Virus dan Polusi Udara Mengganggu? Lindungi Pernapasan dengan Nasal Spray

nasal spray

Hindunnisa.com Polusi udara merupakan salah satu masalah umum yang mengganggu pernapasan terutama yang berada di daerah perkotaan. Virus, kuman dan bakteri penyakit sangat mudah menyebar melalui udara. Hidung merupakan pertahanan pertama bagi pernapasan. Organ tubuh yang satu ini mampu menyambung menghangatkan serta melembabkan hingga 20.000 liter udara yang kita hirup.

Tidak hanya di masa pandemi, protokol kesehatan sebenarnya sangat penting dilakukan secara rutin. Selain menggunakan masker dan sering cuci tangan Anda juga bisa melakukan perlindungan pernafasan salah satunya dengan Nasal Spray.

Apa itu Nasal Spray?

Mendengar kata nasal spray sebagian sudah cukup lama menggunakan cara ini untuk mengobati alergi pilek ataupun bersin-bersin. Jenis semprotan untuk hidung ini merupakan obat dengan kandungan Cromolyn, Oxymetazoline, dan Phenylephrine. Melakukan pencegahan merupakan upaya terbaik sebelum menjalani pengobatan. 

Bagi yang memiliki pernapasan sensitif debu dan paparan alergen karena polisi udara dapat mengganggu saluran pernafasan. Membersihkan hidung dengan menggunakan nasal spray merupakan salah satu cara yang tepat untuk melegakan pernapasan.

Baca juga:

Penggunaan Nasal Spray

Nasal spray berupa semprotan hidung mekanisme kerjanya ditentukan oleh kandungan zat aktif. Salah satunya semprotan hidung yang mengandung Oxymetazoline. Obat ini mempersempit pembuluh darah di saluran hidung sehingga dapat meredakan gejala pilek ataupun hidung tersumbat. 

Biasanya obat semprot hidungnya tersedia dalam dua jenis yaitu botol semprot biasa atau pump bottle dan juga kaleng kecil yang ditekan dalam botol atau pressurized canister. Kedua jenis semprot hidung ini dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter. Meskipun demikian dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar penggunaannya sesuai aturan.

Cara penggunaannya dengan hembuskan nafas secara perlahan untuk membuang lendir. Buka penutup botol obat semprot kocok berapa kali dan sebutkan sedikit ke udara. Jika sudah ada cairan, miringkan kepala hembuskan nafas lalu semprotkan nasal spray ke salah satu bagian hidung. Lubang hidung yang tidak menerima obat ditutup dengan jari tangan.

Penggunaan nasal spray akan bermanfaat di tengah polusi udara. Sebaiknya pilih produk yang terdaftar di BPOM agar lebih aman. Jangan lupa untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan melindungi pernapasan dari polusi.

Sumber foto: Flickr


Tidak ada komentar untuk " Virus dan Polusi Udara Mengganggu? Lindungi Pernapasan dengan Nasal Spray"