Mudah Dipelihara, Inilah 10 Jenis Anjing Ras yang Cocok Jadi Teman di Rumah!

jenis anjing ras

Foto: Pixabay

Memelihara hewan peliharaan di rumah, bisa memberi beberapa manfaat untuk anak dan anggota keluarga lainnya. Banyak hewan peliharaan yang bisa menjadi pilihan. Selain keinginan anak, beberapa hal juga perlu dipertimbangkan misalnya bagaimana perawatannya, jenis apa yang akan dipilih dan hal lainnya.

Di samping manfaat yang didapatkan dari memelihara hewan, dampak buruk juga bisa terjadi jika hewan peliharaan tidak dirawat dengan baik. Contoh sederhana dampaknya pada kesehatan seperti adanya virus atau bakteri dari hewan tersebut yang dapat menimbulkan penyakit.

Manfaat Memelihara Hewan bagi Keluarga

Memilih hewan yang tepat tentu membutuhkan beberapa pertimbangan dan pengetahuan. Bukan hanya tampilan luar hewan yang lucu tapi juga bagaimana cara merawatnya. Jika Anda bertanya apa saja manfaat memiliki hewan peliharaan untuk si kecil dan anggota keluarga lainnya, inilah jawabannya:

  1. Dapat meredakan stres setelah seharian beraktivitas di luar rumah
  2. Mengajarkan rasa tanggung jawab saat merawatnya
  3. Dapat melatih rasa empati dan bagaimana berkasih sayang dengan sesama makhluk hidup
  4. Menemani dan menjaga lansia bahkan bagi yang memiliki penyakit Alzheimer akan lebih ceria dan merasa terhibur
  5. Mendorong untuk lebih banyak bergerak misalnya bermain bola dengan hewan
  6. Dapat mendukung tumbuh kembang anak

10 Jenis Anjing Ras yang Mudah Dipelihara 

Salah satu hewan yang bisa Anda pelihara adalah anjing ras. Dengan tingkahnya yang lucu dan kadang menggemaskan, hewan ini bisa menjadi teman yang setia. Hewan yang satu ini sudah terkenal memiliki kesetiaan yang loyal pada pemiliknya. 

Berikut ini 10 rekomendasi jenis anjing ras yang bisa jadi pilihan untuk dipelihara!

Chihuahua

Jenis yang satu ini cocok bagi yang menyukai hewan peliharaan mungil. Jenis anjing ini merupakan simbol nasional negara Meksiko. Meskipun ukurannya kecil rata-rata kurang dari 2,7 kg, kepribadiannya seperti anjing peliharaan besar. Hewan ini sangat mudah dikenali dari wajahnya yang khas dan kerap ikut kontes.

Golden Retriever

anjing ras

Foto: pexels.com

Anjing ini cukup terkenal karena muncul dalam seri film Air Bud. Perawakannya sedang dan termasuk jenis anjing yang mudah untuk dipelihara. Popularitasnya pun cukup tinggi karena selain pintar dan aktif, Golden Retriever dikenal loyal. Pemiliknya dianjurkan untuk mengajak main di luar untuk memelihara kesehatan tubuh anjing ras satu ini.

Baca juga:

Maltese

Bagi penyuka hewan peliharaan perubahan panjang halus dan lurus, Maltese merupakan pilihan yang tepat. Walaupun pada beberapa kondisi Maltese kerap menunjukkan perilaku keras kepala namun jenis anjing ini dikenal aktif menggemaskan serta mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Ukuran tinggi badannya hanya sekitar 17 sampai 22 cm dengan bobot kurang dari 3 kg. Tak heran mau Maltese kerap disebut sebagai anjing boneka.

Beagle

Anjing jenis ini cocok bagi yang menyukai hewan peliharaan yang imut. Perawatannya seperti puppy hingga usia dewasa dengan tinggi berkisar 33 sampai 38 cm sedangkan bobotnya antara 9 hingga 13 kg. Tingkah lakunya menggemaskan dan menyenangkan, Beagle juga dikenal sebagai salah satu anjing yang setia.

Akita Inu

anjing ras

Foto: pexels.com

Hachiko merupakan jenis anjing Akita Inu yang terkenal karena kesetiaannya menunggu majikan pulang selama 10 tahun. Jenis anjing asli Jepang ini merupakan simbol kebahagiaan dan ilmu panjang serta dihormati sebagai pelindung keluarga. Salah satu ciri khasnya adalah tubuh tegak dengan tinggi antara 66 hingga 71 cm dan bobotnya 45 hingga 58 kg. Bagian kepala terlihat besar dengan telinga yang tegak dan bagian ekor melengkung.

Pomeranian

Pilihan selanjutnya adalah anjing ukuran kecil dengan tipe bulu yang sedang dinamakan anjing Pomeranian. Bulunya terlihat panjang sedang dan menggembung. Tingkah lakunya menggemaskan cukup waspada dengan lingkungan sekitar serta dikenal sebagai salah satu jenis anjing yang cerdas. Warnanya secara umum, anjing ini populer dengan warna jingga kemerahan.

Chow Chow

Anjing ras terbaik selanjutnya berasal dari kawasan Asia tepatnya dari dataran Tiongkok bagian utara. Jenis anjing ras ini dikenal memiliki tinggi berkisar 43 hingga 50 cm dan bobotnya berkisar 45 hingga 70 kg. Anda dapat menemukannya dengan mudah di tempat jual anjing. Ciri-ciri lainnya adalah bulunya tebal dan dikenal dengan wajah yang berlipat-lipat. Sama seperti anjing lainnya cocok juga merupakan anjing yang setia dengan orang yang dikenalnya namun kadang tidak suka bertemu dengan orang asing.

Samoyed

Samoyed berasal dari daerah dengan cuaca ekstrem tepatnya di Siberia. Ciri khasnya berupa bulu yang tebal berwarna putih dan sanggup menahan suhu yang dingin. Sudut mulut Samoyed mirip seperti tersenyum secara alami. Gunanya agar air liur tidak menetas dan mencegah terbentuknya es jadi bagian wajah. Daerah yang satu ini dikenal dengan tampilan yang menyenangkan untuk dipelihara.

Pekingese

Jenis selanjutnya merupakan anjing dengan tubuhnya yang kecil namun otot cukup kuat. Penampilannya seperti singa berkaki pendek. Rambutnya pendek pada bagian wajah dan moncongnya, namun bagian telinga panjang. Moncongnya pendek dengan mata dan kerutan di atasnya. Lubang hidungnya lebar dan juga bersih.

Alaskan Malamute

Selanjutnya Alaskan Malamute dengan ciri fisik mirip seperti serigala. Berasal dari daerah dingin, ciri khas hewan belalang yang satu ini adalah mantel dan bulu pada bagian ekor yang tebal untuk menerjang cuaca ekstrem. Alaskan Malamute dikenal sebagai anjing yang penuh kasih sayang menyenangkan dan setia meskipun dinilai memiliki nenek moyang serigala.

Setelah mengetahui jenis anjing ras apa saja yang bisa menjadi pilihan, selanjutnya kenali

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli anjing:

  • Sebaiknya membeli di peternak atau breeder
  • Datangi breeder dan jangan lupa untuk cek tempat berkembang biaknya
  • Cari tahu induknya
  • Teliti memeriksa kondisi kesehatan dan nafsu makan anjing
  • Periksa kotoran, buku vaksin dan garansi
  • Jangan mudah tergiur jika ada yang menawarkan harga anjing tidak masuk akal
  • Pelajari karakter anjing yang akan dipilih
  • Sebaiknya beli anjing yang lokasinya satu kota dengan Anda agar menghindari penipuan
  • Jika belum mengenal baik pemasang iklan, sebaiknya jangan langsung transfer

Dengan mengamati beberapa hal di atas dan mengenali jenis anjing yang akan dipelihara, Anda dapat membelinya di tempat jual anjing yang terpercaya agar sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, jangan sampai menyesal karena membeli secara asal-asalan. Hewan peliharaan yang lucu, berkualitas dan sesuai keinginan bisa Anda dapatkan jika teliti memilih tempat yang tepat.


Tidak ada komentar untuk "Mudah Dipelihara, Inilah 10 Jenis Anjing Ras yang Cocok Jadi Teman di Rumah!"