Cara Menabung Dana Darurat untuk Gaji UMR

cara menabung dana darurat gaji umr

Hindunnisa.com Pengelolaan keuangan yang tepat diperlukan bagi setiap orang termasuk bagi yang memiliki gaji UMR. Salah satu pos keuangan yang sebaiknya disiapkan adalah dana darurat. Pos ini merupakan salah satu persiapan keuangan yang cukup penting meskipun masih memiliki gaji UMR. 

Dana darurat untuk gaji UMR dapat terkumpul jika dipersiapkan dengan baik dan konsisten. Fungsi dari tabungan ini sebagai bentuk antisipasi jika terjadi situasi darurat yang tidak diinginkan. Berikut ini tips menabung dana darurat bagi karyawan dengan gaji UMR:

Rutin Mencatat Pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencatat berapa pengeluaran per bulan. Jika sudah tercatat dengan baik maka kamu bisa menentukan berapa besar uang yang akan disimpan. Prioritaskan kebutuhan primer terlebih dahulu seperti untuk tempat tinggal, makanan sehari-hari dan lain-lain.

Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah mengetahui berapa rincian pengeluaran dalam satu bulan, selanjutnya tetapkan pengeluaran mana yang kurang penting dan masih bisa dipangkas. Mau tidak mau harus mendahulukan kebutuhan primer terlebih dahulu agar bisa menyisihkan untuk dana darurat.

Baca juga: 

Tetapkan Target yang Disimpan untuk Dana Darurat

Setelah mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya, SEAtizens dapat menentukan berapa budget dana darurat yang diinginkan. Dikutip dari berbagai sumber, dana darurat umumnya berdasarkan pada jumlah tanggungan dan pengeluaran per bulan.

Untuk individu yang masih single dapat menetapkan tabungan dana darurat 3 kali lipat dari pengeluaran bulanan. Sedangkan keluarga kecil yang tidak memiliki anak 6 kali lipat pengeluaran bulanan. 

Kumpulkan Perlahan di Rekening Terpisah

Dana darurat sebaiknya tidak bercampur dengan dana lainnya yang akan digunakan. Kamu bisa menggunakan rekening terpisah atau menyimpannya dalam bentuk produk pasar uang seperti reksadana yang dapat dicairkan sewaktu-waktu saat mendesak. Jika belum sesuai dengan target, usahakan tetap disiplin menabung perlahan-lahan atau mencari penghasilan tambahan.

Dengan menerapkan beberapa langkah di atas, mengumpulkan dana darurat untuk gaji UMR semakin lebih mudah. Dengan disiplin dan konsisten perlahan dapat terkumpul dan bisa menjadi dana cadangan saat kondisi darurat. 

Sumber foto: Pixabay


Tidak ada komentar untuk "Cara Menabung Dana Darurat untuk Gaji UMR "