dan gerbongnya berada di depan. Jenis kursinya dapat direbahkan dan diputar. Kelas ekonomi, yang gerbongnya berada di belakang, memiliki 80 tempat duduk yang disusun 2-2.

Kursi ekonomi tidak bisa direbahkan dan saling berhadapan. Sedangkan untuk kelas ekonomi premium ada 64 kursi yang disusun 2-2 dan 80 kursi yang yang disusun 2-2; 32 kursi menghadap depan dan 32 kursi menghadap belakang. Kursinya juga dapat direbahkan.

Ada 6 gerbong ekonomi yang dipakai untuk rangkaian Solo Balapan dan Purwokerto serta tiga gerbong di rangkaian Wijayakusuma dan Mutiara Hitam. Sedangkan gerbong eksekutif ada tiga di Solo Balapan dan Purwokerto, serta empat di rangkaian Wijayakusuma dan Mutiara Hitam.

Tips Naik Kereta Api Joglosemarkerto

Setelah mempelajari berbagai informasi dasar tentang kereta api Joglosemarkerto, sekarang saya akan bagikan beberapa tips naik KA ini agar perjalananmu semakin nyaman.

Pesan Tiket Online

Sudah nggak jaman orang pergi ke stasiun untuk mengantri tiket kereta api sebab sekarang sudah zaman digital dan kamu pun bisa pesan langsung tiket kamu di aplikasi pemesanan tiket seperti Traveloka. Cara ini sangat praktis, cepat, mudah, dan aman.

Kamu bisa mengecek jadwal kereta api dan mencocokkannya dengan jadwalmu. Ketersediaan kursi juga bisa diperiksa, lho. Jadi, buat kamu yang senang duduk di dekat jendela, sebaiknya kamu pesan tiket secara online biar lebih leluasa.

Datang Lebih Awal

Ini adalah tips wajib buat kamu yang mau bepergian. Usahakan selalu datang ke stasiun lebih awal, sekitar 30 menit sebelum kereta api berangkat. Ini supaya kamu bisa menghindari antrian panjang boarding pass dan tidak terburu-buru selama perjalanan.

Packing Secukupnya

Bepergian dengan banyak barang bawaan itu bisa merepotkan lho, jadi packinglah dengan bijak. Bawa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan saja, jangan semuanya dibawa. Kalau bawaanmu terlalu banyak, kamu bisa minta tolong jasa porter yang disediakan oleh KAI.

Menjaga Protokol Kesehatan

Karena sekarang sedang musim pandemi, maka kamu wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, dan pastikan badan fit dan sehat untuk bepergian. Jika sakit, sebaiknya tunda dulu deh perjalananmu.

Menjaga Ketertiban

Di angkutan umum apapun kamu wajib menjaga ketertiban dan ketenangan. Hormati setiap penumpang dan petugas KA yang bekerja. Di kereta api ada larangan merokok, jadi kamu harus menghormati aturan itu. Jika ada masalah, kamu selalu bisa minta tolong pada petugas kereta.

Itulah beberapa informasi tentang kereta api Joglosemarkerto dan tips-tips bepergian yang perlu kamu tahu. Maka segera cari tiket kamu di Traveloka. Caranya mudah banget, cukup download aplikasinya dan buat akun jika belum pernah punya akun Traveloka.

Pilih menu Kereta Api dan masukkan informasi kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah kursi. Maka kamu akan mendapatkan hasil pencarian lengkap dari Traveloka. Kamu tinggal pilih deh kereta api mana yang paling sesuai dengan jadwalmu.

Pembayarannya juga mudah. Setelah memesan dan mengkonfirmasi pesanan, kamu tinggal bayar via transfer bank, ATM, e-money, kartu kredit, atau bayar di Alfamart dan Indomart. Tiket alias E-Boarding Pass pun bisa kamu cetak di stasiun. Mudah bukan? Jadi pakai Traveloka, yuk!



12 komentar untuk "Naik Kereta Api Joglosemarkerto? Ini Tips Agar Perjalananmu Menyenangkan!"

  1. Yes, saya udah download Traveloka. Memang memudahkan perjalanan banget. Harganya juga murah dan banyak bonusnya. Btw, kapan kita kereta apian bareng?

    BalasHapus
  2. Aku baru tau ada nama kereta ini, jujur pengen banget ke Jogja n solo mba. Emang selama ini selalu pesan online biar ga riweuh di stasiun heheu makasih banyak mba informasi nya semoga nanti bisa liburan naik kereta sama keluarga

    BalasHapus
  3. saya pernah naik kereta ini mba, nyaman sekali, saya juga sering belinya menggunakan aplikasi dari traveloka, banya diskonnya

    BalasHapus
  4. kereta api semakin cakep dan bikin nyaman penumpangnya ya.
    jadi ingat pengalaman pertama naik kereta api dari Bandung ke Jogja, sayangnya waktu itu naik kereta apinya malam hari jadi gak bisa lihat pemandangan luar :D
    moga nanti suatu hari bisa naik kereta api Joglosemarkerto ini juga tuk jalan-jalan ke seputar Jawa Tengah.

    BalasHapus
  5. Sebagai warga Yogya, perlu nih aku nyobain kereta Joglosemarkarto.
    Btw, bener banget, sekarang pesen tiket kereta via aplikasi online seperti Traveloka memudahkan penumpang tanpa harus antre dan bisa pilih nomor kursi sendiri.

    BalasHapus
  6. Wah, jadi bisa keliling tiga kota itu ya, pengen nyobain deh, kangen jalan-jalan naik kereta nih.

    BalasHapus
  7. Memang Traveloka itu memudahkan banget untuk melakukan perjalanan ke mana pun ya Bun. Sebagai warga Jogja yang merantau di Jawa Barat, saya jadi penasaran nih dengan Joglosemarkerto. Next mudik cobain ah.. Makasih infonya BunHindun..

    BalasHapus
  8. Traveloka tuhemang best banget jadi temen perjalanan, apalagi makin lengkap ada traveloka eats dan tiket wisata segala udah lengkap

    BalasHapus
  9. Wah, makin mudah nih sekarang kalau cuma kesekitaran jogja seperti ke solo, semarang juga.. Belum pernah naik sih, next bisa deh nyobain juga.. Mkasih tipsnya kak..

    BalasHapus
  10. Bener banget, pesen via online lebih mudah dan hemat waktu.

    BalasHapus
  11. sudah lama banget nggak naik kereta euy. terakhir kali naik kereta itu dari bogor ke jakarta sama teman-teman blogger multiply kalau nggak salah

    BalasHapus
  12. Saya lama banget gak naik kereta api. Padahal dulu kalau liburan sama suami selalu naik kereta api biar bisa menikmati pemandangan. Memang kalau naik KA bawa barang secukupnya aja ya mbak biar gak ribet

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini,,, Silakan post komentar Anda