3 Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

penyebab mimisan

Mimisan merupakan kondisi yang umum terjadi karena pendarahan yang terjadi pada hidung.  Penyebab mimisan adalah pembuluh dalam hidung pecah akibat cedera. Selain itu, mimisan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi cuaca yang kering , menderita pilek dan alergi atau adanya iritasi akibat paparan zat kimia. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

3 Penyebab Mimisan

Kondisi Cuaca yang Kering

Kondisi cuaca yang kering adalah salah satu penyebab umum terjadinya mimisan . Tak hanya itu, kondisi ini juga sering menjadi penyebab mimisan tiba – tiba. Pada musim dingin atau musim panas, udara yang kering dapat menyebabkan kelembapan udara berkurang. Kondisi ini mengakibatkan mukosa hidung kering serta membuat pembuluh darah dalam hidung rentan terluka.

Selain pada orang dewasa, kondisi cuaca yang kering juga sering menjadi penyebab mimisan pada anak. Udara kering membuat lendir pada hidung menjadi kering (upil) dan terasa gatal, sehingga ketika anak mengorek hidungnya dengan berlebihan pembuluh darah hidung bisa pecah.

Menderita Pilek dan Alergi

Infeksi saluran pernapasan dan alergi dapat menyebabkan peradangan pada hidung. Pembuluh darah yang meradang mengakibatkan hidung tersumbat dan dinding pada hidung mudah pecah. Menderita pilek dan alergi juga sering menjadi salah satu penyebab terjadinya mimisan pada anak.

Iritasi Akibat Paparan Zat Kimia

Seseorang dapat mengalami mimisan akibat paparan asam sulfat, ammonia, bensin atau bahan kimia lain di lingkungan kerjanya. Asap yang dihirup oleh perokok pasif juga berisiko menyebabkan terjadinya mimisan.

Baca juga: 

Cara Mengatasi Mimisan

Setelah Anda mengetahui penyebab terjadinya mimisan, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi mimisan. Untuk mengatasi mimisan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi terjadinya mimisan:

Menundukkan Kepala

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika terjadi mimisan adalah dengan menundukkan kepala. Menundukkan kepala ini dilakukan agar darah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Duduk Tegak dan Condongkan Tubuh ke Depan

Setelah menundukkan kepala, Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mimisan adalah duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan. Tujuannya adalah agar darah tidak mengalir ke tenggorokan dan mencegah terjadinya muntah darah.

Menekan Batang Hidung

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menekan batang hidung. Caranya adalah tekan batang hidung  dengan ibu jari dan telunjuk selama 8 – 10 menit sampai pendarahan berhenti.

Kompres Es

Kompres hidung dengan es, bisa membantu mengurangi pendarahan.  Namun jangan langsung menempelkan es ke hidung, bungkus terlebih dahulu es dengan kain lembut atau handuk bersih. Setelah itu es bisa ditempelkan ke hidung.

Jika mimisan kembali terjadi  coba ulangi lagi dengan mencubit batang  hidung, namun jika mimisan tak kunjung berhenti segera periksakan ke dokter.

Selain cara mengatasi terjadinya mimisan, tentunya Anda juga perlu mengetahui obat apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mimisan. Beberapa obat mimisan adalah :

Daun Sirih 

Pada daun sirih terdapat kandungan seperti tanin dan berbagai zat lainnya yang dapat mempercepat proses pembekuan darah. Sehingga pendarahan pada hidung akan berhenti dalam waktu yang cepat.

Air Garam

 Air garam akan membantu melembabkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung. Garam juga ampuh untuk mempersempit aliran pembuluh darah di hidung, sehingga pendarahan akan berhenti.

Semprotan Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang efektif untuk mengurangi pendarahan hidung karena membantu mengecilkan pembuluh – pembuluh darah yang rusak. Namun, jangan gunakan obat ini terlalu sering karena berisiko memperburuk kondisi hidung.

Itulah 3 penyebab mimisan beserta cara untuk mengatasinya. Anda tentu kini tidak bingung lagi bagaimana cara mengatasinya dan obat apa yang bisa digunakan untuk mengatasi mimisan. Semoga dapat bermanfaat!


Tidak ada komentar untuk "3 Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya"