Atasi Polusi Udara, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Bikin Udara Lebih Bersih!

 

tanaman pembersih udara

Hindunnisa.com Udara merupakan salah satu unsur yang penting dalam kehidupan masyarakat. Tanaman tertentu terbukti dapat menyerap racun sehingga dapat mengurangi polusi udara. Pertumbuhan tanaman membantu pertukaran dengan sebagian gas atmosfer melalui proses respirasi fotosintesis dan mineralisasi. 

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan rumah, berikut ini beberapa tanaman yang mampu mengurangi polusi udara!.

Lidah Mertua

Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Bentuk tumbuhan ini tumbuh tegak lurus ke atas hingga 50 cm. Tanaman hias yang satu ini termasuk ideal untuk dijadikan dekorasi ruangan karena dapat memberikan aliran udara yang sehat.

Berbagai polutan dapat diserap lidah mertua seperti CO2, xylene, benzene, formaldehida, trikloroetilenabdan toluene yang dapat menyebabkan kanker. Kelebihan dari lidah mertua adalah mudah tumbuh subur di segala jenis pencahayaan termasuk di dalam ruangan.

Baca juga: 

Peace Lily

Nasa menyebut tanaman ini sebagai tanaman hias terbaik pengusir polusi. Tanaman ini dapat melepaskan kelembaban kembali ke udara dalam ruang karena banyak air dari akar yang dibawa ke bagian daun. Berbagai polutan berbahaya dapat diserap oleh tanaman ini seperti benzena, amoniak dan trichloroethylene.

Sri Rezeki atau Aglaonema

tanaman sri rezeki

Penyebab tanaman hias tentu tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman ini tumbuh di dalam ruangan dan mudah dirawat meskipun kondisi pencahayaan rendah. Penting untuk diingat bahwa tanaman ini dapat berubah menjadi racun jika digigit oleh hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Spider Plant

Daun yang menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba merupakan ciri khas dari tanaman spider plant. Perawatannya cukup mudah dan dapat tumbuh dalam berbagai kondisi. Anda hanya perlu menyiram tumbuhan ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Bunga Krisan

Bagi yang hobi memelihara tanaman dengan kelopak bunga aneka warna, bunga krisan cocok menjadi pilihan favorit. Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan menanam tumbuhan ini adalah dapat mengusir polutan di dalam ruangan seperti benzena, amoniak, xylene, dan juga formaldehyde

Sebaiknya menyimpan tumbuhan ini di dekat jendela karena bunga krisan termasuk ke dalam tanaman yang perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Dari lima jenis tanaman hias di atas, Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi ruangan. Jika memilih untuk meletakkan di dalam, dapat menyesuaikan dengan dekorasi ruangan. Yuk, kurangi polusi!. 





Tidak ada komentar untuk "Atasi Polusi Udara, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Bikin Udara Lebih Bersih!"