Hati-hati, Ini Dia Efek Polusi Udara Bagi Kulit!

Efek polusi udara bagi kulit

Hindunnisa.com Di era yang serba canggih dan cepat, paparan polusi dapat berlangsung cukup lama karena polutan baik di dalam ataupun di luar ruangan. Sumber polusi udara diantaranya yang berasal dari asap kendaraan, pabrik dan juga pembakaran sampah. Bukan hanya berbahaya untuk pernapasan, polusi udara juga berdampak buruk bagi kulit.

Berada di dalam ruangan bukan berarti aman dari polusi. Berbagai produk pembersih rumah tangga dapat menjadi penyebab polusi di dalam ruangan seperti penggunaan detergen dan pembersih lantai. Berikut ini beberapa penyakit atau kondisi yang disebabkan oleh polusi terhadap kulit:

Alergi

Paparan polusi bagi yang memiliki alergi biasanya menimbulkan reaksi saat bersentuhan dengan zat pencetus alergi seperti debu atau asap rokok. Orang dengan riwayat alergi bisa mengalami beberapa gejala yang mengganggu seperti ruam, gatal-gatal, bentol di kulit hingga kulit kering.

Iritasi pada Kulit 

Ketika kulit mengerami iritasi karena polusi biasanya akan terasa gatal, kemerahan, tampak bersisik hingga akhirnya menimbulkan nyeri. Umumnya iritasi yang dialami tidak terlalu berbahaya namun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 

Lindungi pernapasan dari polusi udara dengan nasal spray

Inilah cara detox tubuh yang simple

Jerawat

Dikutip dari berbagai sumber, riset menyebutkan bahwa paparan Polusi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit banyak menghasilkan sebum (minyak alami kulit). Jika sebum meningkat maka kulit wajah lebih berminyak dan mudah memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Penuaan Dini

Jika terlalu sering terpapar polusi maka kulit akan lebih cepat mengalami penuaan. Kulit yang menua tentunya terlihat kusam kering dan keriput

Kanker Kulit

Udara yang tercemar biasanya mengandung banyak zat berbahaya termasuk racun karsinogenik yang membahayakan kulit. Tanpa pencegahan dan perlindungan, maka kulit akan mudah tercemar polusi udara. Dengan demikian risiko terjadinya kanker kulit akan meningkat seiring dengan banyaknya terpapar zat karsinogenik.

Paparan polusi sulit dihindari pada kulit apalagi jika tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Sebaiknya waspada juga mengalami beberapa keluhan pada kulit seperti gatal-gatal kulit kering bercak atau pun timbul benjolan yang cepat membesar. Segera konsultasi ke dokter dan melakukan perawatan kulit sebaik mungkin!.


2 komentar untuk "Hati-hati, Ini Dia Efek Polusi Udara Bagi Kulit!"

  1. aku paling sering kena efek yang jerawat, sangat menyebalkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. PR banget ya kak... Kadang udah hati-hati juga efeknya tetap kena

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini,,, Silakan post komentar Anda