Cara Menikmati Quality Time Seru bersama Keluarga

quality time bersama keluarga

Pesatnya pengguna internet dan sosial media, tak dipungkiri memberikan dampak yang beragam. Bukan hanya untuk hiburan saja, sosial media kini menampilkan berbagai konten menarik dan edukasi seperti parenting. Anak remaja juga kini lebih bebas berekspresi dan menyuarakan apa yang ada di pikirannya ataupun apa yang dirasakan.

Salah satu topik yang saya amati diantaranya banyak remaja yang berkomentar di salah satu konten yang menampilkan keharmonisan sebuah keluarga. Tak sedikit yang curhat tentang bagaimana sikap yang didapatkan dari orang tua. 

Dari kalimat di komentar yang saya baca, tampak mereka iri sekaligus sedih dengan kondisi keluarga dimana kurangnya kedekatan antara orang tua dengan anak. Contohnya berbagai komentar di akun Fadil Jaidi, seorang influencer terkenal yang kerap membagikan momen-momen lucu bersama keluarganya. Label "Keluarga Cemara" pun kerap dilontarkan saat banyak viewers melihat keakraban Fadil dan keluarga. 

Yups, begitulah faktanya banyak anak yang kurang merasakan kehangatan sosok orang tua. Tak jarang pula yang menjaga jarak dan berperilaku kaku saat di rumah. Kondisi seperti ini tentunya menjadikan remaja rawan mencari kenyamanan lain di luar rumah.

Baca juga: 

Pentingnya Meluangkan Waktu Bersama Anak

Interaksi antara orang tua dan anak memiliki pengaruh cukup besar dalam meningkatkan perkembangan anak. Dalam masa tumbuh kembangnya anak-anak perlu mengeksplorasi lingkungan sekitar. Saat orang tua berusaha meluangkan waktu bersama keluarga, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Apalagi jika ikut bermain bersama, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

Dapat Menjadi Tempat Bertanya yang Tepat

Adakalanya anak-anak lupa tentang cara memainkannya meskipun dapat melakukan dengan benar. Dengan mendampingi anak maka mereka bisa mendapatkan bantuan petunjuk saat kebingungan memainkan suatu mainan, game anak-anak atau cara bermainnya. Saat kebingungan, anak bisa meninggalkan mainan tersebut.

Belajar Memahami Kebutuhan Anak

Perkembangan anak terbagi menjadi 4 tahapan yaitu berpikir, motorik, sensorik, emosi atau sosial. Empat tahapan tersebut tentunya akan lebih baik jika distimulasi secara seimbang. Keterlibatan saat menemani anak bermain bisa menjadi momen mengamati apa yang dibutuhkan anak serta meningkatkan interaksi bersama anak. Perlahan kepercayaan pun akan terbangun dan tercipta kenyamanan.

Dapat Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Menemani anak bermain kerap dianggap sepele, padahal momen ini berharga untuk mengasah imajinasi anak. Orang tua dapat membantu anak untuk mengeluarkan imajinasi-imajinasi baru agar tidak bosan. 

Bermain Seru Bersama Anak Sesuai dengan Zamannya

Zaman tentu berubah, tentu tidak sama antara permainan yang populer dulu dan sekarang. Kadang orang tua juga perlu membangun keakraban dengan mengetahui apa permainan kekinian yang disukai anak. Sambil bermain, bisa juga diselipkan berbagai ide permainan edukasi yang bermanfaat. 

Sesekali bisa juga bermain game online bersama anak. Tentunya akan lebih aman dan tetap seru memilih game yang tepat. Ini juga bisa jadi kegiatan me time, bukan hanya sekedar menemani anak saja. Salah satu website yang bisa dipilih untuk bermain game online gratis adalah Solitaire.org

Kata solitaire tentunya identik dengan permainan kartu. Game ini membuat saya bernostalgia ke tahun 2000-an di mana awal-awal mengenal komputer. Saat menyalakan komputer dan guru belum masuk kelas, biasanya curi-curi waktu main game. Game yang dimainkan saat itu masih terbatas. 

Generasi 90-an dan 2000-an awal pernah merasakan komunikasi maya yang masih terbatas jauh dari kecanggihan teknologi saat ini. Game yang dimainkan pun yang ada di komputer dan masih offline. Diantaranya game kotak beranjau Minesweeper dan Solitaire yang merupakan game susun kartu.

Sekilas tentang Solitaire

game solitaire

Game legendaris ini dirilis oleh Microsoft sebagai layanan bundle pada sistem operasi Windows 3.0 tahun 1990-an. Siapa yang menyangka penciptanya adalah bernama Wes Cherry, seorang anak magang dan bukan karyawan tetap Microsoft.

Ia tertantang ingin membuat game yang dapat digunakan oleh para pengguna komputer sebagai hiburan. Setelah pengkodean Solitaire selesai, Cherry memamerkan kepada atasannya dan menerima respon positif hingga sampai pada Bill Gates, bos besar Microsoft. Game Solitaire ini sederhana namun sulit untuk digunakan. Teknis permainannya adalah menyusun kartu drag and drop.

Hingga kini permainan ini masih banyak dimainkan bahkan bisa secara online dengan pilihan game lainnya yang menarik seperti di Solitaire.org. Saat membuka website-nya, Anda bisa memilih banyak game baik kartu maupun game non kartu untuk mengisi waktu main bersama anak. 

Jenis permainan Solitaire yang bisa dimainkan:

  • Classic
  • Klondike
  • Spider
  • Freecell
  • Pyramid
  • Tripeaks
  • Golf

Ada juga menu card yang berisi permainan kartu lainnya seperti Blackjack, Crazy Eights dan lainnya. Bagi orang tua yang ingin memilih permainan untuk dimainkan bersama anak, bisa juga memilih permainan non kartu di website Solitaire.org. 

Baca juga: 

Permainan Menarik Non Kartu di Solitaire.org

Selain menu solitaire dan card, terdapat beberapa menu game non kartu yaitu Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzle dan Word. Berikut beberapa rekomendasi permainan non kartu di web game online Solitaire.org:

Daily Word Search

game keluarga

Game ini setiap harinya menawarkan  level yang berbeda untuk digunakan setiap ukuran papan atau layar. Anda akan melihat daftar kata di bagian kolom kiri dan terlihat berapa banyak kata yang tersisa. Saat sudah menemukan kata tersebut, maka akan menghilang pada kolom kiri dan diganti dengan kata yang baru.

Kata yang dicari bisa dalam baris vertikal beserta ataupun diagonal bahkan ada pula yang dieja secara terbalik. Terlihat sederhana namun tetap bisa melatih konsentrasi, kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Anda dapat memainkannya dengan mengunjungi link https://www.solitaire.org/daily-word-search/

Zuma Legend

Zuma Legend

Game selanjutnya yang bisa dimainkan orang tua bersama anaknya adalah game summer legend yang memang benar-benar game yang legendaris. Jika ingin membuka kunci untuk level berikutnya maka pemain harus memenangkan level tersebut. 

Tugasnya cukup simpel hanya membuat set minimal 3 bola atau lebih secara berturut-turut agar dapat melepaskan dari rantai. Perlu ketelitian dalam membidik dan menembak menggunakan mouse dan jari. 

Garden Secrets Hidden Object

game online

Permainan mencari benda tersembunyi memiliki beberapa manfaat baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Jadi bukan hanya sekedar buang buang-buang waktu atau bermain saja tapi bisa juga mendapatkan manfaat lainnya. Salah satunya adalah melatih untuk tetap fokus dan berkonsentrasi pada hal detail termasuk objek yang harus dicari. 

Animal Connection - Mahjong

mahjong

Pada menu mahjong, terdapat game Animal Connection yang sebenarnya mudah untuk dimainkan termasuk oleh anak-anak. Pemain hanya perlu teliti melihat gambar hewan yang sama dan memilihnya tapi harus terkoneksi tanpa terhalangi gambar lainnya (digambarkan dengan garis). Pada level awal nanti cukup mudah, pemain hanya menggerakkan mouse dan klik. Namun tentunya dilepas selanjutnya pemain harus benar-benar teliti. Berikut linknya: https://www.solitaire.org/animal-connection/ 

Treasure of Atlantis

game online

Permainan bola warna warni ini cukup simple dan bisa dimainkan anak tanpa ribet. Cukup mendekatkan bola yang warnanya sama, minimal 3 bola. Bola menghilang dan skor pun bertambah. Tampilannya yang penuh warna tentunya bisa menarik minat anak-anak. Cukup klik kiri di mouse dan geser. 

Anda bisa memilih game non kartu di Solitaire.org yang benar-benar diminati anak. Atau bisa juga sambil menceritakan bagaimana Anda memainkan game tersebut saat masih kecil. Dengan komunikasi yang baik maka dapat terjalin kedekatan antara anak dan orang tua.

Jadi, banyak pilihan game yang bisa dimainkan saat bermain bersama. Solitaire.org bukan hanya menyediakan game yang mengajak bernostalgia tapi juga berbagai game yang menguji konsentrasi. Anda hanya perlu memberi penjelasan pada anak tentang game mana yang akan dipilih dan memberi penjelasan tentang cara memainkannya. Situs https://www.solitaire.org/ secara rutin melakukan update, Anda bisa tetap mengunjungi website-nya agar bisa mendapatkan update game terbaru untuk anak. Jika ada game favorit Anda di Solitaire.org selain rekomendasi di atas, boleh sharing di kolom komentar, ya!. 


Tidak ada komentar untuk "Cara Menikmati Quality Time Seru bersama Keluarga"